Skip to main content

Peta Yogyakarta lengkap 4 kabupaten dan 1 kota

Peta Yogyakarta lengkap 4 kabupaten dan 1 kota - Daerah Istimewa Yogyakarta yang sering disingkat DIY merupakan salah satu dari dua daerah istimewa yang ada di Indonesia selain Aceh. Yogyakarta merupakan daerah setingkat provinsi yang diperintah oleh seorang Sultan, dan saat admin sejarah negara menuliskan ini di jabat oleh ISSS Hamengkubawana X.

Seperti 34 provinsi lainnya, Yogyakarta juga memiliki catatan sejarah yang tidak terlupakan bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia, mulai dari pra-kemerdekaan, masa kemerdekaan, hingga zaman mempertahankan kemerdekaan. Sebagai contoh pada masa pra kemerdekaan di sana telah terjadi perang besar yang di sebut Perang Diponegoro, peristiwa ini terjadi dari tahun 1825 sampai 1830. Pada masa kemerdekaan kota tersebut juga pernah menjadi ibu kota RI.

Jogjakarta diberi julukan kota pelajar, karena di sanalah tempat berkumpul para pelajar dari berbagai suku bangsa di Indonesia. Mengapa para pelajar banyak yang menuntut ilmu di sana? Karena, di kota gudeg ini terdapat sekitar 37 perguruan tinggi. Dan yang paling terkenal dan merupakan perguruan tinggi favorit adalah Universitas Gajah Mada (UGM).

Profil Yogyakarta
Berikut hal-hal yang perlu anda ketahui mengenai Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Hari jadi: 4 Maret 1950
  • Dasar hukum: UU No. 3 tahun 1950; UU No. 13 tahun 2012
  • Ibu kota: Kota Yogyakarta
  • Luas wilayah: 3185,80 km2
  • Jumlah penduduk: 3452390
  • Gubernur: Sultan Hamengkubuwana
  • Wagub: Adipati Paku Alam
  • Ketua DPRD: Yoeke Indra Agung Laksana
  • Sekda: Ichsanuri
  • Suku bangsa Jawa (97%), Sunda (1%) [4]
  • Agama Islam (91,4%), Katolik (5,4%), Protestan (2,9%), Lain-lain (0,3%)
  • Bahasa Jawa, Indonesia
  • Situs web: www.jogjaprov.go.id
  • Jumlah kabupaten: 4, jumlah kota: 1, jumlah kecamatan: 78, jumlah kelurahan: 440

Logo Yogyakarta dan artinya
Seperti provinsi-provinsi lainnya  di Indonesia, Yogyakarta (DIY) juga memiliki logo atau lambang. Adapun logonya seperti tampak pada gambar di bawah ini:
Gambar Logo atau lambang Yogyakarta (DIY)
Logo atau lambang Yogyakarta (DIY)

Logo di atas bukan tanpa arti atau maksud. Penjelasan arti logo Jogja selengkapnya di bawah ini:
  • Gambar bintang, padi dan kapas, tugu bersayap, lingkaran merah, dan ompak bertatakan teratai, artinya sering disebut golong-gilig yang kurang lebih melambangkan kebulatan tekad.
  • Gambar bintang melambangkan Ketuhanan Yang Maha Esa.
  • Padi dan kapas lambang kesejahteraan.
  • Tugu bersayap sebagai lambang perikemanusiaan, sayap dalam berjumlah 9 tertuju pada Hamengkubuwono IX, sedangkan sayap bagian luar berjumlah 8 tertuju pada Paku Alam VII, merupakan makna kepemimpinan.
  • Lingkaran merah putih sebagai simbol kebangsaan.
  • Umpak dengan lapik tatakan bunga teratai sebagai lambang kerakyatan.

Peta Yogyakarta lengkap
Secara geografis, Yogyakarta terletak di Jawa Tengah bagian selatan. Lebih jelas bisa anda lihat di : Peta Jawa Tengah. Di sini akan kami lampirkan peta DIY lebih detail lengkap dan jelas seperti di bawah ini:

Gambar Peta Yogyakarta lengkap
Gambar Peta Yogyakarta lengkap dengan nama kabupaten dan kota yang ditandai dengan warna merah.

Dari peta di atas bisa anda lihat letak dan nama kabupaten yang ditandai dengan tanda bulat berwarna merah. Berikut nama kabupaten dan kota yang ada di Yogyakarta.
  • Kabupaten Bantul: pusat pemerintahan di Bantul
  • Kabupaten Gunungkidul: pusat pemerintahan di Wonosari
  • Kabupaten Kulon Progo: pusat pemerintahan di Wates
  • Kabupaten Sleman: pusat pemerintahan di Sleman
  • Kota Yogyakarta

Selain kota pelajar, Yogyakarta juga merupakan kota wisata yang banyak dikunjungi baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Salah satu tempat wisata unik adalah Kraton Jogja sendiri. Sedangkan tempat wisata lainnya, adalah puluhan pantai berderet di sepanjang wilayah selatan, yang terkenal adalah pantai Parangtritis.

Baca juga: Tabel 34 provinsi di Indonesia dan ibukotanya lengkap dengan peta

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai peta Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) lengkap dengan nama kabupaten dan kota. Semoga bermanfaat.

Popular posts from this blog

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya - Seperti telah kita ketahui bahwa pulau Jawa merupakan pulau yang lebih padat penduduknya daripada pulau-pulau lain di Indonesia. Selain itu, Pulau Jawa Dwipa bisa dikatakan sebagai pusat sejarah peradaban sejak zaman kerajaan, sebagai contoh zaman Kerajaan Majapahit.
Pulau Jawa sampai saat admin menuliskan ini dibagi dalam 4 provinsi, yaitu Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Provinsi Jawa Timur. Masing-masing provinsi membawahi kabupaten dan kota administratif.
Pulau Jawa merupakan pulau yang subur makmur dengan batas-batasnya sebagai berikut: sebelah barat: Selat SundaSebelah timur: Selat Balisebelah utara: Laut Jawasebelah selatan: Samudera Indonesia/Samudera Hindia
Gambar Peta Pulau Jawa Mengacu pada judul di atas, kali ini sejarah negara akan melampirkan Peta Pulau Jawa yang meliputi Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur. Karena wilayahnya memanjang dari barat ke timur peta tersebut ukurannya …

Sebab umum dan sebab khusus Perang Diponegoro

Sejarah Nasional.Perang Diponegoro berlangsung selama lima tahun yaitu dari tahun 1825 hingga tahun 1830. Hal ini secara gamblang telah di bahas pada artikel Perang Diponegoro terjadi tahun 1825-1830. Untuk kali ini Sejarah Nasional dan Dunia akan membahas secara lebih spesifik tentang penyebab terjadinya perang tersebut.
Sebab terjadinya Perang Diponegoro dapat dibagi menjadi dua, yaitu sebab umum dan sebab khusus. Berikut pembahasannya.
Sebab umum Rakyat dibelit oleh berbagai bentuk pajak dan pungutan yang menjadi beban turun-temurun.Pihak keraton Jogjakarta tidak berdaya menghadapi campur tangan politik pemerintah kolonial.Kalangan keraton hidup mewah dan tidak mempedulikan penderitaan rakyat.
Sebab khusus Pangeran Diponegoro tersingkir dari elite kekuasaan, karena menolak berkompromi dengan pemerintah kolonial. Pangeran Diponegoro memilih mengasingkan diri ke Tegalrejo untuk memusatkan perhatian pada kehidupan keagamaan.Pemerintah kolonial melakukan provokasi dengan membuat jalan yan…

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie

Turunnya Soeharto dari jabatan kepresidenan pada tanggal 21 Mei 1998 menjadi awal lahirnya era Reformasi di Indonesia. Perkembangan politik ketika itu ditandai dengan pergantian presiden di Indonesia. Seperti telah di bahas pada Kronologi reformasi indonesia tahun 1998, bahwa Segera setelah Soeharto mengundurkan diri, Mahkamah Agung mengambil sumpah Baharuddin Jusuf Habibie sebagai presiden.

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie berlangsung dari tanggal 21 Mei 1998 sampai 20 Oktober 1999. Pengangkatan Habibie sebagai presiden ini memunculkan kontroversi di masyarakat. Pihak yang pro menganggap pengangkatan Habibie sudah konstitusional, sedangkan pihak yang kontra menganggap bahwa Habibie sebagai kelanjutan dari era Soeharto dan pengangkatannya dianggap tidak konstitusional.

Pengambilan sumpah beliau sebagai presiden dilakukan di Credential Room, Istana Merdeka. Dalam pidato yang pertama setelah pengangkatannya, B.J. Habibie menyampaikan hal-hal sebagai berikut : Mohon dukungan dari …