Fisiografi Negara Israel

Jika negara Israel ditelusuri dari barat ke timur, akan nampak tiga macam pemandangan, yaitu dataran pantai, pegunungan, dan Lekukan Ghor. Dataran pantai tersebut hanya terputus oleh Gunung Karmel, dan menjadi Dataran Syaron di sebelah selatan, serta Lembah Zevulun (Zebulon) di sebelah Gunung Karmel.

Dengan ketinggian 700 - 1.000 m, daerah pegunungan dapat dibagi atas pegunungan Negev, Pegunungan Yudea, Pegunungan Samaria, dan Pegunungan Galilea. Tiga pegunungan yang terakhir ini hampir seluruhnya terdiri dari batu kapur dan menampakkan ciri-ciri kawasan berbatu karst (banyak lubang air, gua, dan sebagainya).

Sedangkan di Pegunungan Negev hanya lapisan bawah tanah yang terdiri dari batu granit. Puncak-puncak tertinggi adalah Gunung Har Meron (1.208 m) dekat Zefad dan Gunung Har Ramon (1.035) di barat daya Pegunungan Negev.

Gambar Lembah Zin Pegunungan Negev, wilayah Israel
Lembah Zin Pegunungan Negev, wilayah negara Israel

Daerah pegunungan itu terputus di sebelah tenggara Haifa oleh dataran Yizreel yang menghubungkan Lembah Yordan dengan Laut Tengah. Lekukan Ghor (perpanjangan dari retakan yang berawal di segitiga Afar) mencakup Lembah Yordan di bagian utara dan Lembah Araba di selatan. Di uatara terletak Dataran Yam Kinneret (209 m di bawah permukaan laut), lebih ke selatan lagi terletak Laut Mati (394 m di bawah permukaan laut).

Satu-satunya sungai besar adalah Sungai Yordan yang sebagian bertepatan dengan garis perbatasan Yordania. Sungai-sungai lainnya semua pendek dan bermuara di Laut Tengah.

Iklim Negara Israel
Israel barat beriklim Laut Tengah dengan musim panas yang kering dan bersuhu tinggi, serta musim dingin yang sejuk dan basah. Lekukan Ghor yang terletak di sebelah timur mendapat curah hujan kurang dari 200 mm per tahun dan beriklim gurun pasir.

Pada musim panas, suhu (terutama di Lekukan Ghir) bisa mencapai 40 derajat celcius, yaitu jika dari arah timur bertiup angin padang pasir yang disebut sirocco.

Terik matahari selama musim panas agak diredam pada siang hari oleh angin laut yang bertiup dari arah barat. Pada malam hari acap kali suhu turun drastis, hingga terjadi kabut tebal. Dalam musim dingin hujan biasanya turun dalam tiga periode yaitu:
  • Pertama: hujan permulaan selama bulan Oktober dan November sesudah musim panas yang kering.
  • Kedua: hujan yang lebat sekali, diselingi dengan hari-hari yang cerah.
  • Ketiga: hujan terakhir dalam bulan Maret dan April. Curah hujan rata-rata 600 mm per tahun, dan semakin ke selatan atau pun ke timur curah hujan makin rendah.

Flora dan Fauna Negara Israel
Vegetasi di negara ini berkisar dari pohon ek (Quercus sp) yang hijau sepanjang tahun di utara hingga tumbuhan oleander, tamarisk, dan poplar (Populus sp) di sepanjang Sungai Yordan serta tumbuhan yang tahan kering di Pegunungan Negev.

Satwa liar sudah banyak sekali berkurang. Macan tutul masih bisa dijumpai dalam jumlah kecil, begitu juga beruang Suriah yang berwarna coklat. Jenis-jenis satwa lainnya adalah dubuk loreng, jakal, ichneumon, (luwak), landak, badger (sejenis lingsang), dan tikus buta (Spalax microphtalmus).

Burung-burung yang banyaknya sekitar 400 jenis di situ mencakup antara lain: burung gagak, burung hantu, burung bangkai, burung wagtail putih (Motacilla sp), burung gereja (Passer biblicus), ayam hutan, burung puyuh, camar, dan pelikan.

Baca juga: Sejarah Negara Israel
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel