Feb 12, 2018

Pertambangan dan Industri Irak

Tags

Irak termasuk salah satu negara penghasil minyak terbesar di dunia. Minyak terutama dihasilkan dari tiga daerah, yaitu: ladang Kirkuk, Bay Hasan, dan Jabur; ladang Ayn Zalah dan Butman di barat laut Mosul; ladang Az Zubair dan Rumailah di selatan Basrah.

Minyak mentah dari utara disalurkan dengan pipa ke pelabuhan-pelabuhan di sekitar Laut Tengah, seperti pelabuhan Tarabulus (Tripoli di Libanon).

Sementara minyak dari selatan diekspor melalui Fao (Al Faw) dan terminal lepas pantai di Khawr al-Amayyah (Khor Amayya).

Minyak yang digunakan di Irak sendiri merupakan hasil dari kilang minyak di Dawrah (Daura) dekat Baghdad dan pusat-pusat lain.

Sumber-sumber mineral lainnya yang terdapat di negeri ini meliputi gipsum, bijih besi, krom, tembaga, timah, dan seng. Deposit belerang (sulfur) terdapat di Mishraq.

Irak memiliki stasiun pembangkit listrik tenaga panas di Baghdad, Basra, dan Dibbis pada Sungao Zab Kecil. Stasiun tenaga di Basra memanfaatkan gas alam dari Rumailah. Darband-eKhan dibangun pembangkit listrik tenaga air.

Foto kota Baghdad pusat Pertambangan dan Industri Irak

Industri Irak
Perindustrian Negara Irak umumnya dikendalikan oleh pemerintah. Pusat utama perindustrian adalah Baghdad, tetapi Basrah dan Mosul juga merupakan pusat industri yang penting.

Hasil industri bergeser dari batu bara dan semen ke perabot, tekstil, sabun, dan barang-barang metal. Industri tekstil (katun, wol, dan sutera) dan industri yute dipusatkan di Baghdad, Mosul, al-Kut, dan al-Hillah.

Qayyarah memiliki pabrik bitumen yang besar dan Mosul adalah daerah industri gula. Pupuk dibuat di Basrah. Banyak pabrik yang telah dibangun dengan bantuan teknisi asing, seperti pabrik peleburan baja dan pabrik peralatan elektronik di Baghdad serta pabrik mesin pertanian di al-Musayyib.

Meskipun industrialisasi telah berjalan, industri kecil atau kerajinan tangan masih memainkan peranan yang penting dalam ekonomi Irak.

Kaum wanita Kurdi dan Arab banyak bergerak di bidang permadani. Daerah yang berawa-rawa banyak memproduksi tikar yang terbuat dari sejenis buluh.

Daun kurma di sepanjang Sungai Shatt-el-Arab dibuat menjadi bahan untuk tempat tidur dan perabot rumah tangga. Di sepanjang Sungai Tigris Hilir, kerajinan perak merupakan salah satu mata pencaharian penting.

Sepatu kulit dan pakaian wol yang merupakan hasil industri rumah tangga banyak digunakan di daerah pedesaan, demikian juga perabot rumah tangga yang terbuat dari kayu.

Baca juga: Sejarah Pertanian di Negara Irak

Artikel Terkait

Tiada yang paling membahagiakan selain berbagi.