Peta Dunia

3 Peta Laut Arktik

Laut Arktik atau tepatnya Samudera Arktik adalah samudera paling kecil dan paling dangkal di antara lima samudera yang ada di dunia. IHO (Organisasi Hidrografik Internasional) menganggap arktik sebagai samudera, tetapi para ahli samudera menyebutnya sebagai Laut Mediteranian Arktik atau Laut Arktik, dan mengelompokannya sebagai satu dari Laut Mediteranian yang tergabung dalam Samudra Atlantik.
Samudera Arktik adalah lautan yang terletak di belahan utara bumi dan mayoritas berada di wilayah Arktik Kutub Utara.
Di sepanjang tahun, sebagian dari samudera Arktik tertutup es. Suhu dan kadar garam wilayah ini bervariasi, tergantung apakah es sedang beku atau mencair. Kadar garam samudera arktik adalah terendah dibandingkan rata-rata lima samudera lainnya.
Hal ini disebabkan karena rendahnya penguapan dan terbatasnya air yang keluar dari samudera ini ke daerah sekitarnya dengan masukan air tawar ke samudera dalam jumlah yang besar. Es yang mencair di musim panas samudera arktik mencapai 50%.

Peta Laut Artik melingkar

Gambar Peta Laut Artik melingkar
Peta Laut Artik melingkar

Peta Laut Artik tampak dari satelit

Gambar Peta Laut Artik tampak dari satelit
Peta Laut Artik tampak dari satelit

Peta Wilayah Laut Arktik

Gambar Peta Laut Arktik
Peta Laut Arktik
Peta di atas diproduksi oleh Brad Cole dari Geology.com menggunakan data yang dilisensikan dari Sumber Daya Peta. Ini menggambarkan Samudra Arktik dan negara-negara yang berbatasan. Ini juga menunjukkan Lingkaran Arktik dan tingkat minimal dari lapisan es laut musim panas.