Pengertian kerjasama ekonomi antar negara

Kerjasama ekonomi antar negara merupakan kerjasama di bidang ekonomi antara dua atau lebih negara yang saling menguntungkan.

Sebagian orang menganggap bahwa perdagangan internasional identik dengan kerjasama ekonomi internasional. Hal ini sebetulnya keliru, pengertian kerjasama ekonomi internasional jauh lebih luas dari sekedar perdagangan internasional.

Lebih jelasnya kerjasama ekonomi internasional mencakup hal-hal sebagai berikut :
1. Perdagangan internasional (ekspor-impor) yang berlaku untuk barang maupun jasa seperti barang konsumsi dan bahan baku, maupun seperti jasa tenaga ahli dalam konsultan.

Pengertian kerjasama ekonomi antar negara2. Pertukaran sarana atau faktor-faktor produksi, terutama untuk sarana dan prasarana produksi yang bergerak seperti mesin-mesin, tenaga kerja, peralatan, teknologi dan modal.

3. Hubungan utang piutang yang timbul karena adanya dua kegiatan di atas yang pembayarannya biasanya dilakukan secara kredit.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa kerjasama ekonomi yang timbul karena perdagangan internasional, pertukaran sarana dan prasarana produksi, dan hubungan utang piutang yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk dari negara lain.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel