Skip to main content

6 jenis danau dan 10 danau terluas di Indonesia

6 jenis danau dan 10 danau terluas di Indonesia. Bagian permukaan bumi yang merupakan sebuah ledok atau cekungan atau lembah (basin) yang cukup, digenangi air, tawar maupun asin dinamakan danau. Di beberapa daerah dinamakan juga situ, tasik, ranu, atau telaga. Berdasarkan cara terbentuknya danau dapat dibagi menjadi 6, selengkapnya sebagai berikut :

1. Danau bendungan
Yaitu danau yang terbentuk karena aliran air atau sungai terbendung secara alami atau sengaja dibendung oleh manusia. Karena aliran dari letusan Gunung Tangkubanperahu pada masa lalu terbentuklah Danau Bandung, yang kini telah kering lagi.

Demikian juga terbentuknya Danau Tondano dan Danau Lauttawar. Oleh manusia beberapa danau dibuat dengan membendung sungai, seperti ; Danau Jatiluhur, Saguling, Sempor, Karangkates dan Selorejo.

2. Dana vulkanik
Yaitu danau yang terdapat pada lubang kepundan, karena lubang kepundan itu tertutup sumbat lava dan dasar ledoknya itu kedap air. Gunung-gunung yang berdanau kepundan, antara lain : Gunung Kelud, Gunung Kalimutu dan beberapa mar di Gunung Lamongan.

3. Danau tektonik
Yaitu danau yang terjadi karena peristiwa tektonisme, misalnya sebuah Graben di daerah patahan yang digenangi air menjadi danau, contohnya Danau Lauttawar, Danau Di atas, Danau Di bawah, Danau Poso, Tempe, dan Towuti. Danau-danau besar di Afrika Tenggara juga termasuk danau tektonik.

4. Danau tektonovulkanik
Yaitu danau vulkanik yang terjadinya bukan hanya karena letusan gunung itu, tetapi karena letusan itu terjadi pemerosotan bagian dari tubuh gunung api itu sehingga terbentuk ledok patahan di puncak gunung tersebut. Danau Toba dan Danau Ranau termasuk jenis ini.

5. Danau karst atau danau daerah kapur
Yaitu danau yang terdapat di daerah kapur, di antara bukit-bukit kapur yang terbentuk kubah. Tempat air meresap di daerah kapur, yang menyerupai corong (dolina) lama-kelamaan menjadi besar dan karena endapan tanah merah (terra rosa) yang tebal di tempat itu, air tidak meresap lagi, tergenanglah air.

Demikianlah danau karst terbentuk. Di gunung Kidul banyak ditemukan danau semacam ini yang biasanya berukuran kecil.

6. Danau glasial
Yaitu danau yang terjadi karena erosi oleh gletsyer. Danau seperti ini tidak terdapat di Indonesia. Di perbatasan antara USA dengan Canada terdapat danau jenis ini, yaitu Danau Superior, Michigan, Ontario dan sebagainya.

Danau merupakan reservoir air yang sangat potensial. Di danau perikanan dapat dikembangkan. Danau-danau besar di Sulawesi Selatan merupakan tempat pengembangan bibit ikan yang didatangkan dari luar negeri. Yang pernah dikembangkan di sana ikan-ikan dari Mesir dan Thailand, ternyata hasilnya baik sekali.

Danau juga merupakan tempat menampung air yang dapat dipergunakan untuk pengairan sawah petani, lebih-lebih danau yang sengaja dibuat untuk keperluan itu seperti Pamarayan (Cisadane), Jatiluhur (Citarum), Gajahmungkur (Wonogiri) dan Riamkanan.

Danau yang dibuat untuk tenaga listrik dewasa ini telah banyak dibangun di Indonesia, seperti yang diresmikan Presiden Jokowi bernama Bendungan Keuruto terletak di Kabupaten Aceh Utara. Bendungan ini merupakan bendungan terbesar yang dibangun tahun 2015 ini.

Danau Toba merupakan reservoir air untuk pembangkit listrik Asahan. Danau-danau juga merupakan daya tarik bagi para wisatawan. Di beberapa tempat orang menggunakan danau sebagai sumber air untuk minum, mandi, mencuci segala barang.

Mengingat pentingnya kedudukan danau bagi kehidupan manusia, tentu saja kita harus memperlakukan danau seperti juga kita memperlakukan daerah aliran sungai dengan melestarikan daerah sekitarnya.

Daerah yang merupakan sumber air bagi danau maupun hulu dan aliran sungai sebaiknya merupakan daerah hutan yang terjaga, jangan sembarang orang dapat merusak tumbuh-tumbuhan di hutan tersebut. Daerah pemukiman di sekitar danau dan di sepanjang sungai hendaknya mempunyai rasa memiliki alam, sehingga tidak membuang barang yang dapat merusak kebersihan danau dan sungai itu. Dihindarkan membuang limbah yang dapat mencemarkan danau dan sungai.

6 jenis danau dan 10 danau terluas di Indonesia

10 Danau terluas di Indonesia
Di Indonesia ini tercatat 10 danau terluas, yaitu sebagai berikut :
  1. Danau Toba di Sumatra Utara : 107.215 ha (danau terluas di Indonesia dan Asia Tenggara)
  2. Danau Towuti di Kec. Towuti, Kab. Luwu Timur, Sulawesi Selatan : 59.840 ha
  3. Danau Poso, Kab. Poso, Sulawesi Tengah : 34.280 ha
  4. Danau Sentani di Papua : 34.375 ha
  5. Danau Matano, di Sulawesi Selatan : 16.640 ha
  6. Danau Ranau, di Lampung, Sumatra Selatan : 12.528 ha
  7. Danau Lauttawar, Dataran Tinggi Gayo, Kab. Aceh Tengah, Aceh : 10.937 ha
  8. Danau Singkarak, Sumatra Barat : 10.176 ha
  9. Danau Maninjau, di Kab. Agam, Sumatera Barat : 9.980 ha
  10. Danau Tempe, di Kab. Wajo, Sulawesi Selatan : 9.406 ha

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai 6 jenis danau dan 10 danau terluas di Indonesia, semoga menambah manfaat pengetahuan.

Popular posts from this blog

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya - Seperti telah kita ketahui bahwa pulau Jawa merupakan pulau yang lebih padat penduduknya daripada pulau-pulau lain di Indonesia. Selain itu, Pulau Jawa Dwipa bisa dikatakan sebagai pusat sejarah peradaban sejak zaman kerajaan, sebagai contoh zaman Kerajaan Majapahit.
Pulau Jawa sampai saat admin menuliskan ini dibagi dalam 4 provinsi, yaitu Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Provinsi Jawa Timur. Masing-masing provinsi membawahi kabupaten dan kota administratif.
Pulau Jawa merupakan pulau yang subur makmur dengan batas-batasnya sebagai berikut: sebelah barat: Selat SundaSebelah timur: Selat Balisebelah utara: Laut Jawasebelah selatan: Samudera Indonesia/Samudera Hindia
Gambar Peta Pulau Jawa Mengacu pada judul di atas, kali ini sejarah negara akan melampirkan Peta Pulau Jawa yang meliputi Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur. Karena wilayahnya memanjang dari barat ke timur peta tersebut ukurannya …

Sebab umum dan sebab khusus Perang Diponegoro

Sejarah Nasional.Perang Diponegoro berlangsung selama lima tahun yaitu dari tahun 1825 hingga tahun 1830. Hal ini secara gamblang telah di bahas pada artikel Perang Diponegoro terjadi tahun 1825-1830. Untuk kali ini Sejarah Nasional dan Dunia akan membahas secara lebih spesifik tentang penyebab terjadinya perang tersebut.
Sebab terjadinya Perang Diponegoro dapat dibagi menjadi dua, yaitu sebab umum dan sebab khusus. Berikut pembahasannya.
Sebab umum Rakyat dibelit oleh berbagai bentuk pajak dan pungutan yang menjadi beban turun-temurun.Pihak keraton Jogjakarta tidak berdaya menghadapi campur tangan politik pemerintah kolonial.Kalangan keraton hidup mewah dan tidak mempedulikan penderitaan rakyat.
Sebab khusus Pangeran Diponegoro tersingkir dari elite kekuasaan, karena menolak berkompromi dengan pemerintah kolonial. Pangeran Diponegoro memilih mengasingkan diri ke Tegalrejo untuk memusatkan perhatian pada kehidupan keagamaan.Pemerintah kolonial melakukan provokasi dengan membuat jalan yan…

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie

Turunnya Soeharto dari jabatan kepresidenan pada tanggal 21 Mei 1998 menjadi awal lahirnya era Reformasi di Indonesia. Perkembangan politik ketika itu ditandai dengan pergantian presiden di Indonesia. Seperti telah di bahas pada Kronologi reformasi indonesia tahun 1998, bahwa Segera setelah Soeharto mengundurkan diri, Mahkamah Agung mengambil sumpah Baharuddin Jusuf Habibie sebagai presiden.

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie berlangsung dari tanggal 21 Mei 1998 sampai 20 Oktober 1999. Pengangkatan Habibie sebagai presiden ini memunculkan kontroversi di masyarakat. Pihak yang pro menganggap pengangkatan Habibie sudah konstitusional, sedangkan pihak yang kontra menganggap bahwa Habibie sebagai kelanjutan dari era Soeharto dan pengangkatannya dianggap tidak konstitusional.

Pengambilan sumpah beliau sebagai presiden dilakukan di Credential Room, Istana Merdeka. Dalam pidato yang pertama setelah pengangkatannya, B.J. Habibie menyampaikan hal-hal sebagai berikut : Mohon dukungan dari …