Skip to main content

Fisiografi Benua Asia

Fisiografi Benua Asia - Umumnya, Asia terdiri dari pegunungan yang in tinya dikenal dengan nama Pegunungan Himalaya, dengan puncak tertinggi Gunung Everest dengan ketinggian mencapai 8.848 m. Puncak pegunungan ini diliputi oleh salju abadi.

Semakin ke timur dan tenggara untaian pegunungan ini semakin landai dan lebar seperti kipas, diselang-selingi oleh celah-celah yang terjal yang menjadi dasar aliran sungai ke Semenanjung Indocina, Myanmar, dan Thailand, sampai ke Semenanjung Malaya; ke arah timur laut, mulai dari Pegunungan Hindu-Kush dan Pegunungan Karakoram, melebar serta bersambung dengan Pegunungan Tien, Peg. Altaj Besar, dan gugusan Peg. Siberia Selatan; ke arah barat melandai dan membentuk plato-plato di kawasan Iran dan Anatolia.

Selebihnya pegunungan terdapat di:
  • Semenanjung Arab, sepanjang Laut Merah, dan Teluk Aden.
  • India, dataran Tinggi Dekan, dan Sri Lanka (Pegunungan Tujuh Dara dan Gunung Pidurutalagala, 2.538 m.
  • Pegunungan di Jepang Taiwan, Filipina, dan Indonesia.
Dataran rendah terhampar di kawasan aliran Sungai Ob, Sungai Yenisei (Uni Soviet), Sungai Hwang (Sungai Kuning), Sungai Yangtse (Cina), sepanjang aliran Sungai Indus dan Sungai Gangga (Pakistan dan India), Semenanjung Malaya dan Indonesia.

Daerah-daerah depresi berupa:
  • Laut Kaspia (393.897 km2)
  • D. Aral (66.457 km2)
  • D. Baikal (31.500 km2)
  • D. Balkash (18.600 km2)
Sungai-sungai besar:
  • Sungai Ob (5..567 km
  • Sungai Yangtse (5.800 km)
  • Sungai Hwang (4667 km)
  • Sungai Amur (4.509 km)
  • Sungai Lena (4.270 km)
  • Sungai Mekong (5.186 km)
  • Sungai Yenisei (4.129 km)
  • Sungai Indus (3.186 km)
  • Sungai Gangga (2.491 km)
Gambar ilustrasi Fisiografi Benua Asia
Puncak Mount Everest, Himalaya yang selalu diliputi salju abadi merupakan dataran tertinggi Benua Asia.
Asia Barat
Asia Barat (Asia Timur Tengah), terutama di bagian barat dan timur, terdiri dari plato-plato yang ditumbuhi sabana dan stepa, sedangkan padang pasir terbentang di Semenanjung Arab (Gurun Arab) dan di Semenanjung Sinai (Gurun Sinai). Dataran rendah yang mempunyai arti ekonomis terdapat di sepanjang Sungai Eufrat dan Sungai Tigris (Irak), dan Trucial Oman (Oman Utara).

Sungai Eufrat dan Sungai Tigris menyimpan sejarah besar pada masanya, selengkapnya bisa anda baca pada:

Asia Kecil
Asia Kecil (Asia Minor) diliputi pegunungan yang tinggi dengan relief yang sangat bervariasi. Deretan pegunungan yang labih tinggi yaitu: Pegunungan Taurus dan Pegunungan Anti-Taurus, terletak di bagian selatan semenanjung, dan berhadapan dengan Laut Tengah. Di sela-sela untaian pegunungan terdapat sungai-sungai besar dan kecil, antara lain: Sungai Eufrat Timur dan Sungai Kizil Irmak (bermuara di Laut Hitam). Daerah-daerah depresi berupa danau tidak banyak jumlahnya, yaitu Danau Van, Danau Tuz, dan Danau Beysehir.

Asia Selatan
Asia Selatan didominasi oleh pegunungan muda Himalaya, terutama di daerah perbatasan bagian utara. Dataran Tinggi Dekan menempati Semenanjung India bagian tengah, sejajar dengan pesisir barat, membujur Pegunungan Ghats Timur.

Di bagian Tengah daratan Sri Lanka terdapat Pegunungan Adams dan Gunung Pidurutalagala. Pegunungan di negara ini, begitu pula Dataran Tinggi Dekan, tergolong pegunungan generasi tua, yang terbentuk pada zaman Karbon.

Antara Pegunungan Himalaya dan Dataran Tinggi Dekan terhampar dataran rendah aliran Sungai Gangga, yang menjadi wilayah penampungan hasil pengikisan bebatuan Pegunungan Himalaya. Sediman hasil pengikisan itu subur karena terbentuk dari lumpur halus yang mengandung berbagai unsur garam.

Sediman itu tersebar, baik ke arah timur pada aliran Sungai Gangga dan Sungai Brahmaputra, maupun ke arah barat pada aliran Sungai Indus. Akibat lumpur halus yang mengendap di muara sungai semakin hari semakin banyak, maka terbentuklah delta di muara ketiga sungai tersebut.

Delta Sungai Gangga merupakan delta terluas di kawasan Asia Selatan. Sungai besar lain di kawasan ini adalah Sungai Godavari dan Sungai Kistna yang berada di pesisir timur India. Dataran rendah lainnya yang secara ekonomis dapat dimanfaatkan untuk pertanian, terdapat di sepanjang pantai Malabar (pantai barat) dan pantai Coromandel (pantai timur) Semenanjung India. Pulau Sri Lanka merupakan daerah pertanian yang penting.

Baca juga: Daftar negara di Asia Selatan lengkap

Asia Tengah
Asia Tengah memiliki untaian pegunungan yang memanjang ke arah timur laut, mulai dari Tadzikistan dan melewati Tibet, Xinjiang Uygur, Mongolia Utara, Siberia Selatan, Xinjiang Uygur Tengah, Mongolia Selatan, dan Tibet Utara.

Pegunungan yang terdiri dari dataran tinggi, sabana, dan stepa ini bersambung dengan padang pasir Taklamakan dan Gurun Gobi, profil wilayah gersang yang dikembangkan bagi peternakan dan tanaman kapas setelah mendapat saluran irigasi (khususnya di Provinsi Xinjiang Uygur, RRC.

Asia Tenggara
Secara geologis, Asia Tenggara menjadi pertemuan gugusan utama antara pegunungan muda Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediteran. Gugusan pegunungan ini bertemu di Indonesia Timur, di perairan Maluku, arah barat laut palung Banda. Dalam lingkungan Srikum Pasifik dan Sirkum Mediteran terdapat banyak gunung berapi aktif, khususnya di Filipina dan Indonesia.

Untaian pegunungan yang sudah tidak aktif lagi terdapat di Semenanjung Malaya dan Pulau Kalimantan, Pegunungan Arakan Yoma di Myanmar, pegunungan di Thailand, dan Pegunungan Annam di Semenanjjung Indocina.

Secara klimatologi, wilayah Asia Tenggara yang dilalui oleh garis katulistiwa, mungkin mendapat banyak hujan (lebih dari 203 mm pertahun) dari hujan orografis. Oleh karena itu, Asia Tenggara sebagian besar tertutup oleh hujan tropis.

Hamparan dataran rendahnya terletak di jalur aliran dan delta sungai besar, sebagian lagi berada di pesisir. Sungai besar di kawasan ini antara lain: Sungai Mekong (Semenanjung Indocina), Sungai Irawadi, Sungai Salween (Myanmar), Sungai Menam (Thailand), Sungai Kapuas, Sungai Barito, Sungai Musi, Sungai Solo (Bengawan Solo), Sungai Citarum, Sungai Memberamo (Indonesia).

Baca juga: Daftar negara di Asia Tenggara lengkap

Asia Timur
Bentang alam Asia Timur di pantai  timur benua Asia terdiri dari dataran rendah, tempat sungai-sungai besar bermuara. Dataran tinggi terdapat di pesisir timur bagian selatan sebagai sambungan dari dataran tinggi Yunan, bagian lain terdapat di Semenanjung Korea.

Wilayah Cina Barat, terutama di Provinsi Tibet dan Xinjiang Uygur mempunyai gunung-gunung yang tinggi, sambungan dari Pegunungan Himalaya. Satu-satunya gurun di kawasan ini adalah Gurun Gobi di Cina Utara.

Daerah sekeliling gurun Gurun Gobi sebagian ditumbuhi oleh stepa dan sabana, sedangkan di bagian selatan dan barat daya gurun ini berjajar dengan pegunungan tua Altun dan Qilian (bagian dari pegunungan tua Kunlun).

Wilayah Asia Timur di seberang lautan terdiri dari kepulauan, yaitu: Jepang, Taiwan, dan Hainan. Kepulauan Jepang mempunyai gunung api aktif, di antaranya asalah Gunung Fuji (3.778 m), Gunung Shirane (3.149 m), Gunung Yariga (3.190 m), Gunung Ontake (3.063 m), dan Gunung Haku (2.702 m).

Baca juga: Daftar Negara di Benua Asia

Di antara gunung api dan dataran tinggi, mengalir sungai berarus deras yang sangat menguntungkan Jepang dalam pembangunan proyek listrik tenaga air, untuk menunjang kelangsungan perindustriannya. Pulau Taiwan pun memiliki pegunungan dan dataran tinggi yang terletak di wilayah bagian timur, dengan gunung tertinggi bernama Gunung Yu (3.948 m).

Popular posts from this blog

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya - Seperti telah kita ketahui bahwa pulau Jawa merupakan pulau yang lebih padat penduduknya daripada pulau-pulau lain di Indonesia. Selain itu, Pulau Jawa Dwipa bisa dikatakan sebagai pusat sejarah peradaban sejak zaman kerajaan, sebagai contoh zaman Kerajaan Majapahit.
Pulau Jawa sampai saat admin menuliskan ini dibagi dalam 4 provinsi, yaitu Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Provinsi Jawa Timur. Masing-masing provinsi membawahi kabupaten dan kota administratif.
Pulau Jawa merupakan pulau yang subur makmur dengan batas-batasnya sebagai berikut: sebelah barat: Selat SundaSebelah timur: Selat Balisebelah utara: Laut Jawasebelah selatan: Samudera Indonesia/Samudera Hindia
Gambar Peta Pulau Jawa Mengacu pada judul di atas, kali ini sejarah negara akan melampirkan Peta Pulau Jawa yang meliputi Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur. Karena wilayahnya memanjang dari barat ke timur peta tersebut ukurannya …

Sebab umum dan sebab khusus Perang Diponegoro

Sejarah Nasional.Perang Diponegoro berlangsung selama lima tahun yaitu dari tahun 1825 hingga tahun 1830. Hal ini secara gamblang telah di bahas pada artikel Perang Diponegoro terjadi tahun 1825-1830. Untuk kali ini Sejarah Nasional dan Dunia akan membahas secara lebih spesifik tentang penyebab terjadinya perang tersebut.
Sebab terjadinya Perang Diponegoro dapat dibagi menjadi dua, yaitu sebab umum dan sebab khusus. Berikut pembahasannya.
Sebab umum Rakyat dibelit oleh berbagai bentuk pajak dan pungutan yang menjadi beban turun-temurun.Pihak keraton Jogjakarta tidak berdaya menghadapi campur tangan politik pemerintah kolonial.Kalangan keraton hidup mewah dan tidak mempedulikan penderitaan rakyat.
Sebab khusus Pangeran Diponegoro tersingkir dari elite kekuasaan, karena menolak berkompromi dengan pemerintah kolonial. Pangeran Diponegoro memilih mengasingkan diri ke Tegalrejo untuk memusatkan perhatian pada kehidupan keagamaan.Pemerintah kolonial melakukan provokasi dengan membuat jalan yan…

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie

Turunnya Soeharto dari jabatan kepresidenan pada tanggal 21 Mei 1998 menjadi awal lahirnya era Reformasi di Indonesia. Perkembangan politik ketika itu ditandai dengan pergantian presiden di Indonesia. Seperti telah di bahas pada Kronologi reformasi indonesia tahun 1998, bahwa Segera setelah Soeharto mengundurkan diri, Mahkamah Agung mengambil sumpah Baharuddin Jusuf Habibie sebagai presiden.

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie berlangsung dari tanggal 21 Mei 1998 sampai 20 Oktober 1999. Pengangkatan Habibie sebagai presiden ini memunculkan kontroversi di masyarakat. Pihak yang pro menganggap pengangkatan Habibie sudah konstitusional, sedangkan pihak yang kontra menganggap bahwa Habibie sebagai kelanjutan dari era Soeharto dan pengangkatannya dianggap tidak konstitusional.

Pengambilan sumpah beliau sebagai presiden dilakukan di Credential Room, Istana Merdeka. Dalam pidato yang pertama setelah pengangkatannya, B.J. Habibie menyampaikan hal-hal sebagai berikut : Mohon dukungan dari …