Skip to main content

28 Maret 1958 "Bapak Blues" William Christopher Handy Meninggal

WC Handy, merupakan salah satu tokoh yang paling penting dalam sejarah musik populer Amerika pada abad ke-20, meninggal di New York City pada tanggal 28 Maret 1958.

Dia menjadi terkenal secara internasional pada saat ia menulis memoarnya tahun 1941, "Father Of The Blues", atau "Bapak Blues" meskipun label "stepfather" atau "ayah tiri" lebih tepat untuk disematkan kepadanya yang berkiprah mengantarkan blues menjadi salah satu genre musik mainstream di Amerika pada waktu itu dan Pentingnya peran W.C Handy ini tidak bisa dianggap remeh.

Lahir di utara Alabama pada tahun 1873, Handy dibesarkan di Keluarga kelas menengah Afro-Amerika yang yang merencanakan Karirnya untuk bekerja di Gereja. Awalnya, Handy WC menulis kepada keluarga dan gurunya, "Menjadi seorang musisi sama halnya dengan menjual jiwa kepada setan."

william christopher handy bapak blues
william christopher handy

"Dengan segala perbedaan, leluhur saya memiliki satu kesamaan: jika mereka punya bakat musik apapun itu akan tetap selalu terpendam." Tulis William Christopher Handy dalam otobiografinya dalam membahas ketiadaan musik dalam hidupnya sebagai seorang anak-anak.  kemudian Handy muda memutuskan untuk mengambil risiko. 

Walaupun guru-guru Handy mungkin tidak dipertimbangkan karir Handy dalam bermusik, namun mereka membekalinya beberapa hal yang kelak dapat membantu karir bermusik Handy. Secara alami ia diberkati telinga yang fantastis, Handy diberi pelajaran mengenai notasi musik yang formal seperti anak sekolah pada umumnya.

"waktu itu aku belum genap sepuluh Tahun," tulisnya dalam Father of the Blues, aku bisa mengklasifikasi hampir semua suara yang datang ke telingaku, menggunakan sistem sol-fa tonik. Aku tahu nada-nada dari siulan "River boats on the Tennessee"


"Bahkan dengan melihat sapi pun itu akan menjadi notasi musik dalam pikiranku, dan dalam tahun-tahun berikutnya aku menulis memori ini dalam 'Hooking cow Blues.' " Handy terinfluence oleh musik-musik tradisional masyarakat kulit hitam yang ia dengar selama bertahun-tahun.

Sebagai seorang musisi yang melanglang buana, dia sangat berpengalaman mengolah nada - nada menarik secara akurat yang ia tuangkan dalam lembaran - lembaran musik. itulah kontribusi profesional dari Handy yang begitu besar. musik-musik yang dia buat itu kemudian bukan hanya "Blues" yang dimainkan juga oleh musisi profesional lainnya. 

tetapi ia juga menambahkan unsur-unsur musik fundamental dari Blues ke dalam kosa kata para komposer musik profesional. "The Memphis Blues" dan "St Louis Blues" adalah lagu yang paling terkenal yang dikompose oleh Handy Sendiri, warisan musiknya dapat didengar dalam karya-karya para komponis seperti George Gershwin dan Keith Richards.

Lebih dari 25.000 pelayat memenuhi jalan-jalan di sekitar Gereja Baptis Abyssinian Harlem untuk menghadiri pemakaman Handy WC, yang meninggal pada usia 85 pada hari ini di tahun 1958.

Popular posts from this blog

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya - Seperti telah kita ketahui bahwa pulau Jawa merupakan pulau yang lebih padat penduduknya daripada pulau-pulau lain di Indonesia. Selain itu, Pulau Jawa Dwipa bisa dikatakan sebagai pusat sejarah peradaban sejak zaman kerajaan, sebagai contoh zaman Kerajaan Majapahit.
Pulau Jawa sampai saat admin menuliskan ini dibagi dalam 4 provinsi, yaitu Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Provinsi Jawa Timur. Masing-masing provinsi membawahi kabupaten dan kota administratif.
Pulau Jawa merupakan pulau yang subur makmur dengan batas-batasnya sebagai berikut: sebelah barat: Selat SundaSebelah timur: Selat Balisebelah utara: Laut Jawasebelah selatan: Samudera Indonesia/Samudera Hindia
Gambar Peta Pulau Jawa Mengacu pada judul di atas, kali ini sejarah negara akan melampirkan Peta Pulau Jawa yang meliputi Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur. Karena wilayahnya memanjang dari barat ke timur peta tersebut ukurannya …

Sebab umum dan sebab khusus Perang Diponegoro

Sejarah Nasional.Perang Diponegoro berlangsung selama lima tahun yaitu dari tahun 1825 hingga tahun 1830. Hal ini secara gamblang telah di bahas pada artikel Perang Diponegoro terjadi tahun 1825-1830. Untuk kali ini Sejarah Nasional dan Dunia akan membahas secara lebih spesifik tentang penyebab terjadinya perang tersebut.
Sebab terjadinya Perang Diponegoro dapat dibagi menjadi dua, yaitu sebab umum dan sebab khusus. Berikut pembahasannya.
Sebab umum Rakyat dibelit oleh berbagai bentuk pajak dan pungutan yang menjadi beban turun-temurun.Pihak keraton Jogjakarta tidak berdaya menghadapi campur tangan politik pemerintah kolonial.Kalangan keraton hidup mewah dan tidak mempedulikan penderitaan rakyat.
Sebab khusus Pangeran Diponegoro tersingkir dari elite kekuasaan, karena menolak berkompromi dengan pemerintah kolonial. Pangeran Diponegoro memilih mengasingkan diri ke Tegalrejo untuk memusatkan perhatian pada kehidupan keagamaan.Pemerintah kolonial melakukan provokasi dengan membuat jalan yan…

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie

Turunnya Soeharto dari jabatan kepresidenan pada tanggal 21 Mei 1998 menjadi awal lahirnya era Reformasi di Indonesia. Perkembangan politik ketika itu ditandai dengan pergantian presiden di Indonesia. Seperti telah di bahas pada Kronologi reformasi indonesia tahun 1998, bahwa Segera setelah Soeharto mengundurkan diri, Mahkamah Agung mengambil sumpah Baharuddin Jusuf Habibie sebagai presiden.

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie berlangsung dari tanggal 21 Mei 1998 sampai 20 Oktober 1999. Pengangkatan Habibie sebagai presiden ini memunculkan kontroversi di masyarakat. Pihak yang pro menganggap pengangkatan Habibie sudah konstitusional, sedangkan pihak yang kontra menganggap bahwa Habibie sebagai kelanjutan dari era Soeharto dan pengangkatannya dianggap tidak konstitusional.

Pengambilan sumpah beliau sebagai presiden dilakukan di Credential Room, Istana Merdeka. Dalam pidato yang pertama setelah pengangkatannya, B.J. Habibie menyampaikan hal-hal sebagai berikut : Mohon dukungan dari …