Skip to main content

10 Obyek Wisata Unggulan Di Sumatera Utara

Sumatera Utara merupakan sebuah provinsi di Pulau Sumatera yang banyak dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Provinsi ini dikenal sebagai salah satu provinsi terbesar di Indonesia, wilayah memiliki potensi pawisata yang cukup mengagumkan.

Anda bisa menjumpai beragam pesona wisata, mulai dari wisata alam, budaya, sejarah, hingga kuliner khas. Semua hal ini tentu bisa Anda nikmati saat berlibur di Sumatera Utara. Tidak hanya menawarkan pesona wisata yang mengagumkan, tiap-tiap tempat wisata tersebut juga memiliki kisah serta keunikan yang menarik untuk diketahui.

Jika Anda berencana mengunjungi Sumatera Utara, inilah 10 obyek wisata unggulan di Sumatera Utara yang kami rekomendasikan, yaitu : Istana Maimun, Air Terjun Sipiso-piso, Masjid Raya Medan, Danau Toba, Penangkaran Buaya Asam Kumbang, Danau Linting, Salju Panas Dolok Tinggi Raja, Aek Sijornih, Hillpark Sibolangit / Green Hill City, dan Tangkahan.

Berikut ini adalah gambaran suasana obyek wisata tersebut secara global.

1. Istana Maimun
Istana Maimun saat ini sudah menjadi ikon kota Medan, Sumatera Utara yang merupakan sebuah peninggalan Kerajaan Deli. Sejak tahun 1946, istana tersebut dihuni oleh ahli waris kesultanan Deli. Istana dengan luas lebih dari 2,700 meter ini mempunyai lebih dari 30 buah ruangan dengan desain interior yang merupakan perpaduan budaya Melayu, Islam, Itali, Spanyol, dan Italia.

Gambar Istana Maimun Di Sumatera Utara
Istana Maimun Di Provinsi Sumatera Utara

Selain bisa asyik berfoto-foto di bangunan bersejarah ini, Anda juga bisa melihat-lihat koleksi perabotan Belanda kuno, koleksi foto-foto keluarga sultan, dan koleksi berbagai jenis senjata. Istana Maimun berlokasi di Jalan Brigjen Katamso, Kecamatan Medan Maimun, Medan.

2. Air Terjun Sipiso-piso
Air Terjun Sipiso-piso berada di dekat Desa Tongging, Sumatera Utara. Air Terjun Sipiso-piso dikelola sebagai salah satu obyek wisata di Sumatera Utara oleh Pemerintah Kabupaten Karo.

Gambar Air Terjun Sipiso-piso Di Sumatera Utara
Air Terjun Sipiso-piso Di Provinsi Sumatera Utara

Kata "piso" berasal dari kata pisau karena begitu derasnya air terjun ini bagaikan pisau yang tajam. Air Terjun Sipiso-piso adalah salah satu air terjun yang tertinggi di Indonesia.

Baca juga Tempat Wisata Di Aceh

3. Masjid Raya Medan
Masjid Raya Medan berlokasi di Medan, Sumatera Utara yang mulai dibangun pada tahun 1906 dengan gaya arsitektur campuran antara Timur Tengah, Spanyol, dan India. Masjid tersebut beralamat di Jalan Sisingamangaraja, salah satu jalan utama di Medan.

Gambar Masjid Raya Medan Sumatera Utara
Masjid Raya Medan Di Provinsi Sumatera Utara

Masjid Raya Medan sangat mudah ditemukan oleh wisatawan yang tertarik dengan keanggunan Masjid Raya Medan.

4. Danau Toba
Danau Toba merupakan danau yang paling populer di Indonesia karena luasnya dan keunikan yang berupa adanya sebuah pulau di tengah danau tersebut. Dengan panjang sekitar 100 Km dan lebar sektiar 30 Km.

Gambar Danau Toba Sumatera Utara
Danau Toba Di Provinsi Sumatera Utara

Danau Toba adalah danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara. Danau ini merupakan obyek wisata di Sumatera Utara yang paling terkenal, sehingga tidak usah kuatir jika Anda ingin menginap saat berkunjung ke sini, karena di sepanjang tepian danau ini banyak dijumpai penginapan.

5. Penangkaran Buaya Asam Kumbang
Penangkaran Buaya Asam Kumbang atau sering disebut sebagai Taman Buaya Asam Kumbang adalah sebuah  taman reptil yang paling besar di Indonesia yang dihuni oleh lebih dari 2,400 ekor reptil.

Gambar Penangkaran Buaya Asam Kumbang Sumatera Utara
Penangkaran Buaya Asam Kumbang Di Provinsi Sumatera Utara

Dibangun sejak tahun 1959, Penangkaran Buaya Asam Kumbang memiliki koleksi berbagai jenis buaya dari yang muda hingga yang berusia puluhan tahun. Walau dipenuhi banyak binatang buas, tempat tersebut sangat aman karena buaya-buaya tersebut diletakan di kolam dan danau buatan yang sudah di desain secara aman.

6. Danau Linting
Danau Linting tidak sepopuler Danau Toba, tetapi danau ini adalah salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang sangat menarik. Danau Linting adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran sekitar 1 hektar dan mengandung belerang sehingga warna airnya kehijauan.

Gambar Danau Linting Sumatera Utara
Danau Linting Di Provinsi Sumatera Utara

Jika Anda ingin berenang, dimohon berhati-hati, karena Danau Linting yang berlokasi di Kabupaten Deli Serdang ini berkedalaman lebih dari 100 meter.

7. Salju Panas Dolok Tinggi Raja
Tempat wisata ini berlokasi di Desa Dolok Tinggi Raja, Sumatera Utara. Salju Panas Dolok Tinggi Raja merupakan sebuah kawasan bukit kapur dengan warna yang unik. Mirip dengan sebuah danau, Salju Panas Dolok Tinggi Raja mempunyai warna tanah yang unik yaitu putih sehingga menyerupai salju.

Gambar Salju Panas Dolok Tinggi Raja Sumatera Utara
Salju Panas Dolok Tinggi Raja Di Provinsi Sumatera Utara

Selain itu, di tengah-tengah kawasan tersebut terdapat danau air panas yang berwarna biru kehijauan. Salju Panas Dolok Tinggi Raja merupakan salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang belum populer namun sangat menarik untuk dikunjungi.

8. Aek Sijornih
Aek Sijornih mungkin belum populer di telinga wisatawan, sebab tempat ini kurang mendapat perhatian oleh pemerintah. Aek Sijornih merupakan sebuah tempat wisata di Sumatera Utara berupa air terjun.

Gambar Aek Sijornih Sumatera Utara
Aek Sijornih Di Provinsi Sumatera Utara

Aek Sijornih adalah sebuah nama dari bahasa Batak yang mempunyai arti air jernih. Tempat wisata ini berlokasi di Desa Aek Libung. Aek Sijornih terdiri dari 2 buah air terjun berukuran kecil yang melewati tebing miring dengan kandungan kapur.

9. Hillpark Sibolangit/Green Hill City
Tempat wisata ini berlokasi di Desa Suka Makmur Sibolangit, Deli Serdang. Hillpark Sibolangit adalah sebuah taman rekreasi yang memiliki berbagai jenis permainan. Mirip dengan Dufan di Jakarta, Hillpark Sibolangit merupakan salah satu taman permainan yang terbesar di Sumatera dengan luas sekitar 20 hektar.

Gambar Hillpark Sibolangit / Green Hill City Sumatera Utara
Hillpark Sibolangit / Green Hill City Di Provinsi Sumatera Utara

Sesuai dengan namanya, Hillpark Sibolangit berada di daerah pegunungan yang memiliki ketinggian sekitar 550 meter di atas permukaan laut sehingga memiliki udara yang sejuk menyegarkan.

10. Tangkahan
Tangkahan adalah kawasan yang termasuk dalam Taman Nasional Gunung Leuser, Sumatera Utara. Dengan suasana alam yang mengagumkan, berupa tanah berbukit, hutan tropis yang rindang, dan suasana yang sejuk, Tangkahan sangatlah cocok untuk pecinta wisata alam.

Gambar Tangkahan Sumatera Utara
Tangkahan Di Provinsi Sumatera Utara

Kegiatan yang dapat Anda lakukan di Tangkahan adalah berenang, trekking, menaiki gajah, masuk goa kelelawar, bermain di air terjun, dan lain-lain kegiatan wisata yang menyenangkan.

Demikian pembahasan mengenai 10 Obyek Wisata Unggulan Di Sumatera Utara, semoga menjadi referensi Anda.

Provinsi Sumatera Utara selain kaya dengan obyek wisata yang mempesona, juga kaya dengan keanekaragaman budaya. Diantaranya adalah pakaian adat dan senjata tradisional.

Pakaian adat Sumatera Utara yang sarat makna, bisa Anda baca pada Pakaian Adat Sumatera Utara.

Sedangkan keunikan senjata tradisionalnya, silakan membaca Senjata Tradisional Sumatera Utara.

Terimakasih atas kunjungan Anda.

Popular posts from this blog

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya - Seperti telah kita ketahui bahwa pulau Jawa merupakan pulau yang lebih padat penduduknya daripada pulau-pulau lain di Indonesia. Selain itu, Pulau Jawa Dwipa bisa dikatakan sebagai pusat sejarah peradaban sejak zaman kerajaan, sebagai contoh zaman Kerajaan Majapahit.
Pulau Jawa sampai saat admin menuliskan ini dibagi dalam 4 provinsi, yaitu Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Provinsi Jawa Timur. Masing-masing provinsi membawahi kabupaten dan kota administratif.
Pulau Jawa merupakan pulau yang subur makmur dengan batas-batasnya sebagai berikut: sebelah barat: Selat SundaSebelah timur: Selat Balisebelah utara: Laut Jawasebelah selatan: Samudera Indonesia/Samudera Hindia
Gambar Peta Pulau Jawa Mengacu pada judul di atas, kali ini sejarah negara akan melampirkan Peta Pulau Jawa yang meliputi Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur. Karena wilayahnya memanjang dari barat ke timur peta tersebut ukurannya …

Sebab umum dan sebab khusus Perang Diponegoro

Sejarah Nasional.Perang Diponegoro berlangsung selama lima tahun yaitu dari tahun 1825 hingga tahun 1830. Hal ini secara gamblang telah di bahas pada artikel Perang Diponegoro terjadi tahun 1825-1830. Untuk kali ini Sejarah Nasional dan Dunia akan membahas secara lebih spesifik tentang penyebab terjadinya perang tersebut.
Sebab terjadinya Perang Diponegoro dapat dibagi menjadi dua, yaitu sebab umum dan sebab khusus. Berikut pembahasannya.
Sebab umum Rakyat dibelit oleh berbagai bentuk pajak dan pungutan yang menjadi beban turun-temurun.Pihak keraton Jogjakarta tidak berdaya menghadapi campur tangan politik pemerintah kolonial.Kalangan keraton hidup mewah dan tidak mempedulikan penderitaan rakyat.
Sebab khusus Pangeran Diponegoro tersingkir dari elite kekuasaan, karena menolak berkompromi dengan pemerintah kolonial. Pangeran Diponegoro memilih mengasingkan diri ke Tegalrejo untuk memusatkan perhatian pada kehidupan keagamaan.Pemerintah kolonial melakukan provokasi dengan membuat jalan yan…

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie

Turunnya Soeharto dari jabatan kepresidenan pada tanggal 21 Mei 1998 menjadi awal lahirnya era Reformasi di Indonesia. Perkembangan politik ketika itu ditandai dengan pergantian presiden di Indonesia. Seperti telah di bahas pada Kronologi reformasi indonesia tahun 1998, bahwa Segera setelah Soeharto mengundurkan diri, Mahkamah Agung mengambil sumpah Baharuddin Jusuf Habibie sebagai presiden.

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie berlangsung dari tanggal 21 Mei 1998 sampai 20 Oktober 1999. Pengangkatan Habibie sebagai presiden ini memunculkan kontroversi di masyarakat. Pihak yang pro menganggap pengangkatan Habibie sudah konstitusional, sedangkan pihak yang kontra menganggap bahwa Habibie sebagai kelanjutan dari era Soeharto dan pengangkatannya dianggap tidak konstitusional.

Pengambilan sumpah beliau sebagai presiden dilakukan di Credential Room, Istana Merdeka. Dalam pidato yang pertama setelah pengangkatannya, B.J. Habibie menyampaikan hal-hal sebagai berikut : Mohon dukungan dari …