Sejarah Kerajaan Banjar

Banjarmasin semula merupakan daerah kekuasaan Kerajaan Nagaradaha. Kerajaan Nagaradaha terletak di pedalaman Kalimantan. Ibu kotanya di Muarabahan atau Marabahan. Dengan bantuan Kerajaan Demak Bintoro, adipati Banjarmasin bernama Raden Samudra dapat menaklukkan Kerajaan Nagaradaha. Maka berdirilah Kerajaan Banjar, dengan raja pertamanya Raden Samudra. Setelah masuk Islam ia bergelar Sultan Suryanullah.

Makin lama Banjarmasin makin maju, karena kapal-kapal dagang besar dapat berlabuh di pelabuhan Banjarmasin. Perdagangan dapat diperluas melalui sungai hingga jauh ke pedalaman. Perekonomian Kerajaan Banjarmasin bergantung pada perdagangan.

Dalam melaksanakan pemerintahan, raja dibantu oleh mangkubumi (patih). Di bawah mangkubumi ada mantri penganan, mantri pangiwa, mantri bumi, dan mantri sikap.

Sejarah Kerajaan Banjar

Mantri panganan dan mantri pangiwa bertugas mengurusi bidang kemiliteran. Sedangkan mantri bumi dan mantri sikap bertugas mengurusi bidang keuangan.

Baca juga: Sejarah kerajaan Banjar yang dihancurkan VOC

Demikianlah sekilas tentang kerajaan Banjar. Penulis kesulitan mencari sumber untuk menceritakan secara detail tentang Kerajaan Banjar. Mungkin di lain waktu penulis mendapatkannya pasti akan dimuat di sini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

.Iklan Bawah Artikel