Skip to main content

Sejarah Internet Dunia diawali tahun 1969

Sejarah internet telah berlangsung lebih dari empat dekade dan terus menunjukkan perkembangan tiada batas. Diawali dengan proyek ARPA-ARPANET (Advance Research Project Agency Network) oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969. Proyek ini merupakan sebuah riset untuk menemukan bagaimana cara berkomunikasi tanpa batasan geografis melalui jaringan telepon menggunakan hardware dan software komputer berbasis UNIX.


Sebetulnya, tujuan asli dari proyek yang disebutkan di atas adalah untuk menyelamatkan pusat data jika terjadi kehancuran akibat perang nuklir. Sebuah pekerjaan besar Amerika Serikat yang sarat akan kepentingan militer, yang pada saat itu sedang perang dingin melawan Rusia dengan berlomba-lomba menunjukkan siapa yang lebih adidaya.

Sejarah internet yang panjang bermula empat tahun sebelumnya, saat seorang peneliti bernama J.C.R. Licklider dari MIT (Massachuset Institut of Technology) mempunyai visi untuk menciptakan sebuah jaringan komputer gobal yang setiap orang dapat mengakses progam maupun data dari manasaja dan kapansaja. Buah pikiran Licklider tertuang dalam sebuah memo pada bulan Agustus 1962 dengan “Galactic Network” sebagai nama rancangan awal.

Licklider sendiri adalah pimpinan pertama riset program komputer dari DARPA 4, sebuah gabungan dari pecahan ARPANET, “MILNET” untuk kepentingan militer dan “ARPANET” baru untuk kepentingan akademis. ARPANET ini bermula dari keinginan universitas-universitas untuk bergabung dalam jaringan komputer yang telah berkembang pesat ini.

Dari yang awalnya hanya menghubungkan empat situs milik Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah, pada tahun 1971 telah bertambah hingga 23 node komputer yang terdiri dari jaringan milik pemerintah Amerika Serikat dan universitas. Sejarah internet terus melaju dengan kencang.

Dicetuskannya Vint Cerf sebagai Bapak Internet pada tahun 1972, ARPANET menyebrang ke benua Eropa pada tahun 1973, protokol standar TCP (Transmission Control Protocol) dipecah menjadi TCP dan IP (Internet Protocol), menjamurnya komputer pribadi (PC) pada awal 1980an yang menimbulkan munculnya berbagai layanan internet seperti surat elektronik (email), terciptanya aplikasi browser yang merupakan tonggak paling penting di dalam sejarah internet, munculnya istilah surfing internet pada tahun 1992, hingga berdirinya Yahoo! dan Google menorehkan berbagai keajaiban pada peradaban manusia. Berbagai penemuan dan perkembangan teknologi canggih dewasa ini tidak lepas dari peran panjang sejarah internet.


Gambar Google pencarian internet terbesar


Sejarah Internet Indonesia
Sejarah internet di Indonesia dimulai dari masa pra-teknologi informasi yang ditandai munculnya radio tahun 1923. Lalu pada tahun 1970 terdapat komunitas komputer Indonesia walau minim anggota. Indonesia yang termasuk negara dunia ke 3, yang berimbas pada terlambatnya perkembangan teknologi akibat tingginya angka kemiskinan dan tuna aksara menyumbang cerita tersendiri bagi sejarah internet yang panjang di Indonesia.

Istilah internet sendiri baru populer pada akhir tahun 1990an. Sebelumnya, hanya kalangan terbatas yang sanggup membiayai dapat memanfaatkan fasiitas internet. Berbeda dengan sejarah perkembangan internet dunia yang didasari kepentingan militer, sejarah internet di Indonesia berjalan didasari kepentingan pribadi untuk menyalurkan atau berbagi hobi.

Lahirnya akademisi berpendidikan tinggi turut memberi nafas pada kehidupan internet si Indonesia. Hingga pada tahun 1995 muncul warnet (warung internet) pertama di Bogor. Kemudian pada tahun-tahun selanjutnya warnet memberi kontribusi besar pada sejarah dan perkembangan internet di Indonesia.

Tidak hanya orang perusahaan dan berpendidikan tinggi saja yang bisa memanfaatkan internet. Namun orang awam mulai banyak yang menggunakan internet untuk berkomunikasi. Internet di Indonesia belum berumur panjang.

Pelan tapi pasti, internet menjadi kebutuhan pokok manusia. Komputer pribadi tidak cocok lagi disebut sebagai barang mewah. Jaringan internet juga tidak sulit lagi ditemukan. Kita nantikan saja bagaimana teknologi ini akan semakin berkembang karena sepertinya sejarah internet masih akan terus berlanjut.

Baca juga sejarah internet lainnya di bawah ini:

Demikian Sejarah Internet Dunia yang di diawali tahun 1969, semoga menjadi catatan sejarah teknologi dunia.

Popular posts from this blog

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya - Seperti telah kita ketahui bahwa pulau Jawa merupakan pulau yang lebih padat penduduknya daripada pulau-pulau lain di Indonesia. Selain itu, Pulau Jawa Dwipa bisa dikatakan sebagai pusat sejarah peradaban sejak zaman kerajaan, sebagai contoh zaman Kerajaan Majapahit.
Pulau Jawa sampai saat admin menuliskan ini dibagi dalam 4 provinsi, yaitu Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Provinsi Jawa Timur. Masing-masing provinsi membawahi kabupaten dan kota administratif.
Pulau Jawa merupakan pulau yang subur makmur dengan batas-batasnya sebagai berikut: sebelah barat: Selat SundaSebelah timur: Selat Balisebelah utara: Laut Jawasebelah selatan: Samudera Indonesia/Samudera Hindia
Gambar Peta Pulau Jawa Mengacu pada judul di atas, kali ini sejarah negara akan melampirkan Peta Pulau Jawa yang meliputi Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur. Karena wilayahnya memanjang dari barat ke timur peta tersebut ukurannya …

Sebab umum dan sebab khusus Perang Diponegoro

Sejarah Nasional.Perang Diponegoro berlangsung selama lima tahun yaitu dari tahun 1825 hingga tahun 1830. Hal ini secara gamblang telah di bahas pada artikel Perang Diponegoro terjadi tahun 1825-1830. Untuk kali ini Sejarah Nasional dan Dunia akan membahas secara lebih spesifik tentang penyebab terjadinya perang tersebut.
Sebab terjadinya Perang Diponegoro dapat dibagi menjadi dua, yaitu sebab umum dan sebab khusus. Berikut pembahasannya.
Sebab umum Rakyat dibelit oleh berbagai bentuk pajak dan pungutan yang menjadi beban turun-temurun.Pihak keraton Jogjakarta tidak berdaya menghadapi campur tangan politik pemerintah kolonial.Kalangan keraton hidup mewah dan tidak mempedulikan penderitaan rakyat.
Sebab khusus Pangeran Diponegoro tersingkir dari elite kekuasaan, karena menolak berkompromi dengan pemerintah kolonial. Pangeran Diponegoro memilih mengasingkan diri ke Tegalrejo untuk memusatkan perhatian pada kehidupan keagamaan.Pemerintah kolonial melakukan provokasi dengan membuat jalan yan…

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie

Turunnya Soeharto dari jabatan kepresidenan pada tanggal 21 Mei 1998 menjadi awal lahirnya era Reformasi di Indonesia. Perkembangan politik ketika itu ditandai dengan pergantian presiden di Indonesia. Seperti telah di bahas pada Kronologi reformasi indonesia tahun 1998, bahwa Segera setelah Soeharto mengundurkan diri, Mahkamah Agung mengambil sumpah Baharuddin Jusuf Habibie sebagai presiden.

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie berlangsung dari tanggal 21 Mei 1998 sampai 20 Oktober 1999. Pengangkatan Habibie sebagai presiden ini memunculkan kontroversi di masyarakat. Pihak yang pro menganggap pengangkatan Habibie sudah konstitusional, sedangkan pihak yang kontra menganggap bahwa Habibie sebagai kelanjutan dari era Soeharto dan pengangkatannya dianggap tidak konstitusional.

Pengambilan sumpah beliau sebagai presiden dilakukan di Credential Room, Istana Merdeka. Dalam pidato yang pertama setelah pengangkatannya, B.J. Habibie menyampaikan hal-hal sebagai berikut : Mohon dukungan dari …