28 Maret 1979 Bencana Nuklir Terburuk sepanjang sejarah Amerika Serikat

Kecelakaan nuklir paling serius dalam sejarah Amerika Serikat adalah di Pulau Three Mile dekat Harrisburg, Pennsylvania, pada hari ini 28 Maret Tahun 1979 disebabkan karena salah satu suhu reaktor terlalu panas. Untungnya, tidak ada korban dalam insiden tersebut.

Area Pengembangan Nuklir di Pulau Three Mile baru dimulai beberapa bulan sebelum insiden terjadi tepatnya pada tanggal 28 Desember 1978. insiden ini terjadi pukul 3:58 pagi pada 28 Maret ketika sebuah pompa yang menyuplai uap pada turbin listrik berhenti bekerja.

Kondisi ini mengakibatkan pompa sirkulasi air pecah dan hancur. Tanpa air, suhu reaktor naik drastis oleh karena itu katup darurat dibuka untuk menghentikan tekanan berbahaya dalam gedung. Sayangnya, katup tersebut kemudian tidak mau menutup.

Operator pabrik, tanpa pengalaman dalam menghadapi keadaan darurat, membuat kesalahan fatal yang menjadi sebab inti insiden ini. Katup lain dibuka untuk mengalirkan air dari sistem nuklir ke dalam tangki limbah pembuangan. Tetapi air ini meluap dan memecahkan tangki, air radioaktif tumpah membanjiri reaktor. 

pulau three miles tempat bencana nuklir terburuk sepanjang sejarah amerika serikat
pulau three miles tempat pengembangan nuklir 


Lebih buruk lagi, operator mematikan sistem pendinginan inti otomatis. akhirnya uap radioaktif keluar dari area pengembangan Nuklir. Selain itu, air radioaktif harus dilepas ke Sungai Susquehanna. Namun, pemerintah daerah yang tidak diberitahu sampai tiga Jam setelah insiden ini terjadi.



Berita tentang kejadian ini awalnya diremehkan. Tapi dalam beberapa hari, terjadi peningkatan level radiasi atas area four-county. Selain itu, Operator pabrik nuklir terus berusaha mengendalikan situasi genting tersebut. 

Gubernur Pennsylvania Richard Thornburgh mengarahkan untuk segera mengevakuasi anak kecil dan para wanita hamil ke daerah. Akhirnya, pada tanggal 31 Maret, pekerja pabrik mampu mengatasi masalah dan menyelamatkan Area tersebut dari ancaman kehancuran . Daerah tersebut dinyatakan aman pada April 9.

Penyidikan dan laporan mencatatkan serangkaian Human error yang menyebabkan kecelakaan tersebut. Pada Maret 1984 Metropolitan Edison Company mengaku bersalah dan secara sadar telah menggunakan metode uji yang tidak akurat sebelum melakukan pengembangan nuklir di daerah tersebut. 

Dari Musibah Pulau Three Mile itu juga dijadikan sorotan atas kurangnya perencanaan evakuasi bencana di daerah tersebut. Di Tahun yang sama setelah kecelakaan ini, bergulir kontroversi Apakah Peningkatan radiasi di Pulau Three Mile tersebut menyebabkan meningkatnya pengidap kanker dan kematian bayi.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel