Skip to main content

Sejarah LBB atau "League of Nations"

PBB. Sejak dahulu manusia selalu berperang, baik secara kecil-kecilan maupun besar-besaran, dengan korban ribuan bahkan jutaan manusia tewas atau cacat seumur hidup. Sebenarnya, manusia yang terdiri atas bermacam-macam bangsa itu diciptakan bukan untuk saling berperang, tetapi untuk saling mengenal, bekerja sama dan bantu-membantu.

Setiap bangsa menghendaki perdamaian, tetapi pada kenyataannya negara-negara adikuasa justru mempersiapkan perang dengan alasan demi perdamaian. Mereka berlomba-lomba meningkatkan persenjataan dan sistem pertahanan yang canggih.

Mereka bahkan sudah mempersiapkan perang bintang dan perang nuklir, padahal mereka tahu perang bintang dan perang nuklir akan mengakibatkan kehancuran yang dahsyat bagi umat manusia itu sendiri. Dengan demikian, mempertahankan dan meningkatkan peranan PBB dalam memelihara perdamaian dan keamanan internasional merupakan hal yang sangat penting.

Sejarah lahirnya PBB
Organisasi PBB sebenarnya telah ada sebelum terjadinya Perang Dunia 2 seperti telah saya bahas pada artikel Sejarah singkat PBB, tetapi organisasi ini masih bernama Liga Bangsa-Bangsa atau yang disingkat LBB atau League of Nations (LN).

Terbentuknya LBB
- Organisasi ini terbentuk pada saat Perang Dunia 1 tengah berkecamuk pada tahun 1914 - 1918.
- Pembentukan LBB dipelopori oleh Presiden Amerika Serikat Woodrow Wilson, tetapi Amerika Serikat sendiri tidak mau terlibat dalam pertentangan dan peperangan di Eropa tersebut. Itulah sebabnya markas besar LBB berada di Jenewa, Eropa.

Kewajiban LBB adalah :
- Menyelesaikan setiap persoalan dengan cara-cara damai.
- Dalam mencapai tujuannya harus berusaha menghindarkan tindak kekerasan dan memaksakan peperangan.

Mengapa LBB tidak berfungsi?
Meskipun dalam LBB ada Dewan Keamanan, namun dalam menjalankan tugasnya, ternyata kurang efektif. Hal tersebut disebabkan karena :
1. Dalam melaksanakan tugasnya, ketentuan-ketentuan yang berlaku harus didasarkan pada kebulatan tekad seluruh anggota.
2. LBB belum merupakan organisasi yang menyeluruh, terbukti Amerika Serikat sebagai negara besar dan pelopor berdirinya LBB tidak menjadi anggota LBB.

Bagaimana kelanjutan organisasi LBB?
Dalam perkembangan selanjutnya, ternyata LBB tidak berhasil menjalankan tugasnya. Hal ini terbukti, LBB tidak mampu mencegah sewaktu Jepang menyerbu Tiongkok pada tahun 1931, dan Italia menyerbu Abesinia pada tahun 1934. Demikian pula sewaktu Jerman melakukan agresi ke Austria, Cekoslowakia dan Polandia, yang merupakan awal meletusnya Perang Dunia II tahun 1939 - 1945, LBB tidak mampu berbuat apa-pun juga.

Popular posts from this blog

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya - Seperti telah kita ketahui bahwa pulau Jawa merupakan pulau yang lebih padat penduduknya daripada pulau-pulau lain di Indonesia. Selain itu, Pulau Jawa Dwipa bisa dikatakan sebagai pusat sejarah peradaban sejak zaman kerajaan, sebagai contoh zaman Kerajaan Majapahit.
Pulau Jawa sampai saat admin menuliskan ini dibagi dalam 4 provinsi, yaitu Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Provinsi Jawa Timur. Masing-masing provinsi membawahi kabupaten dan kota administratif.
Pulau Jawa merupakan pulau yang subur makmur dengan batas-batasnya sebagai berikut: sebelah barat: Selat SundaSebelah timur: Selat Balisebelah utara: Laut Jawasebelah selatan: Samudera Indonesia/Samudera Hindia
Gambar Peta Pulau Jawa Mengacu pada judul di atas, kali ini sejarah negara akan melampirkan Peta Pulau Jawa yang meliputi Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur. Karena wilayahnya memanjang dari barat ke timur peta tersebut ukurannya …

Sebab umum dan sebab khusus Perang Diponegoro

Sejarah Nasional.Perang Diponegoro berlangsung selama lima tahun yaitu dari tahun 1825 hingga tahun 1830. Hal ini secara gamblang telah di bahas pada artikel Perang Diponegoro terjadi tahun 1825-1830. Untuk kali ini Sejarah Nasional dan Dunia akan membahas secara lebih spesifik tentang penyebab terjadinya perang tersebut.
Sebab terjadinya Perang Diponegoro dapat dibagi menjadi dua, yaitu sebab umum dan sebab khusus. Berikut pembahasannya.
Sebab umum Rakyat dibelit oleh berbagai bentuk pajak dan pungutan yang menjadi beban turun-temurun.Pihak keraton Jogjakarta tidak berdaya menghadapi campur tangan politik pemerintah kolonial.Kalangan keraton hidup mewah dan tidak mempedulikan penderitaan rakyat.
Sebab khusus Pangeran Diponegoro tersingkir dari elite kekuasaan, karena menolak berkompromi dengan pemerintah kolonial. Pangeran Diponegoro memilih mengasingkan diri ke Tegalrejo untuk memusatkan perhatian pada kehidupan keagamaan.Pemerintah kolonial melakukan provokasi dengan membuat jalan yan…

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie

Turunnya Soeharto dari jabatan kepresidenan pada tanggal 21 Mei 1998 menjadi awal lahirnya era Reformasi di Indonesia. Perkembangan politik ketika itu ditandai dengan pergantian presiden di Indonesia. Seperti telah di bahas pada Kronologi reformasi indonesia tahun 1998, bahwa Segera setelah Soeharto mengundurkan diri, Mahkamah Agung mengambil sumpah Baharuddin Jusuf Habibie sebagai presiden.

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie berlangsung dari tanggal 21 Mei 1998 sampai 20 Oktober 1999. Pengangkatan Habibie sebagai presiden ini memunculkan kontroversi di masyarakat. Pihak yang pro menganggap pengangkatan Habibie sudah konstitusional, sedangkan pihak yang kontra menganggap bahwa Habibie sebagai kelanjutan dari era Soeharto dan pengangkatannya dianggap tidak konstitusional.

Pengambilan sumpah beliau sebagai presiden dilakukan di Credential Room, Istana Merdeka. Dalam pidato yang pertama setelah pengangkatannya, B.J. Habibie menyampaikan hal-hal sebagai berikut : Mohon dukungan dari …