Skip to main content

Sekilas Tentang Soekarno (18 Agustus 1945 - 12 Maret 1967)

Kepala Pemerintahan Negara Republik Indonesia adalah Presiden. Presiden dibantu oleh Wakil Presiden dan para Menteri yang duduk dalam kabinet. Presiden pertama kali Negara Indonesia adalah Ir. Soekarno.

Soekarno dilahirkan di Blitar, Jawa fimur, pada tanggal 6 Juni 1901. Ayahnya bernama Raden Sukemi Sosrodiharjo yang masih terhitung bangsawan keturunan Sultan Kediri dan ibunya bemama Ida Ayu Nyoman Rai terhitung bangsawan Bali yang merupakan keponakan Raja Singaraja terakhir.

Foto Ir Soekarno presiden Indonesia pertama
Ir Soekarno presiden Indonesia pertama

Soekarno menempuh pendidikan dasar di kota Tulungagung, kemudian melanjutkan pendidikannya di Europeesche Lagere School (ELS) Mojokerto. Hoogere Burger School (HBS) Surabaya, dan seterusnya ke Technische Hoge School, kini Institut Teknologi Bandung (ITB) - di Bandung hingga tamat dan menyandang gelar Ingeniur atau Insinyur.

Debut politik pertamanya adalah ikut mendirikan Algemeene Studie Club di Bandung. Klub diskusi tersebut kemudian berubah menjadi Partai Nasional Indonesia (PNI) yang berdiri di Bandung pada tanggal 4 Juli 1927. Soekarno terpilih menjadi ketua PNI. Karena aktivitas politiknya dianggap membahayakan pemerintah kolonial Belanda,

Soekarno dipenjarakan dan juga diasingkan ke beberapa tempat, di antaranya Soekarno pemah dipenjarakan di penjara Sukamiskin, Bandung, dan juga diasingkan ke Endeh, Flores. Puncak karier politik Sukarno terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945 ketika ia bersama Drs. Mohammad Hatta memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.

Sehari kemudian, 18 Agustus 1945, Soekarno dilantik menjadi Presiden. Karier politik Presiden Soekarno mulai menembus level internasional. Setelah berhasil menyatukan segenap komponen bangsa Indonesia, ia berusaha menghimpun bangsa-bangsa Asia, Afrika, dan Amerika Latin dalam Konferensi Asia-Afrika yang diselenggarakan di Bandung pada tahun 1955. Konferensi Asia-Afrika kini berkembang menjadi Gerakan Non Blok.

Setelah pemberontakan G30S/PKI yang dilancarkan pada tanggal 30 September 1965 gagal. mayoritas rakyat Indonesia menghendaki dibubarkannya Partai Komunis Indonesia (PKI). Presiden Soekarno tidak memenuhi tuntutan tersebut. Pamor Presiden Soekarn pun meredup dan mencuatlah nama Pangkostrad (Panglima Komando Strategi Angkatan Darat) Mayor Jenderal Soeharto. Lewat Supersemar (Surat Perintah Sebelas Maret), Soekarno akhirnya menyerahkan kekuasaan kepada Soeharto pada tanggal 11 Maret 1966.

Baca juga:

Soekarno wafat di Jakarta pada tanggal 21 Juni 1970. Jenazahnya dimakamkan di Blitar, Jawa Timur.

Popular posts from this blog

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya - Seperti telah kita ketahui bahwa pulau Jawa merupakan pulau yang lebih padat penduduknya daripada pulau-pulau lain di Indonesia. Selain itu, Pulau Jawa Dwipa bisa dikatakan sebagai pusat sejarah peradaban sejak zaman kerajaan, sebagai contoh zaman Kerajaan Majapahit.
Pulau Jawa sampai saat admin menuliskan ini dibagi dalam 4 provinsi, yaitu Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Provinsi Jawa Timur. Masing-masing provinsi membawahi kabupaten dan kota administratif.
Pulau Jawa merupakan pulau yang subur makmur dengan batas-batasnya sebagai berikut: sebelah barat: Selat SundaSebelah timur: Selat Balisebelah utara: Laut Jawasebelah selatan: Samudera Indonesia/Samudera Hindia
Gambar Peta Pulau Jawa Mengacu pada judul di atas, kali ini sejarah negara akan melampirkan Peta Pulau Jawa yang meliputi Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur. Karena wilayahnya memanjang dari barat ke timur peta tersebut ukurannya …

Sebab umum dan sebab khusus Perang Diponegoro

Sejarah Nasional.Perang Diponegoro berlangsung selama lima tahun yaitu dari tahun 1825 hingga tahun 1830. Hal ini secara gamblang telah di bahas pada artikel Perang Diponegoro terjadi tahun 1825-1830. Untuk kali ini Sejarah Nasional dan Dunia akan membahas secara lebih spesifik tentang penyebab terjadinya perang tersebut.
Sebab terjadinya Perang Diponegoro dapat dibagi menjadi dua, yaitu sebab umum dan sebab khusus. Berikut pembahasannya.
Sebab umum Rakyat dibelit oleh berbagai bentuk pajak dan pungutan yang menjadi beban turun-temurun.Pihak keraton Jogjakarta tidak berdaya menghadapi campur tangan politik pemerintah kolonial.Kalangan keraton hidup mewah dan tidak mempedulikan penderitaan rakyat.
Sebab khusus Pangeran Diponegoro tersingkir dari elite kekuasaan, karena menolak berkompromi dengan pemerintah kolonial. Pangeran Diponegoro memilih mengasingkan diri ke Tegalrejo untuk memusatkan perhatian pada kehidupan keagamaan.Pemerintah kolonial melakukan provokasi dengan membuat jalan yan…

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie

Turunnya Soeharto dari jabatan kepresidenan pada tanggal 21 Mei 1998 menjadi awal lahirnya era Reformasi di Indonesia. Perkembangan politik ketika itu ditandai dengan pergantian presiden di Indonesia. Seperti telah di bahas pada Kronologi reformasi indonesia tahun 1998, bahwa Segera setelah Soeharto mengundurkan diri, Mahkamah Agung mengambil sumpah Baharuddin Jusuf Habibie sebagai presiden.

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie berlangsung dari tanggal 21 Mei 1998 sampai 20 Oktober 1999. Pengangkatan Habibie sebagai presiden ini memunculkan kontroversi di masyarakat. Pihak yang pro menganggap pengangkatan Habibie sudah konstitusional, sedangkan pihak yang kontra menganggap bahwa Habibie sebagai kelanjutan dari era Soeharto dan pengangkatannya dianggap tidak konstitusional.

Pengambilan sumpah beliau sebagai presiden dilakukan di Credential Room, Istana Merdeka. Dalam pidato yang pertama setelah pengangkatannya, B.J. Habibie menyampaikan hal-hal sebagai berikut : Mohon dukungan dari …