Sumbangan gagasan Merton terhadap dunia ekonomi

Sumbangan gagasan Merton terhadap dunia ekonomi – Pada tahun 1997, Merton bersama rekannya, Myron Scholes memperoleh hadiah Nobel untuk sumbangan mereka dalam teori Penilaian Opsi. Sebelumnya Myron Scholes bersama dengan Fischer Black menerbitkan artikel mengenai penilaian instrumen keuangan opsi di Journal of Political Economy.

Dalam artikel tersebut dijelaskan, opsi adalah hak untuk membeli atau menjual aset pada harga tertentu. Sayangnya Fischer Black sudah meninggal dunia pada tahun tersebut. Sementara, hadiah Nobel hanya diberikan kepada orang yang masih hidup.

Merton juga menerbitkan model penilaian opsi yang merupakan penyederhanaan dari model Black dan Scholes. Teori Penilaian Opsi yang ia ajukan mempunyai potensi untuk menjelaskan fenomena keuangan lebih banyak lagi. Atas pemikirannya inilah ia bersama-sama dengan Scholes diagnggap telah meletakkan dasar-dasar dalam opsi-opsi saham beserta bursa dalam satu dekade.

Merton dan Scholes mengembangkan Teori Call Option (Teori Hak Opsi), di mana investor diberikan hak dan bukan janji untuk membeli atau menjual (saham, uang, komoditas) dalam suatu periode dan harga tertentu.

Ketika Black meninggal, mereka menamai teorinya dengan Teori Black-Scholes, sebuah teori yang digunakan untuk menilai dan memperhitungkan strategi melindungi investor saham dari perubahan harga pasar yang tidak bisa diprediksi sebelumnya.

Merton telah memberikan kontribusi nyata bagi penyempurnaan serta penciptaan lembaga dan jaringan jual beli saham dalam mengurangi resiko kerugian karena fluktuasi harga, baik oleh sentimen pasar maupun faktor objektif lainnya.

Dalam logika sederhana, orang yang membeli saham sebenarnya tidak sedang membeli saham, tetapi menciptakan sebagian lembaga dan jaringan jual beli saham tersebut.

Lembaga atau jaringan dianggap mampu menentukan harga saham. Ketika orang mampu menentukan saham, meka kekuatan ekonomi akan bisa dikendalikan.

Merton mengembangkan teorinya dari pasar komoditas pertanian, di mana untuk menghindari fluktuasi harga komoditas, pembeli dan penjual mengadakan perjanjian menjamin kepastian harga menghadapi fluktuasi harga.

Merton dan Scholes dianggap telah berjasa memperkecil kerugian dengan membagi risiko kepada lebih banyak pelaku pasar modal, walaupun di sisi lain keuntungan yang bisa diharapkan menjadi lebih kecil karena margin keuntungan.

Hal ini dianggap sebagai metode praktis yang berguna dalam menentukan nilai derivatif yang berhasil menanamkan pengaruh dahsyatnya dalam catatan sejarah ilmu ekonomi selama 25 tahun.

Merton mengembangkan Teori Derivatif dengan sangat lengkap dan canggih, sehingga resp itu dipakai secara masif dan ekstensif di seluruh dunia.

Manfaat yang dapat dirasakan dari Teori Derivatif adalah orang dapat memagari dirinya dari kemungkinan menderita kerugian besar yang akan timbul akibat gejolak harga pasar. Hal ini akan menumbuhkan spekulasi pasar di mana ada faktor ketidakpastian dari setiap transaksi yang dilakukan.

Baca juga artikel : Robert C. Merton penerima Nobel Memorial Prize in Economic Science

Ketika menerima penghargaan Nobel Ekonomi, Merton berujar : “Namun teramat sayang, ketika berita gembira itu sampai ke telinga saya, kolega saya, mendiang Prof. Fischer Black telah tiada.” Sebuah ungkapan tentang persahabatan dan keakraban. Teori tersebut tercipta lewat ide-ide Fischer, Merton, dan Scholes.

Pos terkait