Skip to main content

Rumusan Teori Relativitas Albert Einstein

Biografi. Einstein adalah sosok yang identik dengan Teori Relativitas. Ia juga dikenal sebagai ilmuwan yang membantu dalam pengembangan mekanika kuantum, mekanika statistik, dan kosmologi. Ia dianugerahi penghargaan Nobel Fisika pada tahun 1921 untuk penjelasannya tentang efek fotoelektrik dan pengabdiannya bagi fisika teori.

Setelah Teori Relativitas dirumuskan, Einstein menjadi terkenal ke seluruh penjuru dunia, pencapaian yang tidak biasa bagi seorang ilmuwan.

Teori Einstin menjungkirbalikkan secara revolusioner pemikiran ilmiah dengan cara menolak adanya sang waktu yang absolut. Contoh berikut ini dapat menggambarkan betapa radikal teori Einstein, betapa tegasnya ia merombak pendapat kita tentang ruang dan waktu.

Einstein membagi Teori Relativitas menjadi dua, yaitu Relativitas Umum dan Relativitas Khusus. Teori Relativitas Umum membahas tentang relativitas yang terpisah dalam beberapa hal dengan semua hukum-hukum ilmiah. Pertama Einstein merumuskan teorinya tidak atas dasar percobaan-percobaan, melainkan atas dasar kehalusan simetri dan matematis.

Pendeknya, ia berpijak di atas dasar rasional seperti lazimnya kebiasaan para filsuf Yunani dan para cendekiawan abad pertengahan.

Itu artinya, bahwa metode Einstein berbeda dengan metode ilmuwan modern yang berpandangan empiris. Pemikir Yunani dalam hal pendambaan keindahan dan simetri tak pernah berhasil mengelola serta menemukan teori mekanik yang mampu bertahan menghadapi percobaan pengujian yang rumit, sedangkan Einstein dapat bertahan dengan sukses pada tiap-tiap percobaan.

Salah satu hasil pendekatan Einstein adalah Teori Relativitas Umum-nya dianggap suatu yang amat indah, bergaya, teguh, dan secara intelektual memuaskan semua teori ilmiah.

Sementara itu, Teori Relativitas Khusus terdiri dari dua postulat.
1. Pertama, hukum fisika dapat dinyatakan dalam persamaan yang berbentuk sama dengan semua kerangka acuan yang bergerak dengan kecepatan tetap satu sama lain.

2. Kedua, cepat rambat cahaya di dalam ruang hampa ke segala arah adalah sama untuk semua pengamat, tidak tergantung pada gerak sumber cahaya maupun pengamat.

Kejeniusan Einstein terlihat pada saat permulaan, ketika gagasannya masih merupakan hipotesis yang belum diuji, yang dikemukakannya selaku orang muda belasan tahun yang sama sekali tidak dikenal. Ia tak pernah membiarkan kontradiksi yang nyata-nyata ada dan mencampakkan teorinya.

Sebaliknya ia malah dengan sangat cermat dan hati-hati merenungkan terus hingga mampu menunjukkan bahwa kontradiksi itu hanya pada lahirnya saja, sedangkan sebenarnya tiap masalah selalu tersedia solusi untuk memecahkan kontradiksi itu dengan cara yang halus namun cerdik dan tegas. Kini, kita anggap teori Einstein itu pada dasarnya lebih benar ketimbang teori Newton.

Einstein senantiasa tertarik pada hal kemanusiaan di sekitarnya dan sering mengemukakan pandangan-pandangan politiknya. Ia merupakan pejuang yang teguh terhadap sistem politik tirani, seorang pendukung yang gigih terhadap gerakan Pacifis, dan seorang penyokong teguh Zionisme.

Dalam hal berpakaian dan kebiasaan-kebiasaan sosial, ia tampak seorang yang individualisme. Namun, ia menyukai humor, berkepribadian sederhana, dan memiliki bakat dalam menggesek biola.

Bagaimana biografi Albert Einstein dari masa kecil hingga dewasa? Baca pada artikel : Albert Einstein yang tergoda kompas

Tulisan pada nisan makam Newton yang berbunyi "Bersukarialah para arwah karena hiasan yang ditinggalkannya bagi kemanusiaan!", sebetulnya lebih tepat untuk Albert Einstein.

Popular posts from this blog

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya - Seperti telah kita ketahui bahwa pulau Jawa merupakan pulau yang lebih padat penduduknya daripada pulau-pulau lain di Indonesia. Selain itu, Pulau Jawa Dwipa bisa dikatakan sebagai pusat sejarah peradaban sejak zaman kerajaan, sebagai contoh zaman Kerajaan Majapahit.
Pulau Jawa sampai saat admin menuliskan ini dibagi dalam 4 provinsi, yaitu Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Provinsi Jawa Timur. Masing-masing provinsi membawahi kabupaten dan kota administratif.
Pulau Jawa merupakan pulau yang subur makmur dengan batas-batasnya sebagai berikut: sebelah barat: Selat SundaSebelah timur: Selat Balisebelah utara: Laut Jawasebelah selatan: Samudera Indonesia/Samudera Hindia
Gambar Peta Pulau Jawa Mengacu pada judul di atas, kali ini sejarah negara akan melampirkan Peta Pulau Jawa yang meliputi Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur. Karena wilayahnya memanjang dari barat ke timur peta tersebut ukurannya …

Sebab umum dan sebab khusus Perang Diponegoro

Sejarah Nasional.Perang Diponegoro berlangsung selama lima tahun yaitu dari tahun 1825 hingga tahun 1830. Hal ini secara gamblang telah di bahas pada artikel Perang Diponegoro terjadi tahun 1825-1830. Untuk kali ini Sejarah Nasional dan Dunia akan membahas secara lebih spesifik tentang penyebab terjadinya perang tersebut.
Sebab terjadinya Perang Diponegoro dapat dibagi menjadi dua, yaitu sebab umum dan sebab khusus. Berikut pembahasannya.
Sebab umum Rakyat dibelit oleh berbagai bentuk pajak dan pungutan yang menjadi beban turun-temurun.Pihak keraton Jogjakarta tidak berdaya menghadapi campur tangan politik pemerintah kolonial.Kalangan keraton hidup mewah dan tidak mempedulikan penderitaan rakyat.
Sebab khusus Pangeran Diponegoro tersingkir dari elite kekuasaan, karena menolak berkompromi dengan pemerintah kolonial. Pangeran Diponegoro memilih mengasingkan diri ke Tegalrejo untuk memusatkan perhatian pada kehidupan keagamaan.Pemerintah kolonial melakukan provokasi dengan membuat jalan yan…

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie

Turunnya Soeharto dari jabatan kepresidenan pada tanggal 21 Mei 1998 menjadi awal lahirnya era Reformasi di Indonesia. Perkembangan politik ketika itu ditandai dengan pergantian presiden di Indonesia. Seperti telah di bahas pada Kronologi reformasi indonesia tahun 1998, bahwa Segera setelah Soeharto mengundurkan diri, Mahkamah Agung mengambil sumpah Baharuddin Jusuf Habibie sebagai presiden.

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie berlangsung dari tanggal 21 Mei 1998 sampai 20 Oktober 1999. Pengangkatan Habibie sebagai presiden ini memunculkan kontroversi di masyarakat. Pihak yang pro menganggap pengangkatan Habibie sudah konstitusional, sedangkan pihak yang kontra menganggap bahwa Habibie sebagai kelanjutan dari era Soeharto dan pengangkatannya dianggap tidak konstitusional.

Pengambilan sumpah beliau sebagai presiden dilakukan di Credential Room, Istana Merdeka. Dalam pidato yang pertama setelah pengangkatannya, B.J. Habibie menyampaikan hal-hal sebagai berikut : Mohon dukungan dari …