24 Maret 1989 Tumpahan Minyak Terburuk Sepanjang Sejarah Amerika

Exxon Valdez merupakan Kapal Tanker Raksasa yang menumpahkan minyak di lautan selatan Alaska, pada Maret 1989 dan ini merupakan tumpahan Minyak Terburuk sepanjang sejarah di Amerika. 

Exxon Corporation merupakan pemilik Exxon Valdez, dan Kapal ini kandas di sebuah batu karang di Prince William Sound di selatan Alaska. Ratusan burung Binatang dan biota laut terkontaminasi Tumpahan Minyak Ini, yang disinyalir mencemari sampai radius 700 Mil dari  Pantai. dan upaya untuk mencegah meluasnya pencemaran ini sia-sia.

Tercemarnya lautan Yang disebabkan tumpahan Minyak oleh kapal Exxon Valdez
Exxon Valdez penyebab tercemarnya Lautan Selatan Alaska

Kapten dari Kapal Exxon Valdez, Joseph Hazelwood bertanggung jawab atas kejadian ini karena Hazelwood Mabuk saat mengemudikan kapal. Hazelwood dijatuhi Hukuman atas kelalaian yang dilakukannya dan denda sebesar $50.000  pada Bulan Maret 1990.

Baca Juga : Amerika Serikat negara pertambangan dan perindustrian

Dewan keselamatan Transportasi nasional mengecam Exxon Corporation dan dibawah tekanan banyak kelompok pegiat lingkungan pada tahun 1991 Exxon Corporation dituntut denda $100 Juta dan $1 milyar untuk biaya pembersihan laut atas insiden yang telah mereka lakukan. 

Namun  di akhir 1991 tepatnya pada bulan oktober Si perusahaan minyak Raksasa ini dan pemerintah Alaska menolak tuntutan tersebut, Akhirnya Exxon membayar $25 Juta dan menyelesaikan masalah itu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel