28 Maret 1776 Juan Bautista De Anza menemukan San Francisco

Pada 28 Maret 1776 Juan Bautista de Anza, salah satu Penjelajah dari Dunia Barat yang tersohor di abad ke-18, tiba di situs masa depan San Francisco dengan 247 Kolonis.

Meskipun tidak begitu populer diantara para penjelajah Amerika karena asalnya dari Spanyol, namun prestasinya selevel dengan Lewis dan Clark, John Fremont, dan Kit Carson  yang notabene merupakan para pelopor Penjelajah dari dunia Barat. 

Juan Bautista De Anza penjelajah asal spanyol penemu san fransisco
Juan Bautista De Anza 

Anza Lahir dan dibesarkan di Meksiko, ia bergabung dengan satuan tentara ketika ia berusia 17 dan menjadi kapten tujuh tahun kemudian. Dia unggul sebagai pemimpin militer, menampilkan taktik jenius dalam sejumlah pertempuran dengan orang Indian Apache.

Pada tahun 1772, Anza membuat misi eksplorasi besar nya pertama, yang berat namun membuahkan hasil yang manis. Anza melakukan ekspedisi ke barat laut pantai Pasifik. Ekspedisi Anza dimulai dengan kesuksesannya yang pertama yaitu Menghubungkan antara wilayah negara bagian Meksiko dari Sonora dan California Utara. 


Terkesan dengan prestasi ini, Raja Muda Meksiko menugaskan Anza untuk kembali ke California dan mendirikan sebuah pemukiman permanen sepanjang pesisir Pasifik di Teluk San Francisco.

Meskipun perahu penjelajah Spanyol telah berlayar sepanjang pesisir California Utara selama abad 16 dan 17, Namun sejatinya keindahan alam di Teluk San Fransisco baru ditemukan pada tahun 1769. Spanyol sadar betul pentingnya strategi Teluk, meskipun itu adalah tujuh tahun sebelum  akhirnya Anza menancapkan klaim atas daerah tersebut.

Anza dan 247 kolonisnya tiba di situs masa depan San Francisco pada hari ini pada tahun 1776. Anza didirikan presidio, atau benteng militer, di ujung teluk San Francisco. Enam bulan kemudian, adalah seorang Pendeta Fransiskus-Spanyol yang mendirikan misi dekat presidio kemudian ia diberi nama daerah itu St. Francis of Assisi - dalam bahasa spanyol San Francisco de Asiacutes untuk menghormati pendeta tersebut.

Pos Depan paling utara dari Imperium Spanyol di Amerika, San Francisco merupakan sebuah pemukiman tetap yang tenang dan terpencil selama lebih dari setengah abad setelah Anza mendirikan pemukiman pertama. tidak sampai tahun 1830-an ekspansi Amerika Serikat mulai menyadari potensi komersial pelabuhan alami yang megah tersebut. 

Lahirlah perang Meksiko, AS mengambil alih California pada tahun 1848, meskipun masih hanya sebuah kota kecil dengan 900 pemukim pada waktu itu. Namun dengan penemuan emas tahun itu juga di Sutter's Fort, San Francisco menjadi begitu fenomenal. Pada tahun 1852, San Francisco adalah rumah bagi lebih dari 36.000 orang.

Anza, pendiri San Francisco tidak melihat perkembangan pesat tersebut. Karena Setelah mendirikan presidio San Francisco, Anza kembali ke Meksiko.Pada tahun 1777, ia diangkat sebagai Gubernur New Mexico, setelah negosiasi perjanjian damai dengan pemuka suku Indian yang setuju untuk bergabung dengan Spanyol untuk berperang pada Apache. 

Karena Kesehatannya menurun, Anza pensiun sebagai Gubernur tahun 1786 dan kembali ke Sonora. Ia meninggal dua tahun kemudian, di usianya yang baru 50 Tahun dan dikenang sebagai salah satu penjelajah dan tentara yang tersohor di  perbatasan utara Spanyol.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel