Skip to main content

6 lembaga kerja sama ekonomi regional di dunia

Dalam praktiknya, perdagangan antarnegara tidak hanya dilakukan antarnegara. Negara juga melakukan kerja sama dengan lembaga ekonomi, baik di tingkat regional maupun internasional. Bentuk kerja sama dapat dilakukan dengan cara menjadi anggota atau tidak.

Di era globalisasi ini, kerja sama ekonomi internasional dilakukan melalui pakta atau lembaga. Lembaga ini dapat berskala regional maupun internasional. Lembaga ekonomi regional mewadahi kepentingan negara-negara di suatu kawasan tertentu. Adapun lembaga ekonomi internasional mewadahi kepentingan dunia pada umumnya dan anggota pada khususnya.

Lembaga kerja sama ekonomi regional
Lembaga kerja sama ekonomi regional adalah organisasi yang mewadahi kepentingan negara-negara dalam satu kawasan tertentu. Misalnya organisasi negara-negara di kawasan Asia Tenggara atau organisasi kerja sama negara-negara di kawasan Eropa.

a. Association of South East Asian Nations (ASEAN)
Anggota ASEAN berjumlah 10 negara. Negara- negara tersebut adalah :
1. Indonesia
2. Filipina
3. Singapura
4. Thailand
5. Malaysia
6. Brunei Darussalam
7. Vietnam
8. Laos
9. Kamboja
10. Myanmar

Organisasi ASEAN merupakan kerja sama regional negara-negara di kawasan Asia Tenggara. ASEAN dideklarasikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok. Organisasi tersebut didirikan oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Adapun tujuan pendiriannya tercantum dalam Deklarasi bangkok, selengkapnya silahkan baca di artikel Terbentuknya ASEAN dan tujuannya

Di dalam ASEAN, ekonomi hanya merupakan salah satu bidang kerja sama. Bahkan pada awalnya, ASEAN merupakan kerja sama politik. Persamaan nasib dan latar belakang sejarah menjadi faktor pendorong berdirinya organisasi tersebut.

b. Asean Free Trade Area (AFTA)
Diberlakukannya perdagangan bebas menjadi salah satu masalah bagi negara-negara di kawasan tertentu. Terdapat 2 pilihan sikap yang harus dilakukan setiap negara, yaitu mengikuti tata aturan tersebut sekaligus melindungi kepentingan dalam negeri. Untuk itu, satu negara berusaha menjalin kerja sama dengan negara lain dalam satu kawasan untuk menghadapi perdagangan bebas.

Salah satu bentuk kerja sama pembentukan kawasan perdagangan bebas adalah Asean Free Trade Area (AFTA) atau Kawasan Perdagangan Bebas Asean. AFTA dicetuskan dalam penyelenggaraan Singapore Summit di Sungapura pada tanggal 27-28 Januari 1992.

Berdasarkan keputusan dalam Singapore Summit, pembentukan kawasan perdagangan bebas ASEAN berlangsung seama 15 tahun. Harapan dari berditinya AFTA adalah ASEAN dapat bersaing dengan kekuatan ekonomi dunia lainnya.

Selengkpanya tentang AFTA dapat dilbaca pada artikel Pembentukan AFTA dan tujuannya

c. North American Free Trade Agreement (NAFTA)
NAFTA didirikan pada tanggal 12 Agustus 1992 di Washington DC. Tujuan utama NAFTA adalah menghilangkan hambatan dalam pelaksanaan perdagangan bebas di kawasan Amerika Utara. NAFTA didirikan oleh 2 negara, yaitu Amerika Serikat dan Kanada. Selanjutnya, Meksiko bergabung dalam pakta ekonomi tersebut.

d. Asian Development Bank (ADB)
ADB didirikan pada bulan Desember 1963 di Manila, Filipina. Tujuannya untuk memberikan pinjaman dana dan bantuan teknik kepada negara-negara Asia yang sedang melaksanakan pembangunan dengan memprioritaskan bantuan proyek untuk pendidikan, tenaga air, komunikasi, pertanian, angkutan, industri, dan penyediaan air bersih.

e. European Union (EU)
European Union atau disingkat EU, atau Uni Eropa merupakan perubahan dari Europe Economic Community (EEC) atau Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE). Organisasi ini terbentuk pada tanggal 25 Maret 1957 di Roma, Italia.

Berdirinya MEE ditandai dengan penandatanganan Kesepakatan Roma. Kesepakatan Roma ditandatangani oleh Belgia, Prancis, Jerman, Italia, Luxemburg, dan Belanda. Tujuan utama MEE adalah untuk menghapuskan hambatan dalam pelaksanaan perdagangan bebas di Eropa melalui pembentukan Pasar Bersama Eropa.

Selanjutnya, pada tanggal 3 Mei 1960 dibentuklah European Free Trade Association (EFTA). Organisasi ini didirikan oleh Austria, Islandia, Norwegia, Portugal, Swedia, Swiss, dan Finlandia. Tujuannya untuk mewujudkan tujuan MEE.

Dalam perkembangan berikutnya. MEE berubah menjadi Uni Eropa/European Union. Perubahan MEE menjadi Uni Eropa tersebut ditandai dengan penandatanganan Maastricht Treaty pada tahun 1991. Perubahan MEE menjadi UE terjadi pada tanggal 1 November 1993.

f. Asia Pasific Economic Cooperation (APEC)
APEC memiliki bidang utama kerja sama, yaitu :
1. Perdagangan, bertujuan untuk menghapuskan hambatan-hambatan perdagangan internasional.
2. Investasi, bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada negara-negara di kawasan Asia Pasifik untuk melakukan investasi yang saling menguntungkan.

APEC dibentuk tahun 1989 atas usulan Perdana Menteri Australia, Bob Hawke. Adapun latar belakang usulan tersebut adalah adanya persamaan kepentingan sumber daya alam yang dimiliki negara-negara di kawasan Pasifik Barat dan Asia Tenggara.

Baca juga artikel yang berkaitan : Kerjasama ekonomi Asia Pasifik APEC

Anggota APEC terdiri atas :
1. Negara-negara anggota ASEAN.
2. Negara-negara di kawasan Pasifik Barat, seperti Australia, New Zealand, dan Papua Nugini.
3. Negara-negara di kawasan Amerika Utara seperti Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko.
4. Negara-negara di kawasan Asia Timur, seperti Korea Selatan, Cina, Jepang, Taiwan, dan Hongkong.
5. Negara di kawasan Amerika Latin, seperti Cile.

Popular posts from this blog

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya - Seperti telah kita ketahui bahwa pulau Jawa merupakan pulau yang lebih padat penduduknya daripada pulau-pulau lain di Indonesia. Selain itu, Pulau Jawa Dwipa bisa dikatakan sebagai pusat sejarah peradaban sejak zaman kerajaan, sebagai contoh zaman Kerajaan Majapahit.
Pulau Jawa sampai saat admin menuliskan ini dibagi dalam 4 provinsi, yaitu Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Provinsi Jawa Timur. Masing-masing provinsi membawahi kabupaten dan kota administratif.
Pulau Jawa merupakan pulau yang subur makmur dengan batas-batasnya sebagai berikut: sebelah barat: Selat SundaSebelah timur: Selat Balisebelah utara: Laut Jawasebelah selatan: Samudera Indonesia/Samudera Hindia
Gambar Peta Pulau Jawa Mengacu pada judul di atas, kali ini sejarah negara akan melampirkan Peta Pulau Jawa yang meliputi Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur. Karena wilayahnya memanjang dari barat ke timur peta tersebut ukurannya …

Sebab umum dan sebab khusus Perang Diponegoro

Sejarah Nasional.Perang Diponegoro berlangsung selama lima tahun yaitu dari tahun 1825 hingga tahun 1830. Hal ini secara gamblang telah di bahas pada artikel Perang Diponegoro terjadi tahun 1825-1830. Untuk kali ini Sejarah Nasional dan Dunia akan membahas secara lebih spesifik tentang penyebab terjadinya perang tersebut.
Sebab terjadinya Perang Diponegoro dapat dibagi menjadi dua, yaitu sebab umum dan sebab khusus. Berikut pembahasannya.
Sebab umum Rakyat dibelit oleh berbagai bentuk pajak dan pungutan yang menjadi beban turun-temurun.Pihak keraton Jogjakarta tidak berdaya menghadapi campur tangan politik pemerintah kolonial.Kalangan keraton hidup mewah dan tidak mempedulikan penderitaan rakyat.
Sebab khusus Pangeran Diponegoro tersingkir dari elite kekuasaan, karena menolak berkompromi dengan pemerintah kolonial. Pangeran Diponegoro memilih mengasingkan diri ke Tegalrejo untuk memusatkan perhatian pada kehidupan keagamaan.Pemerintah kolonial melakukan provokasi dengan membuat jalan yan…

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie

Turunnya Soeharto dari jabatan kepresidenan pada tanggal 21 Mei 1998 menjadi awal lahirnya era Reformasi di Indonesia. Perkembangan politik ketika itu ditandai dengan pergantian presiden di Indonesia. Seperti telah di bahas pada Kronologi reformasi indonesia tahun 1998, bahwa Segera setelah Soeharto mengundurkan diri, Mahkamah Agung mengambil sumpah Baharuddin Jusuf Habibie sebagai presiden.

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie berlangsung dari tanggal 21 Mei 1998 sampai 20 Oktober 1999. Pengangkatan Habibie sebagai presiden ini memunculkan kontroversi di masyarakat. Pihak yang pro menganggap pengangkatan Habibie sudah konstitusional, sedangkan pihak yang kontra menganggap bahwa Habibie sebagai kelanjutan dari era Soeharto dan pengangkatannya dianggap tidak konstitusional.

Pengambilan sumpah beliau sebagai presiden dilakukan di Credential Room, Istana Merdeka. Dalam pidato yang pertama setelah pengangkatannya, B.J. Habibie menyampaikan hal-hal sebagai berikut : Mohon dukungan dari …