23 Maret James Cameron's Titanic memenangkan Academy Awards ke-11

Hari ini tanggal 23 Maret 1998 malam, James Cameron naik ke panggung untuk menerima Academy Award sebagai sutradara terbaik piala Oscar dominasi film blockbuster Titanic. Titanic menyapu rekor untuk nominasi Oscar 11 kategori, termasuk gambar terbaik didambakan. Titanic, sebuah film layar lebar yang menceritakan tenggelamnya sebuah kapal pesiar yang berlayar pada tahun 1912. Kapal yang mewah pada waktu itu menewaskan 1.514 orang, setelah menabrak gunung es di Atlantik Utara.

Pembuatan film Titanic semula dianggarkan dengan biaya $100 juta, Namun ternyata menghabiskan dana dua kali lipat dari anggaran semula, yaitu $200 juta. Sebuah maha karya yang mahal pada zamannya.

Cameron sang sutradara film Titanic dikenal sebagai orang yang diktator, pemarah dan berobsesi tinggi. Untuk menenggelamkan Titanic, kru film memasukkan 17 juta galon air ke dalam sebuah tangki. Pembuatan film ini dilakukan di Meksiko, sehingga kru maupun pemain film merasa berat karena dinginnya Samudra Pasifik.

Gambar ilustrasi adegan film Titanic
Salah satu adegan film Titanic

Tahun 1997, Titanic masuk menjadi film box office selama enam bulan, dan merupakan film pertama yang menghasilkan $1 miliar.

Titanic menuai banyak pujian, salah satunya adalah penerapan efek visual dan urutan adegan, terutama adegan pada jam-jam terakhir, yang menggambarkan tenggelamnya sebuah kapal mewah.

Namun sebaliknya, film ini juga menuai kritik, Kenneth Turan dari Los Angeles Times menulis bahwa film tersebut berbau kepalsuan dan kurang alami.

Pada malam Oscar, setelah menerima penghargaan patung sebagai sutradara terbaik, Cameron berbicara lantang bahwa Leonardo DiCaprio karakter di Titanic. Setelah itu, para pembuat film meminta hadirin untuk sedikit lebih tenang, meminta keheningan untuk mengenang lebih dari 1.500 orang tenggelam di Titanic.

Baca juga: 22 Maret 1942 Cripps dan Gandhi Bertemu
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel