30 Maret 1980 Anjungan Pengeboran minyak Lepas Pantai di Laut Utara Runtuh

Hari Ini 30 Maret 1980 Anjungan Pengeboran minyak Lepas Pantai di Laut Utara Runtuh. Tercatat 123 orang tewas tenggelam, semuanya merupakan pekerja di Platform bernama Alexander Kielland itu.

208 orang ditempatkan di Platform Alexander Kielland yang beroperasi di rig Edda dekat kilang Ekofisk, 235 mil Timur Dundee, Skotlandia. perusahaan minyak ini bekerjasama dengan Philips oil petroleum company dari Amerika Serikat yang Sebagian besar pekerjanya  dari Norwegia, meskipun beberapa Amerika dan Inggris. 

alexander kielland Pengeboran minyak Lepas Pantai di Laut Utara Runtuh
30 Maret 1980 Anjungan Pengeboran minyak Lepas Pantai di Laut Utara Runtuh
Platform, dilengkapi dengan dua ponton besar, memiliki kamar tidur, dapur dan lounge dan menyediakan tempat bersantai untuk para pekerja ketika mereka ketika tidak bertugas. Sekitar pukul 6:30 petang pada 30 Maret, sebagian besar penghuni platform tersebut berada di teater kecil untuk menonton film. Meskipun Laut Utara malam itu ada dalam kondisi Hujan badai, tak seorang pun menyangka bahwa gelombang besar akan meruntuhkan platform Alexander Kielland.


Insiden tersebut terjadi sangat cepat, Platform runtuh dalam waktu 15 menit , sehingga banyak dari para pekerja tidak mampu untuk menyelamatkan diri ke sekoci. Royal Air Force dari Britania Raya dan Militer Norwegia keduanya segera mengirim bantuan penyelamatan berupa helikopter, tapi cuaca buruk membuat mereka kesulitan untuk memberikan bantuan. 

Sebagian besar korban 123 tenggelam. Sebuah penyelidikan mengungkapkan bahwa terdapat retakan di salah satu pondasi utama dari platform tersebut yang menyebabkan keruntuhan. Alexander Kielland bediri selama tiga tahun sebelum Insiden itu terjadi.

Delapan tahun kemudian, kebakaran dan ledakan Piper Alpha oil rig di Laut Utara menewaskan 167 pekerja.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel