Skip to main content

Mumi otzi mengundang penasaran para ahli sejarah

Mumi otzi mengundang penasaran para ahli sejarah - Melanjutkan artikel Mumi manusia gletser Otzi berselimut misteri. Sampai berita terakhir yang didengar, pemeriksaan mumi si manusia es baru terbatas pada upaya penyinaran dengan sinar rongten. Hal itu dilakukan untuk menghindari rambut mumi menjadi ikal.

Lewat komputer tomogram misalnya, diketahui adanya daging tumbuh di pinggul. Menurut majalah arkeolog di Jerman, dari penelitian terhadap kerangka prasejarah di peroleh tesis tentang kanker yang dianggap sebagai penyakit peradaban manusia.

Namun, ahli paleo patologi Amerika, Arthur Aufderheide berharap bisa memperoleh pengetahuan yang lebih spektakuler mengenai perkembangan penyakit lewat setitik darah dari jasad yang termumikan ini. Paling tidak darah putihnya yang masih utuh. Darah tersebut bisa memberikan wawasan baru tentang perkembangan sistem kekebalan tubuh kita dan juga menjelaskan tentang penyebaran penyakit infeksi di zaman prasejarah.

Dari misteri yang tidak kalah halusnya, ahli genetika dari Munchen, Svante Paabo masih mengharapkan penemuan lain. Ia ingin membandingkan tipe genetika (DNS) mumi dengan gen anak cucunya.

Dari penelitian terhadap sel tubuhnya diketahui pula adanya pencemaran lingkungan, macam peleburan logam. "Konsentrasi timah hitam pada tubuh Otzi menjadi media pembanding bagi kadar pencemaran masa kini," kata peneliti Swedia, Tornstein Sjovold.

Makin lama makin banyak ahli yang ingin ikut meneliti penemuan spektakuler ini. Rainer Gothe, ahli parasitologi dari Munchen misalnya, sudah siap-siap memesan 10 g kotoran. Sementara ahli yang lain meminta 0,5 cm kubik otak, atau 1 g tulang rusuk, sedangkan yang lain hendak menganalisis isi perut. Sedikitnya penelitian terhadap jasad ini sudah mengundang ahli dari hampir setengah daratan Eropa.

Apakah rahasia manusia Similaun bisa terkuak lewat pisau bedah dan mikroskop elektronik? Itu yang masih kita tunggu. Pasalnya, selama ia tidur tenang di kubur esnya berdirilah kerajaan-kerajaan besar seperti di Mesir, Yunani dan Romawi.

Lewat perkakas yang ditemukan, yang terbuat dari tembaga, tampak peralihan bentuk senjata dari perunggu dan besi menuju ke persenjataan yang lebih canggih dari baja sampai teknologi ruang angkasa dan komputer yang kemudian turut membantu menguak rahasia manusia es.

Selanjutnya baca: Pro kontra penemuan mumi Otzi dan baca kembali: Misteri mumi es tidur 5.300 tahun

Popular posts from this blog

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya - Seperti telah kita ketahui bahwa pulau Jawa merupakan pulau yang lebih padat penduduknya daripada pulau-pulau lain di Indonesia. Selain itu, Pulau Jawa Dwipa bisa dikatakan sebagai pusat sejarah peradaban sejak zaman kerajaan, sebagai contoh zaman Kerajaan Majapahit.
Pulau Jawa sampai saat admin menuliskan ini dibagi dalam 4 provinsi, yaitu Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Provinsi Jawa Timur. Masing-masing provinsi membawahi kabupaten dan kota administratif.
Pulau Jawa merupakan pulau yang subur makmur dengan batas-batasnya sebagai berikut: sebelah barat: Selat SundaSebelah timur: Selat Balisebelah utara: Laut Jawasebelah selatan: Samudera Indonesia/Samudera Hindia
Gambar Peta Pulau Jawa Mengacu pada judul di atas, kali ini sejarah negara akan melampirkan Peta Pulau Jawa yang meliputi Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur. Karena wilayahnya memanjang dari barat ke timur peta tersebut ukurannya …

Sebab umum dan sebab khusus Perang Diponegoro

Sejarah Nasional.Perang Diponegoro berlangsung selama lima tahun yaitu dari tahun 1825 hingga tahun 1830. Hal ini secara gamblang telah di bahas pada artikel Perang Diponegoro terjadi tahun 1825-1830. Untuk kali ini Sejarah Nasional dan Dunia akan membahas secara lebih spesifik tentang penyebab terjadinya perang tersebut.
Sebab terjadinya Perang Diponegoro dapat dibagi menjadi dua, yaitu sebab umum dan sebab khusus. Berikut pembahasannya.
Sebab umum Rakyat dibelit oleh berbagai bentuk pajak dan pungutan yang menjadi beban turun-temurun.Pihak keraton Jogjakarta tidak berdaya menghadapi campur tangan politik pemerintah kolonial.Kalangan keraton hidup mewah dan tidak mempedulikan penderitaan rakyat.
Sebab khusus Pangeran Diponegoro tersingkir dari elite kekuasaan, karena menolak berkompromi dengan pemerintah kolonial. Pangeran Diponegoro memilih mengasingkan diri ke Tegalrejo untuk memusatkan perhatian pada kehidupan keagamaan.Pemerintah kolonial melakukan provokasi dengan membuat jalan yan…

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie

Turunnya Soeharto dari jabatan kepresidenan pada tanggal 21 Mei 1998 menjadi awal lahirnya era Reformasi di Indonesia. Perkembangan politik ketika itu ditandai dengan pergantian presiden di Indonesia. Seperti telah di bahas pada Kronologi reformasi indonesia tahun 1998, bahwa Segera setelah Soeharto mengundurkan diri, Mahkamah Agung mengambil sumpah Baharuddin Jusuf Habibie sebagai presiden.

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie berlangsung dari tanggal 21 Mei 1998 sampai 20 Oktober 1999. Pengangkatan Habibie sebagai presiden ini memunculkan kontroversi di masyarakat. Pihak yang pro menganggap pengangkatan Habibie sudah konstitusional, sedangkan pihak yang kontra menganggap bahwa Habibie sebagai kelanjutan dari era Soeharto dan pengangkatannya dianggap tidak konstitusional.

Pengambilan sumpah beliau sebagai presiden dilakukan di Credential Room, Istana Merdeka. Dalam pidato yang pertama setelah pengangkatannya, B.J. Habibie menyampaikan hal-hal sebagai berikut : Mohon dukungan dari …