24 Maret 1958 Elvis Presley Melaksanakan Wajib Militer

Ketika Elvis Presley 18 pada 8 Januari 1953, ia menggenapi tugas patriotik  dan kewajiban hukum untuk mendaftarkan nama ke Selective Service System, sehingga membuat dirinya memenuhi syarat untuk rancangan-nya. Perang Korea masih berlangsung pada waktu, tetapi sebagai mahasiswa dengan citra yang baik di L.C. Humes High School Memphis.

Elvis Presley Wajib Militer diantar orang tuanya gladys presley
Elvis Presley Wajib Militer


Elvis menerima penangguhan yang menahannya untuk menghadapi wajib militer di bulan-bulan akhir konflik tersebut. Elvis akhirnya mendapatkan penangguhan lain empat tahun kemudian, ketika nomor rancangan akhirnya datang, tapi kali ini untuk alasan yang sangat berbeda: untuk menyelesaikan syuting film Hollywood yang ketiga, King Creole. 


Dengan kewajiban itu digenapi, Pemerintah Amerika tidak menunggu lama lagi. Pada tanggal 24 Maret 1958, Elvis Presley akhirnya dinobatkan, memulai harinya sebagai raja Rock and roll, dan berakhir sebagai pribadi biasa di Angkatan Darat Amerika Serikat.

Manajer Elvis presley , "Kolonel" Tom Parker, membuat yakin untuk menyuruh seorang fotografer untuk mendokumentasikan setiap momen-momen besar, momen itu bermula pada Graceland sebelum pukul enam pagi. Foto menunjukkan Elvis mengenakan celana panjang gelap, kerah kemeja terbuka dan jas olahraga kotak-kotak , bersiap-siap untuk berangkat dari rumah dengan demikian pula ibu dan ayahnya berpakaian rapi  untuk melakukan perjalanan singkat ke pusat induksi di downtown Memphis. 

Elvis yang kala itu berusia berusia 23 tahun tampak fantastis, namun wajahnya tampak gugup tidak dapat mengkhianati perasaannya. Ekspresi datar wajah Gladys Presley dan lingkaran hitam di bawah matanya nampak emosional, bersiap-siap untuk mengirimkan anaknya untuk bertugas selama dua tahun jauh lebih lama daripada dia dan Elvis sebelumnya berpisah. 

Rupanya ini akan menjadi saat terakhir kalinya bahwa Elvis melihat ibunya dalam kesehatan yang baik, Ibunya didiagnosa menderita hepatitis dan dirawat di rumah sakit kemudian pada musim semi selama akhir pekan pertama ditinggalkan Elvis . 

Elvis diberikan cuti sekali lagi pada bulan Agustus untuk menghadiri pemakaman ibunya. Gladys Presley meninggal dunia pada tanggal 16 Agustus 1958, lalu empat minggu kemudian, Elvis dikirim ke Jerman.

Selama 2 tahun dalam militer, Elvis mengalami banyak perubahan besar. Di Jerman kelak Ia akan bertemu Priscilla Beaulieu yang saat itu berusia 14 tahun, dan mengamati idola-idola remaja baru yang mengambil alih scene pop di Amerika. 

Pada musim semi tahun 1960, Elvis kembali ke takhtanya sebagai King Of The Pop dan tahun tahun itu sangat kentara garis yang pemisah antara Elvis lama dan Elvis yang baru. Di belakang panggung saat menjadi tentara Elvis Presley Menulis catatan yang menjadi lagu seperti “That’s All Right (Mama)” and “Jailhouse Rock.” seiring dengan karya lagu "Aloha Oe," dan  “Pocketful of Rainbows,” serta  Film - film  like "Harum Scarum and Clambake".
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel