Skip to main content

Glosarium tradisi sejarah masyarakat Indonesia

Masyarakat Indonesia memiliki tradisi sejarah, baik sebelum maupun setelah mengenal tulisan. Berikut beberapa ringkasan yang dapat membantu anda untuk lebih memahami tentang tradisi sejarah masyarakat Indonesia.

Zaman prasejarah Indonesia merupakan suatu zaman ketika masyarakat Indonesia mengenal tulisan. Untuk mengetahui kehidupan masyarakat Indonesia pada masa tersebut bukanlah sesuatu yang mudah. Oleh karena itu, para ahli sejarah mencoba untuk melakukan pengamatan dan membuat penafsiran dari benda-benda kebudayaan yang ditinggalkan oleh masyarakat pada masa itu.

Para ahli sejarah juga mencoba untuk melakukan penelitian terhadap berbagai hal yang dapat membuka tabir kehidupan masyarakat Indonesia pada masa prasejarah seperti cara-cara adat-istiadat mewariskan masa lalu, melalui cerita-cerita, dongeng dan lain sebagainya.

Penelusuran kehidupan masyarakat Indonesia sebelum mengenal tulisan juga dilakukan melalui sistem kepercayaan, sistem kemasyarakatan, pertanian, kemampuan berlayar, sistem bahasa, pengetahuan, organisasi sosial dan lain sebagainya.

Sejarah sebagai suatu peristiwa yang telah terjadi pada masa lampau meninggalkan jejak-jejak sejarah. Untuk membantu menemukan jejak-jejak tersebut diperlukan folklore, mitologi, legenda, upacara lagu-lagu daerah dan lain sebagainya. Apa itu folklore? Untuk lebih jelasnya silahkan baca jejak sejarah Indonesia

Setelah masyarakat Indonesia mengenal tulisan, para ahli melakukan penelitian melalui peninggalan-peninggalan tulisan, seperti prasasti. Namun, tulisan yang berhasil ditemukan pada prasasti tersebut sangatlah terbatas, sehingga tidak mungkin para ahli dapat menemukan gambaran kehidupan secara keseluruhan dari prasasti yang ditelitinya itu.

Dalam upaya menuliskan kehidupan masyarakat pada masa lampau itu, para ahli sejarah mencoba untuk menafsirkan kehidupan masyarakat pada saat prasasti itu dibuat, baik dalam bidang pemerintahan, sosial, ekonomi, budaya, kepercayaan dan lain sebagainya.

Prasasti Telaga Batu
Prasasti Telaga Batu merupakan salah satu prasasti
yang menjadi obyek penelitian para ahli sejarah
setelah masyarakat Indonesia mengenal tulisan.

Glosarium
Berikut beberapa istilah sejarah lengkap dengan penjelasannya yang mungkin perlu anda ketahui:
  • Adat-istiadat adalah: kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan dalam suatu masyarakat dan diakui oleh semua pihak yang ada di dalam masyarakat bersangkutan.
  • Animisme adalah: merupakan suatu kepercayaan masyarakat kuno yang menyatakan bahwa setiap benda memiliki roh atau jiwa.
  • Dinamisme adalah: suatu kepercayaan masyarakat kuno yang menyatakan bahwa setiap benda memiliki kekuatan gaib.
  • Dinasti adalah: keluarga, suatu sistem pemerintahan yang didasarkan pada keturunan, artinya jika raja berhalangan, sakit atau meninggal, maka penggantinya adalah putranya sendiri. Sebagai contoh, silahkan baca dinasti China
  • Dokumentasi adalah: merupakan pengumpulan, pemilihan, pengolahan, dan penyimpanan dari berbagai bidang.
  • Ilmu Astronomi adalah: ilmu perbintangan, telah dikenal oleh masyarakat sejak masa prasejarah di Indonesia.
  • Kukusan adalah: merupakan suatu alat yang dipergunakan untuk menanak nasi.
  • Legenda adalah: merupakan suatu cerita masa lampau yang masih memiliki hubungan dengan peristiwa-peristiwa sejarah.
  • Lingua franca adalah: bahasa pergaulan yang dikenal oleh beberapa kelompok bangsa atau suku bangsa dari suatu daerah.
  • Makhluk halus adalah: suatu jenis makhluk yang tidak dapat dilihat oleh setiap orang, namun hanya orang-orang tertentu saja yang dapat melihatnya.
  • Megalitikum adalah: zaman batu besar merupakan suatu zaman dari kehidupan manusia, pada masa itu manusia telah menggunakan batu-batu besar untuk membangun berbagai jenis kebudayaannya. Apa saja peninggalannya? Silahkan baca selengkapnya Peninggalan zaman Batu Besar
  • Mitologi adalah: ilmu tentang kesusastraan yang mengandung konsep tentang dongeng suci, kehidupan para dewa dan makhluk halus.
  • Neolitikum adalah: zaman batu baru, ketika manusia sudah hidup menetap dan memiliki tempat tinggal yang tetap. Untuk mengetahui apa saja peninggalan zaman batu muda ini, baca Peninggalan zaman Batu Muda
  • Nusantara adalah: pulau-pulau yang terletak di antara benua Asia dan Australia serta di antara Samudera Hindia dengan Samudera Indonesia. Nusantara dewasa ini lebih dikenal dengan sebutan Indonesia.
  • Perahu bercadik adalah: model perahu yang paling dikenal pada zaman perkembangan pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia. Cadik merupakan alat penyeimbang perahu.
  • Prasasti Dinoyo adalah: suatu prasasti yang dikeluarkan oleh Raja Gajayana. Keistimewaan dari prasasti tersebut adalah huruf Pallawa diIndonesiakan menjadi huruf Kawi dan digunakan pertama kali di Indonesia. Lebih lengkap mengenai prasasti tersebut silahkan baca di Wikipedia Prasasti Dinoyo
  • Prasejarah adalah: suatu masa ketika masyarakat belum mengenal tulisan.
  • Rumpun bahasa adalah: kelompok bahasa yang dipergunakan oleh suatu kelompok masyarakat, seperti rumpun bahasa Melayu Austronesia yang dipergunakan pada daerah-daerah di Asia Tenggara termasuk Indonesia serta daerah-daerah yang berada di wilayah Lautan Pasifik.
  • Sarkopagus adalah: peti jenazah yang terbuat dari batu bulat atau batu tunggal.
  • Wayang adalah: seni tradisional Indonesia yang dimainkan oleh orang atau sekumpulan boneka dari kayu atau kulit yang dimainkan oleh seorang dalang sebagai sarana pertunjukan hiburan rakyat. Sebagai contoh wayang kulit yang dipergunakan Sunan Kalijaga untuk memberikan hiburan rakyat sembari menyebarkan ajaran Islam.
Demikian sedikit ringkasan dan glosarium tradisi sejarah masyarakat Indonesia, semoga menjadi catatan sejarah Nasional khususnya.

Popular posts from this blog

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya - Seperti telah kita ketahui bahwa pulau Jawa merupakan pulau yang lebih padat penduduknya daripada pulau-pulau lain di Indonesia. Selain itu, Pulau Jawa Dwipa bisa dikatakan sebagai pusat sejarah peradaban sejak zaman kerajaan, sebagai contoh zaman Kerajaan Majapahit.
Pulau Jawa sampai saat admin menuliskan ini dibagi dalam 4 provinsi, yaitu Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Provinsi Jawa Timur. Masing-masing provinsi membawahi kabupaten dan kota administratif.
Pulau Jawa merupakan pulau yang subur makmur dengan batas-batasnya sebagai berikut: sebelah barat: Selat SundaSebelah timur: Selat Balisebelah utara: Laut Jawasebelah selatan: Samudera Indonesia/Samudera Hindia
Gambar Peta Pulau Jawa Mengacu pada judul di atas, kali ini sejarah negara akan melampirkan Peta Pulau Jawa yang meliputi Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur. Karena wilayahnya memanjang dari barat ke timur peta tersebut ukurannya …

Sebab umum dan sebab khusus Perang Diponegoro

Sejarah Nasional.Perang Diponegoro berlangsung selama lima tahun yaitu dari tahun 1825 hingga tahun 1830. Hal ini secara gamblang telah di bahas pada artikel Perang Diponegoro terjadi tahun 1825-1830. Untuk kali ini Sejarah Nasional dan Dunia akan membahas secara lebih spesifik tentang penyebab terjadinya perang tersebut.
Sebab terjadinya Perang Diponegoro dapat dibagi menjadi dua, yaitu sebab umum dan sebab khusus. Berikut pembahasannya.
Sebab umum Rakyat dibelit oleh berbagai bentuk pajak dan pungutan yang menjadi beban turun-temurun.Pihak keraton Jogjakarta tidak berdaya menghadapi campur tangan politik pemerintah kolonial.Kalangan keraton hidup mewah dan tidak mempedulikan penderitaan rakyat.
Sebab khusus Pangeran Diponegoro tersingkir dari elite kekuasaan, karena menolak berkompromi dengan pemerintah kolonial. Pangeran Diponegoro memilih mengasingkan diri ke Tegalrejo untuk memusatkan perhatian pada kehidupan keagamaan.Pemerintah kolonial melakukan provokasi dengan membuat jalan yan…

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie

Turunnya Soeharto dari jabatan kepresidenan pada tanggal 21 Mei 1998 menjadi awal lahirnya era Reformasi di Indonesia. Perkembangan politik ketika itu ditandai dengan pergantian presiden di Indonesia. Seperti telah di bahas pada Kronologi reformasi indonesia tahun 1998, bahwa Segera setelah Soeharto mengundurkan diri, Mahkamah Agung mengambil sumpah Baharuddin Jusuf Habibie sebagai presiden.

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie berlangsung dari tanggal 21 Mei 1998 sampai 20 Oktober 1999. Pengangkatan Habibie sebagai presiden ini memunculkan kontroversi di masyarakat. Pihak yang pro menganggap pengangkatan Habibie sudah konstitusional, sedangkan pihak yang kontra menganggap bahwa Habibie sebagai kelanjutan dari era Soeharto dan pengangkatannya dianggap tidak konstitusional.

Pengambilan sumpah beliau sebagai presiden dilakukan di Credential Room, Istana Merdeka. Dalam pidato yang pertama setelah pengangkatannya, B.J. Habibie menyampaikan hal-hal sebagai berikut : Mohon dukungan dari …