Skip to main content

Sejarah Komputer Modern dari Inggris dan Amerika

Awal sejarah perkembangan komputer modern dibuat oleh Charles Babbage (1791-1871), ia seorang ahli matematika berasal dari negara Inggris. Pada tahun 1812 Babbage melihat keselarasan alam antara mesin mekanik dan matematika. Sebuah mesin mekanik mampu melakukan pekerjaan berulang-ulang tanpa melakukan kesalahan. Sedangkan matematika dengan langkah-langkah khusus berulang namun sederhana.

Hal ini mendorong untuk memposisikan mesin mekanik sebagai alat untuk kepentingan mekanik. Untuk menjawab persoalan ini Babbage pertama kali melakukannya pada tahun 1822. Ketika itu Babbage menyodorkan sebuah mesin untuk mengerjakan perhitungan persamaan diferensial. Karena fungisnya itu, mesin tersebut di beri nama Mesin Differensial. Mesin yang menggunakan tenaga uap ini mampu menyimpan program sekaligus dapat melakukan kalkulasi, outputnya pun dapat dicetak secara otomatis.

Setelah Mesin Differensial digunakan selama kurang lebih 10 tahun, secara tak terduga Babbage terinspirasi untuk menciptakan sebuah komputer all-purpose. Maka terciptalah sebuah komputer yang dinamakan Analytical Engine. Dalam penciptaan komputer tersebut, Augusta Ada King seorang pembantu Babbage memiliki andil besar.

Augusta membantu menyempurnakan komputer tersebut dengan dana dari pemerintah Inggris. Ia juga ditugaskan untuk menjelaskan fitur dari Anlytical Engine kepada masyarakat awam. Oleh sebab keakrabpannya dengan Anlytical Engine Augusta mampu menambahkan instruksi pada mesin itu, sehingga ia dikenal sebagai wanita progammer pertama di dunia.

Gambar komputer pertama di dunia

Perkembangan komputer modern di Amerika Serikat
Pada tahun 1889, Hollerith mampu mengaplikasikan kaidah kartu perforasi guna membuat penghitungan misi utamanya adalah bagaimana menciptakan sebuah  teknik yang cepat dalam membuat rekapitulasi untuk sebuah Biro

Misi pertamanya ialah menciptakan teknik yang cepat dalam membuat rekapitulasi untuk Biro Sensus negara Amerika Serikat. Sensus ini mulanya dijalankan pertama kali tahun 1880, dan membutuhkan waktu 7 tahun untuk menyelesaikan rekapitulasinya. Biro tersebut memprediksi bahwa ketika penduduk semakin berkembang, nantinya dibutuhkan waktu 10 tahun untuk menyelesaikan keseluruhan penghitungan sensus tersebut.
\
Tidak hanya Hollerith, sejarah perkembangan komputer modern semakin ramai dengan kehadiran Vannevar Bush (1890-1974). Vannevar Bush mampu menciptakan sebuah mesin yang berguna untuk menghitung persamaan diferensial. Sebuah persamaan diferensial rumit mesin itu mampu menyelesaikannya dengan manis oleh mesin ciptaan Bush.

Sejarah perkembangan komputer modern selanjutnya hadirlah John V. Atanasoff dan Clifford Berry. Dengan eksperimennya, pada tahun 1903 John V. Atanasoff serta Clifford Berry mampu menciptakan sebuah komputer elektrik. Komputer tersebut hasil pengaplikasian aljabar Boolen pada sebuah sirkuit elektrik.

Eksperiman John V. Atanasoff dan Clifford Berry ini didasari oleh percobaan yang dilakukan Boole (1815-1864). Eksperimen ini berwujud sebuah biner aljabar yang menyatakan bahwa tiap-tiap persamaan matematik bisa dinyatakan menjadi betul atau salah. Melalui sebuah penerapan logika benar salah pada sebuah sirkuit berupa sistem On dan Of, keduanya secara bersamaan mampu menciptakan sebuah komputer elektrik pertama di dunia, yaitu pada tahun 1940.

Demikian Sejarah Komputer Modern dari Inggris dan Amerika, semoga menjadi catatan sejarah teknologi dunia.

Baca juga: Sejarah penemuan Listrik oleh Michael Faraday

Popular posts from this blog

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya - Seperti telah kita ketahui bahwa pulau Jawa merupakan pulau yang lebih padat penduduknya daripada pulau-pulau lain di Indonesia. Selain itu, Pulau Jawa Dwipa bisa dikatakan sebagai pusat sejarah peradaban sejak zaman kerajaan, sebagai contoh zaman Kerajaan Majapahit.
Pulau Jawa sampai saat admin menuliskan ini dibagi dalam 4 provinsi, yaitu Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Provinsi Jawa Timur. Masing-masing provinsi membawahi kabupaten dan kota administratif.
Pulau Jawa merupakan pulau yang subur makmur dengan batas-batasnya sebagai berikut: sebelah barat: Selat SundaSebelah timur: Selat Balisebelah utara: Laut Jawasebelah selatan: Samudera Indonesia/Samudera Hindia
Gambar Peta Pulau Jawa Mengacu pada judul di atas, kali ini sejarah negara akan melampirkan Peta Pulau Jawa yang meliputi Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur. Karena wilayahnya memanjang dari barat ke timur peta tersebut ukurannya …

Sebab umum dan sebab khusus Perang Diponegoro

Sejarah Nasional.Perang Diponegoro berlangsung selama lima tahun yaitu dari tahun 1825 hingga tahun 1830. Hal ini secara gamblang telah di bahas pada artikel Perang Diponegoro terjadi tahun 1825-1830. Untuk kali ini Sejarah Nasional dan Dunia akan membahas secara lebih spesifik tentang penyebab terjadinya perang tersebut.
Sebab terjadinya Perang Diponegoro dapat dibagi menjadi dua, yaitu sebab umum dan sebab khusus. Berikut pembahasannya.
Sebab umum Rakyat dibelit oleh berbagai bentuk pajak dan pungutan yang menjadi beban turun-temurun.Pihak keraton Jogjakarta tidak berdaya menghadapi campur tangan politik pemerintah kolonial.Kalangan keraton hidup mewah dan tidak mempedulikan penderitaan rakyat.
Sebab khusus Pangeran Diponegoro tersingkir dari elite kekuasaan, karena menolak berkompromi dengan pemerintah kolonial. Pangeran Diponegoro memilih mengasingkan diri ke Tegalrejo untuk memusatkan perhatian pada kehidupan keagamaan.Pemerintah kolonial melakukan provokasi dengan membuat jalan yan…

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie

Turunnya Soeharto dari jabatan kepresidenan pada tanggal 21 Mei 1998 menjadi awal lahirnya era Reformasi di Indonesia. Perkembangan politik ketika itu ditandai dengan pergantian presiden di Indonesia. Seperti telah di bahas pada Kronologi reformasi indonesia tahun 1998, bahwa Segera setelah Soeharto mengundurkan diri, Mahkamah Agung mengambil sumpah Baharuddin Jusuf Habibie sebagai presiden.

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie berlangsung dari tanggal 21 Mei 1998 sampai 20 Oktober 1999. Pengangkatan Habibie sebagai presiden ini memunculkan kontroversi di masyarakat. Pihak yang pro menganggap pengangkatan Habibie sudah konstitusional, sedangkan pihak yang kontra menganggap bahwa Habibie sebagai kelanjutan dari era Soeharto dan pengangkatannya dianggap tidak konstitusional.

Pengambilan sumpah beliau sebagai presiden dilakukan di Credential Room, Istana Merdeka. Dalam pidato yang pertama setelah pengangkatannya, B.J. Habibie menyampaikan hal-hal sebagai berikut : Mohon dukungan dari …