Skip to main content

Tentang Benua Australia

Benua Australia. Hal-hal yang perlu anda ketahui tentang Benua Australia adalah sebagai berikut :
Letak dan luas wilayah
Letak astronomis : diantara 10 derajat 30' LS - 43 derajat 30' dan di antara 113 derajar BT - 153 derajat 30' BT.
Batas-batas benua Australia :
  • sebelah utara berbatasan dengan Laut Timor, Laut Arafuru, dan Selat Torres
  • sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Hindia
  • sebelah timur berbatasan dengan Laut Koral dan Laut Tasman
  • sebelah barat berbatasan dengan Samudera Hindia
Luas wilayah benua Australia adalah 7.682.300 km persegi, walaupun tidak semua wilayah bisa dihuni penduduk terutama kawasan gurun yang luas dan tandus.

Iklim
Berbagai jenis iklim yang terdapat di Australia disebabkan pengaruh faktor garis lintang wilayah, arus samudera, jarak dari pantai, keadaan suhu dan angin, serta bentang alam. Berdasarkan garis lintangnya. Australia mempunyai iklim yang bervariasi antara bagian utara dan bagian selatan.

Bagian utara beriklim tropis dengan suhu udara rata-rata 21 derajat C sampai 27 derajat C, sedangkan bagian selatan beriklim subtropis dan iklim sedang dengan suhu sekitar 5 derajat C pada musim dingin, dengan rata-rata suhu tahunan berkisar antara 16 derajat C dan 21 derajat C.

Di wilayah bagian tengah udaranya lebih kering dan berupa gurun pasir serta curah hujannya sedikit. Curah hujan yang paling banyak terjadi adalah dibagian timur dan utara. Bagian selatan Victoria dan Tasmania mempunyai iklim laut dengan suhu udara yang sejuk dan hujan turun pada musim dingin.

Di hulu lembah sungai Murray serta barat daya Australia terdapat iklim mediterania yang panas dan kering pada musim panas, tetapi sejuk dan basah pada musim dingin.

Bentang alam
Secara umum bentang alam Australia dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu sebagai berikut :
1. Plato barat
Plato-plato di daerah ini terdiri atas gurun, termasuk gurun pasir besar di bagian utara dan gurun besar Victoria di bagian selatan. Beberapa batuan yang ada di daerah ini termasuk salah satu batuan tertua di dunia dan mengandung endapan mineral yang penting seperti bijih besi, intan dan nikel.

2. Dataran rendah pedalaman
Daerah ini terdiri dari The Great Artesian Basin, suatu lembah yang tertutup endapan yang terkenal dengan cadangan air tanahnya yang sangat banyak membentang dari Teluk Carpentaria di utara sampai Teluk Spencer dan Tanjung Nelson di pantai selatan Australia. Di daerah ini terdapat danau Eyre yang merupakan titik terendah di Australia.

3. Daerah Pegunungan Timur (The Great Dividing Range)
Pegunungan yang membuijur sepanjang pantai timur ini dinamakan dividing range karena pegunungan ini membentuk batas pemisah air (watershed) antara daerah aliran sungai yang mengalir ke timur dengan daerah aliran sungai yang mengalir ke barat. Sejajar dengan pantai timur laut Australia terdapat terumbu karang di laut koral (The Great Barrier Reef) yang memanjang searah dengan garis Pantai Wueensland.

Keadaan Penduduk
Sebagian besar penduduk Australia tinggal di kawasan pantai dan wilayah timur serta selatan yang cukup baik kondisi alamnya. Wilayah bagian tengah dan barat merupakan daerah yang jarang penduduknya, kecuali di beberapa tempat, seperti Perth, Kalgoorlie, Geradton dan Broome.

Penyebab utama jarang penduduk di kawasan barat dan tengah adalah wilayahnya yang berupa gurun kering dan stepa. Penduduk asli Australia adalah orang Aborigin yang kini jumlahnya semakin menyusut dan banyak yang tinggal di reservoir-reservoir di berbagai daerah yang tandus dan kering.

Sebagian besar penduduk Australia adalah kulit putih, terutama imigran Inggris. Mayoritas penduduknya beragama Nasrani, di samping agama Budha dianut oleh orang Cina dan agama Islam dianut oleh suku Arab dan suku bangsa lainnya. Bahasa resmi Australia adalah bahasa Inggris.

Bentuk pemerintahan
Bentuk pemerintahan Negara Australia adalah Kerajaan Konstitusi federasi. Australia merdeka pada tanggal 1 Januari 1901. Kepala negaranya Ratu Elizabeth II (Ratu Inggris) diwakili oleh seorang gubernur jenderal dan enam gubernur negara bagian. Kepala pemerintahannya perdana menteri, ibu kota nasionalnya adalah Canbera.

Kegiatan utama ekonomi
1. Pertanian
Hasil utamanya adalah gandum, banyak dihasilkan di daerah Lembah Murray, Darling, dan lembah Sungai Swan.

2. Perkebunan
Komoditas ekspor dari hasil perkebunan adalah buah-buahan terutama buah apel, anggur, dan buah pir. Aneka buah tersebut dihasilkan di daerah Victoria dan Tasmania.

3. Peternakan
Ternak utamanya adalah biri-biri yang menghasilkan wol berkualitas tinggi. Ternak lainnya antara lain kuda, lembu, dan babi.

4. Pertambangan
Hasil tambang utama Australia adalah emas yang ditambang di Kalgoorlie (Australia Barat). Hasil tambang lainnya yang mempunyai nilai ekonomis tinggi adalah bijih besi, seng, minyak bumi, gas alam dan uranium.

5. Pariwisata
Obyek wisata alamnya antara lain Taman Laut (The Great Barrier Reef) dan Selat Torres. Banyak turis asing yang datang ke kota-kota wisata, misalnya Sydney dan Melbourne.

Australia dibagi menjadi enam negara bagian dan dua wilayah teritorial, yaitu sebagai berikut :
1. Australia Barat (Western Australia)
Ibu kota : Perth
Luas wilayah : 2.525.500 km persegi

2. Teritorium Australia Utara (Noethern Territory)
Ibu kota : Darwin
Luas wilayah : 1.346.200 km persegi

3. Queensland
Ibu kota : Brisbane
Luas wilayah : 1.727.200 km persegi

4. Australia Selatan (South Australia)
Ibu kota : Adelaide
Luas wilayah : 984.000 km persegi

5. New South Wales
Ibu kota : Sydney
Luas wilayah : 801.600 km persegi

6. Teritorium Ibu kota Australia (Australia Capital City Territory)
Ibu kota : Canberra
Luas wilayah : 2.400 km persegi

7. Victoria
Ibu kota : Melbourne
Luas wilayah : 227.600 km persegi

8. Tasmania
Ibu kota : Hobart
Luas wilayah : 67.800 km persegi

Baca juga hal-hal yang berkaitan dengan Australia :

Itulah segala yang diketahui Tentang Benua Australia, semoga menambah catatan dan wawasan negara di dunia yang patut diketahui.

Popular posts from this blog

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya - Seperti telah kita ketahui bahwa pulau Jawa merupakan pulau yang lebih padat penduduknya daripada pulau-pulau lain di Indonesia. Selain itu, Pulau Jawa Dwipa bisa dikatakan sebagai pusat sejarah peradaban sejak zaman kerajaan, sebagai contoh zaman Kerajaan Majapahit.
Pulau Jawa sampai saat admin menuliskan ini dibagi dalam 4 provinsi, yaitu Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Provinsi Jawa Timur. Masing-masing provinsi membawahi kabupaten dan kota administratif.
Pulau Jawa merupakan pulau yang subur makmur dengan batas-batasnya sebagai berikut: sebelah barat: Selat SundaSebelah timur: Selat Balisebelah utara: Laut Jawasebelah selatan: Samudera Indonesia/Samudera Hindia
Gambar Peta Pulau Jawa Mengacu pada judul di atas, kali ini sejarah negara akan melampirkan Peta Pulau Jawa yang meliputi Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur. Karena wilayahnya memanjang dari barat ke timur peta tersebut ukurannya …

Sebab umum dan sebab khusus Perang Diponegoro

Sejarah Nasional.Perang Diponegoro berlangsung selama lima tahun yaitu dari tahun 1825 hingga tahun 1830. Hal ini secara gamblang telah di bahas pada artikel Perang Diponegoro terjadi tahun 1825-1830. Untuk kali ini Sejarah Nasional dan Dunia akan membahas secara lebih spesifik tentang penyebab terjadinya perang tersebut.
Sebab terjadinya Perang Diponegoro dapat dibagi menjadi dua, yaitu sebab umum dan sebab khusus. Berikut pembahasannya.
Sebab umum Rakyat dibelit oleh berbagai bentuk pajak dan pungutan yang menjadi beban turun-temurun.Pihak keraton Jogjakarta tidak berdaya menghadapi campur tangan politik pemerintah kolonial.Kalangan keraton hidup mewah dan tidak mempedulikan penderitaan rakyat.
Sebab khusus Pangeran Diponegoro tersingkir dari elite kekuasaan, karena menolak berkompromi dengan pemerintah kolonial. Pangeran Diponegoro memilih mengasingkan diri ke Tegalrejo untuk memusatkan perhatian pada kehidupan keagamaan.Pemerintah kolonial melakukan provokasi dengan membuat jalan yan…

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie

Turunnya Soeharto dari jabatan kepresidenan pada tanggal 21 Mei 1998 menjadi awal lahirnya era Reformasi di Indonesia. Perkembangan politik ketika itu ditandai dengan pergantian presiden di Indonesia. Seperti telah di bahas pada Kronologi reformasi indonesia tahun 1998, bahwa Segera setelah Soeharto mengundurkan diri, Mahkamah Agung mengambil sumpah Baharuddin Jusuf Habibie sebagai presiden.

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie berlangsung dari tanggal 21 Mei 1998 sampai 20 Oktober 1999. Pengangkatan Habibie sebagai presiden ini memunculkan kontroversi di masyarakat. Pihak yang pro menganggap pengangkatan Habibie sudah konstitusional, sedangkan pihak yang kontra menganggap bahwa Habibie sebagai kelanjutan dari era Soeharto dan pengangkatannya dianggap tidak konstitusional.

Pengambilan sumpah beliau sebagai presiden dilakukan di Credential Room, Istana Merdeka. Dalam pidato yang pertama setelah pengangkatannya, B.J. Habibie menyampaikan hal-hal sebagai berikut : Mohon dukungan dari …