Skip to main content

Peristiwa sejarah dunia pada tanggal 4 oktober

Peristiwa sejarah dunia pada tanggal 4 oktober - Tanggal 4 Oktober adalah tanggal bersejarah bagi dunia. Beberapa peristiwa penting patut dicatat dalam sejarah, baik nasional maupun dunia internasional. Mengapa kita perlu mengingatnya? Hidup yang kita jalani sekarang ini tidak lepas dari sejarah masa lalu, dan bangsa yang baik adalah bangsa yang mau mengingat dan menghargai sejarah bangsanya. Seperti kata Bung Karno "Jas Merah", Jangan sekali-kali melupakan sejarah.

Tanggal 4 Oktober mencatat beberapa sejarah baik di negara Indonesia maupun negara di dunia. Ada 12 catatan bahwa pada tanggal tersebut terjadi peristiwa penting, mari kita buka kembali buku sejarah kita selengkapnya sebagai berikut:

1. 4 Oktober 1824: Negara Meksiko menerapkan konstitusi baru, dan menjadi negara berbentuk Republik Federal.

2. 4 Oktober 1883: Kereta api Orient Express pertama kali beroperasi.
Rute kereta api tersebut adalah: Paris - Gare de l'Est, menuju Giurgiu di negara Rumania melalui Munchen dan Wina. Pada tahun 1889, jalur rel ditambah menuju Istanbul, dan beroperasi setiap hari dari Kota Paris ke Budapest, sedangkan tujuan Beograd dan Istanbul 3 kali seminggu, tujuan lainnya seminggu sekali menuju Bukares dan Constanta, Laut Hitam.

3. 4 Oktober 1957: Soviet meluncurkan pesawat ruang angkasa yang pertama yang bernama Sputnik I, dikirim tanpa awak kapal. Kemudian dilanjutkan peluncuran Sputnik II, yang selengkapnya dibahas pada artikel: Perlombaan teknologi ruang angkasa. Amerika Serikat pun tidak ketinggalan dalam perlombaan teknologi tersebut.

4. 4 Oktober 1966: Hari kemerdekaan Negara Lesotho yang merdeka dari Inggris (Britania Raya).

5. 4 Oktober 1993: Terjadinya peristiwa penembakan gedung parlemen Rusia, yang diperintah oleh Presiden Rusia Boris Yeltsin.

6. 4 Oktober 1999: Sebuah provinsi baru muncul di Indonesia, yaitu Provinsi Maluku Utara, dalam rangka pemekaran provinsi. Baca selengkapnya: Pemekaran provinsi di Indonesia sejak merdeka

7. 4 Oktober 2001: Sebuah pesawat Siberia Airlines jatuh di perairan Laut Hitam, tercatat 78 orang tewas yang terdiri dari 12 awak pesawat dan 66 penumpang.

8. 4 Oktober 2004: Di negara Indonesia dilaksanakan pemilu, pemilihan presiden dan wakil presiden secara langsung untuk pertama kalinya. Sebagai pemenangnya adalah Pasangan SBY-Kalla, Susilo Bambang Yudhoyono sebagai presiden dan Jusuf Kalla sebagai wakilnya. Beberapa hal mengenai pemilu ini silahkan baca di artikel sejarah:Masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono
9. 4 Oktober 2005: Negara-negara Uni Eropa mengadakan sidang pembahasan masuknya negara Turki sebagai anggota baru.

10. 4 Oktober 2010: Terjadi banjir besar di Papua Barat, tepatnya di Wasior, Teluk Wondama. Penyebab banjir tersebut adalah parahnya kerusakan hutan, sehingga Sungai Batang Salai meluap, tercatat 158 orang tewas, sedangkan 145 orang hilang.

11. 4 Oktober 2010: Sebuah permainan bernama Cut the Rope versi iOS untuk pertama kalinya dirilis.

12. 4 Oktober 2014: Penutupan pesta olah raga negara-negara Asia yang dilaksanakan 4 tahun sekali bernama Asian Games tahun 2014.

Demikian Peristiwa sejarah dunia yang terjadi pada tanggal 4 oktober, semoga menjadi catatan sejarah dunia.

Popular posts from this blog

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya - Seperti telah kita ketahui bahwa pulau Jawa merupakan pulau yang lebih padat penduduknya daripada pulau-pulau lain di Indonesia. Selain itu, Pulau Jawa Dwipa bisa dikatakan sebagai pusat sejarah peradaban sejak zaman kerajaan, sebagai contoh zaman Kerajaan Majapahit.
Pulau Jawa sampai saat admin menuliskan ini dibagi dalam 4 provinsi, yaitu Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Provinsi Jawa Timur. Masing-masing provinsi membawahi kabupaten dan kota administratif.
Pulau Jawa merupakan pulau yang subur makmur dengan batas-batasnya sebagai berikut: sebelah barat: Selat SundaSebelah timur: Selat Balisebelah utara: Laut Jawasebelah selatan: Samudera Indonesia/Samudera Hindia
Gambar Peta Pulau Jawa Mengacu pada judul di atas, kali ini sejarah negara akan melampirkan Peta Pulau Jawa yang meliputi Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur. Karena wilayahnya memanjang dari barat ke timur peta tersebut ukurannya …

Sebab umum dan sebab khusus Perang Diponegoro

Sejarah Nasional.Perang Diponegoro berlangsung selama lima tahun yaitu dari tahun 1825 hingga tahun 1830. Hal ini secara gamblang telah di bahas pada artikel Perang Diponegoro terjadi tahun 1825-1830. Untuk kali ini Sejarah Nasional dan Dunia akan membahas secara lebih spesifik tentang penyebab terjadinya perang tersebut.
Sebab terjadinya Perang Diponegoro dapat dibagi menjadi dua, yaitu sebab umum dan sebab khusus. Berikut pembahasannya.
Sebab umum Rakyat dibelit oleh berbagai bentuk pajak dan pungutan yang menjadi beban turun-temurun.Pihak keraton Jogjakarta tidak berdaya menghadapi campur tangan politik pemerintah kolonial.Kalangan keraton hidup mewah dan tidak mempedulikan penderitaan rakyat.
Sebab khusus Pangeran Diponegoro tersingkir dari elite kekuasaan, karena menolak berkompromi dengan pemerintah kolonial. Pangeran Diponegoro memilih mengasingkan diri ke Tegalrejo untuk memusatkan perhatian pada kehidupan keagamaan.Pemerintah kolonial melakukan provokasi dengan membuat jalan yan…

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie

Turunnya Soeharto dari jabatan kepresidenan pada tanggal 21 Mei 1998 menjadi awal lahirnya era Reformasi di Indonesia. Perkembangan politik ketika itu ditandai dengan pergantian presiden di Indonesia. Seperti telah di bahas pada Kronologi reformasi indonesia tahun 1998, bahwa Segera setelah Soeharto mengundurkan diri, Mahkamah Agung mengambil sumpah Baharuddin Jusuf Habibie sebagai presiden.

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie berlangsung dari tanggal 21 Mei 1998 sampai 20 Oktober 1999. Pengangkatan Habibie sebagai presiden ini memunculkan kontroversi di masyarakat. Pihak yang pro menganggap pengangkatan Habibie sudah konstitusional, sedangkan pihak yang kontra menganggap bahwa Habibie sebagai kelanjutan dari era Soeharto dan pengangkatannya dianggap tidak konstitusional.

Pengambilan sumpah beliau sebagai presiden dilakukan di Credential Room, Istana Merdeka. Dalam pidato yang pertama setelah pengangkatannya, B.J. Habibie menyampaikan hal-hal sebagai berikut : Mohon dukungan dari …