Skip to main content

Biografi singkat Joseph E. Stiglitz

Biografi. Joseph E. Stiglitz lahir di Gary, Indiana pada tanggal 9 Pebruari 1943. Ia adalah anak dari pasangan Yahudi, Charlotte and Nathaniel Stiglitz. Ia tumbuh dalam keluarga yang senang berdiskusi dan berdebat dalam hal apa saja, termasuk politik.

Keluarga ibunya adalah anggota New Deal Democrats, dan mereka sangat memuja FDR. Sementara itu, ayahnya adalah seorang businessman kecil yang bekerja sebagai agen asuransi yang sering berbicara tentang menjadi wirausahawan dan bos bagi diri sendiri.

Stiglitz menghabiskan masa kecilnya di sekolah negeri di Gary. Setelah lulus, ia melanjutkan studinya di Amherst College dan menyelesaikan pendidikan menengahnya selama 3 tahun di sana. Ia memiliki hubungan yang akrab dengan para profesor di sekolah itu. Ia mengambil kursus di bidang matematika, sejarah, bahasa Inggris, filsafat, kimia, dan biologi dasar. Berbagai macam bidang pengetahuan tersebut membentuk pemikirannya terutama tentang globalisasi.

Meski Stiglitz menyukai semua kursusnya, ia memiliki ketertarikan tersendiri dalam bidang ekonomi. Ia sangat dipengaruhi oleh 3 gurunya, yaitu :

1. Arnold Collery
Dekan Columbia College, seorang pemikir sekaligus pembelajar yang mengajari Stiglitz  tentang ekonomi mikro dan makro.

2. James Nelson
Seorang ekonom ahli kebijakan yang lincah, yang mengajari Stiglitz pengantar ekonomi.

3. Ralph Beals
Sarjana muda asal MIT yang terlatih dalam matematika teknik.

Tiga profesor inilah yang menginspirasi Stiglitz untuk memutuskan memilih fokus belajar ekonomi.

Biografi singkat Joseph E. Stiglitz
Stiglitz kuliah di Amherst berkat beasiswa penuh untuk belajar di MIT meski ia belum lulus dari kampusnya. Ia melanjutkan pendidikan sarjananya di MIT pada tahun 1964-1965. Ia juga mendapatkan gelar sarjana dari Amherst.

Ketika masih kuliah di Amherst, ia aktif menjadi bagian dari dewan mahasiswa. Ia pernah terpilih menjadi presiden mahasiswa. Stiglitz mulai berkampanye untuk menghapuskan fraternity, sebuah klub eksklusif yang biasa diikuti mahasiswa. Ia menganggap bahwa fraternity telah memecah belah mahasiswa. Kampanye inilah yang membuat dirinya meraih suara lebih banyak dibanding lawannya.

MIT membantu Stiglitz mengembangkan diri sebagai ekonom profesional. Stiglitz diajar secara khusus oleh profesor kelas atas di MIT, yakni para pemenang Nobel, termasuk Samuelson, Solow, Modigliani dan Arrow.

Keberuntungan seolah berpihak pada Stiglitz. Tahun pertamanya di MIT ia diberikan kesempatan untuk mengedit makalah Paul Samuelson. Setelah lulus dari MIT ia pindah ke University of Chicago untuk melakukan penelitian dengan Hirofumi Uzawa, yang telah menerima dana penelitian sebesar 1000 dolar dari National Science Foundation.

Stiglitz disebut telah memberikan pengaruh besar dalam bidang ekonomi mikro. Ia berperan dalam berbagai macam keputusan dan peraturan pemerintah. Ia pernah menjadi penasihat Bill Clinton. Saat menuliskan artikel ini ia menjadi penasihat untuk Presiden Barack Obama sekaligus kritikus tajam terhadap kebijakan Obama dalam rencana penyelamatan industri keuangan.

Selanjutnya baca kiprah Stiglitz di artikel Kritikan seorang Joseph Stiglitz terhadap IMF, semoga lebih bisa mengenal siapa tokoh yang satu ini.

Popular posts from this blog

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya - Seperti telah kita ketahui bahwa pulau Jawa merupakan pulau yang lebih padat penduduknya daripada pulau-pulau lain di Indonesia. Selain itu, Pulau Jawa Dwipa bisa dikatakan sebagai pusat sejarah peradaban sejak zaman kerajaan, sebagai contoh zaman Kerajaan Majapahit.
Pulau Jawa sampai saat admin menuliskan ini dibagi dalam 4 provinsi, yaitu Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Provinsi Jawa Timur. Masing-masing provinsi membawahi kabupaten dan kota administratif.
Pulau Jawa merupakan pulau yang subur makmur dengan batas-batasnya sebagai berikut: sebelah barat: Selat SundaSebelah timur: Selat Balisebelah utara: Laut Jawasebelah selatan: Samudera Indonesia/Samudera Hindia
Gambar Peta Pulau Jawa Mengacu pada judul di atas, kali ini sejarah negara akan melampirkan Peta Pulau Jawa yang meliputi Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur. Karena wilayahnya memanjang dari barat ke timur peta tersebut ukurannya …

Sebab umum dan sebab khusus Perang Diponegoro

Sejarah Nasional.Perang Diponegoro berlangsung selama lima tahun yaitu dari tahun 1825 hingga tahun 1830. Hal ini secara gamblang telah di bahas pada artikel Perang Diponegoro terjadi tahun 1825-1830. Untuk kali ini Sejarah Nasional dan Dunia akan membahas secara lebih spesifik tentang penyebab terjadinya perang tersebut.
Sebab terjadinya Perang Diponegoro dapat dibagi menjadi dua, yaitu sebab umum dan sebab khusus. Berikut pembahasannya.
Sebab umum Rakyat dibelit oleh berbagai bentuk pajak dan pungutan yang menjadi beban turun-temurun.Pihak keraton Jogjakarta tidak berdaya menghadapi campur tangan politik pemerintah kolonial.Kalangan keraton hidup mewah dan tidak mempedulikan penderitaan rakyat.
Sebab khusus Pangeran Diponegoro tersingkir dari elite kekuasaan, karena menolak berkompromi dengan pemerintah kolonial. Pangeran Diponegoro memilih mengasingkan diri ke Tegalrejo untuk memusatkan perhatian pada kehidupan keagamaan.Pemerintah kolonial melakukan provokasi dengan membuat jalan yan…

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie

Turunnya Soeharto dari jabatan kepresidenan pada tanggal 21 Mei 1998 menjadi awal lahirnya era Reformasi di Indonesia. Perkembangan politik ketika itu ditandai dengan pergantian presiden di Indonesia. Seperti telah di bahas pada Kronologi reformasi indonesia tahun 1998, bahwa Segera setelah Soeharto mengundurkan diri, Mahkamah Agung mengambil sumpah Baharuddin Jusuf Habibie sebagai presiden.

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie berlangsung dari tanggal 21 Mei 1998 sampai 20 Oktober 1999. Pengangkatan Habibie sebagai presiden ini memunculkan kontroversi di masyarakat. Pihak yang pro menganggap pengangkatan Habibie sudah konstitusional, sedangkan pihak yang kontra menganggap bahwa Habibie sebagai kelanjutan dari era Soeharto dan pengangkatannya dianggap tidak konstitusional.

Pengambilan sumpah beliau sebagai presiden dilakukan di Credential Room, Istana Merdeka. Dalam pidato yang pertama setelah pengangkatannya, B.J. Habibie menyampaikan hal-hal sebagai berikut : Mohon dukungan dari …