Skip to main content

Mumi manusia gletser Otzi berselimut misteri

Mumi manusia gletser Otzi - Melanjutkan artikel sejarah Siapakah sebenarnya mumi misterius Similaun? Apakah mumi ini seorang gembala, pemburu atau dukun? Meski penyelidikan atas barang-barang bawaan mumi seperti kapak tembaga dan gagang kayu sudah dilakukan, namun tak ada sebuah teori pun yang sampai saat ini mampu memberikan jawaban yang tepat.

Ada beberapa temuan yang dirasa tidak mendukung hipotesis sebelumnya. Misalnya, gagang kayu yang ujungnya terbelah ini gunanya sebagai tempat sangkutan mata kapak. "Namun kapak macam ini baru beredar di Tirol setelah kematian si manusia es Otzi," kata ahli prasejarah dari Innsbruck, Prof Walter Leitner.

Periode di masa Otzi pernah hidup, masa-masa akhir zaman batu baru, memang masa paling revolusioner bagi umat manusia. Baru setelah seratus ribu tahun lewat, warga Eropa Tengah membuat senjata dan perkakas mereka dari tembaga yang dicairkan. Sebelum itu mereka membuatnya dari batu.

Peralihan dari zaman batu ke zaman perunggu tampaknya melewati zaman tembaga. Namun, tidak semua rekan sezaman manusia es ini mengalami zaman tembaga. Buktinya, suku asal manusia gletser lebih maju dibandingkan dengan suku-suku di Pegunungan Alpen yang lain. Selagi yang lain baru mengenal bentuk kapak tembaga yang primitif, mereka sudah mengenal kapak bergagang.

Sampai saat ini tak ada yang bisa mengatakan dengan pasti asal dan tujuan manusia gletser. Pendapat yang mendekati kebenaran menyebutkan bahwa manusia es ini merupakan cikal bakal suku bangsa Tirol. Pasalnya, cuma ada dua peradaban pada 5.000 tahun yang lalu. Yang pertama, di sebelah selatan Alpen antara Milano dan Venezia. Di sebelah utara Alpen terletak desa prasejarah, tempatnya sekarang di negara Swis Barat, negara Jerman Selatan, dan di negara Austria Utara.

Dari penggalian tempat-tempat tersebut di atas ditemukan bukti-bukti bahwa penduduk setempat tengah berada dalam peralihan cara hidup nomaden ke cara hidup bertani secara tetap.

"Selama masa zaman batu muda inilah ditemukan berbagai macam penemuan besar yang kelak akan berpengaruh terhadap perkembangan peradaban manusia selanjutnya" peneliti prasejarah dari Mainz, Ernst Probst." Disamping penemuan dibidang pertanian, peternakan, seni bangunan, dan seni tembikar, juga dikembangkan bentuk awal tulisan.

Namun, ciri khas revolusi neolitikum adalah adanya perkembangan dalam bidang pertanian. Di lahan pertanian ditemukan juga dua macam biji gandum yang dibawa-bawa Otzi.

Bahwa Otzi mengunyah gandum terbukti dari giginya yang terkikis. Kerusakan itu pastilah akibat sistem penggilingan gandum dengan batu yang menghasilkan butir-butir gandum yang masih kasar. Tambahan lagi sering ada pecahan batu ikut dalam gilingan gandum.

Gigi Otzi memang tak ada lubangnya, namun baik rahang bawah maupun rahang atas sudah kehilangan geraham paling akhirnya. Mengapa demikian belum bisa diketahui sebelum diadakan autopsi.

Sampai di sini mumi manusia gletser Otzi masih berselimut misteri. Jangan berhenti di sini, baca artikel sejarah selanjutnya: Mumi otzi mengundang penasaran para ahli sejarah

Popular posts from this blog

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya - Seperti telah kita ketahui bahwa pulau Jawa merupakan pulau yang lebih padat penduduknya daripada pulau-pulau lain di Indonesia. Selain itu, Pulau Jawa Dwipa bisa dikatakan sebagai pusat sejarah peradaban sejak zaman kerajaan, sebagai contoh zaman Kerajaan Majapahit.
Pulau Jawa sampai saat admin menuliskan ini dibagi dalam 4 provinsi, yaitu Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Provinsi Jawa Timur. Masing-masing provinsi membawahi kabupaten dan kota administratif.
Pulau Jawa merupakan pulau yang subur makmur dengan batas-batasnya sebagai berikut: sebelah barat: Selat SundaSebelah timur: Selat Balisebelah utara: Laut Jawasebelah selatan: Samudera Indonesia/Samudera Hindia
Gambar Peta Pulau Jawa Mengacu pada judul di atas, kali ini sejarah negara akan melampirkan Peta Pulau Jawa yang meliputi Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur. Karena wilayahnya memanjang dari barat ke timur peta tersebut ukurannya …

Sebab umum dan sebab khusus Perang Diponegoro

Sejarah Nasional.Perang Diponegoro berlangsung selama lima tahun yaitu dari tahun 1825 hingga tahun 1830. Hal ini secara gamblang telah di bahas pada artikel Perang Diponegoro terjadi tahun 1825-1830. Untuk kali ini Sejarah Nasional dan Dunia akan membahas secara lebih spesifik tentang penyebab terjadinya perang tersebut.
Sebab terjadinya Perang Diponegoro dapat dibagi menjadi dua, yaitu sebab umum dan sebab khusus. Berikut pembahasannya.
Sebab umum Rakyat dibelit oleh berbagai bentuk pajak dan pungutan yang menjadi beban turun-temurun.Pihak keraton Jogjakarta tidak berdaya menghadapi campur tangan politik pemerintah kolonial.Kalangan keraton hidup mewah dan tidak mempedulikan penderitaan rakyat.
Sebab khusus Pangeran Diponegoro tersingkir dari elite kekuasaan, karena menolak berkompromi dengan pemerintah kolonial. Pangeran Diponegoro memilih mengasingkan diri ke Tegalrejo untuk memusatkan perhatian pada kehidupan keagamaan.Pemerintah kolonial melakukan provokasi dengan membuat jalan yan…

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie

Turunnya Soeharto dari jabatan kepresidenan pada tanggal 21 Mei 1998 menjadi awal lahirnya era Reformasi di Indonesia. Perkembangan politik ketika itu ditandai dengan pergantian presiden di Indonesia. Seperti telah di bahas pada Kronologi reformasi indonesia tahun 1998, bahwa Segera setelah Soeharto mengundurkan diri, Mahkamah Agung mengambil sumpah Baharuddin Jusuf Habibie sebagai presiden.

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie berlangsung dari tanggal 21 Mei 1998 sampai 20 Oktober 1999. Pengangkatan Habibie sebagai presiden ini memunculkan kontroversi di masyarakat. Pihak yang pro menganggap pengangkatan Habibie sudah konstitusional, sedangkan pihak yang kontra menganggap bahwa Habibie sebagai kelanjutan dari era Soeharto dan pengangkatannya dianggap tidak konstitusional.

Pengambilan sumpah beliau sebagai presiden dilakukan di Credential Room, Istana Merdeka. Dalam pidato yang pertama setelah pengangkatannya, B.J. Habibie menyampaikan hal-hal sebagai berikut : Mohon dukungan dari …