4 Senjata Tradisional Kalimantan Timur Yang Unik Dan Penjelasannya

Senjata Tradisional Kalimantan Timur - Kalimantan Timur mempunyai beberapa senjata tradisional yang terkenal yaitu Mandau, Bujak, Gayang, dan Sumpit. Senjata-senjata tersebut bisa kita saksikan di Museum Kutai. Tetapi tidak semua senjata ini kami jelaskan karena belum adanya  referensi ysng valid. Berikut ini penjelasannya secara rinci.

1.Mandau Senjata Tradisional Kalimantan Timur
Mandau merupakan senjata tradisional suku dayak yang dipergunakan oleh Raja-Raja atau kepala suku saja. Karena mandau diyakini merupakan senjata sakral yang sangat dijaga dan dirawat dengan baik oleh pemiliknya. Mandau adalah sejenis dengan parang, dengan panjang 50 cm.

Pada dasarnya, jenis-jenis Mandau pada semua Masyarakat Dayak mempunyai bentuk yang sama. Tetapi ada sedikit perbedaan bila dilihat dari sisi kelengkungan bilahnya, yaitu ada bilah yang agak condong ke belakang.

Gambar Mandau Senjata Tradisional Kalimantan Timur

Ciri-ciri tersebut yang membedakan antara Mandau Ilang yang hampir lurus, Mandau Langgi Tinggang yang melengkung kebelakang, Mandau Naibur yang memakai semacam pengait, hampir mirip dengan kembang kacang pada keris di dekat pangkalnya. Selain itu, ada pula jenis Mandau Pakagan dan Mandau Bayou yang masing-masing memiliki variasi bentuk tersendiri.

Berdasarkan perbedaan jenis dan bentuk hiasan yang ada pada mandau, akan diketahui bahwa mandau dengan ciri-ciri tertentu adalah milik Masyarakat Dayak Maayan, Dayak Mbalan, Dayak Bahau, Dayak Ngaju, atu sub suku Dayak lainnya.

Ciri khas yang melekat pada senjata tradisional ini yaitu pada ukiran-ukiran pada bilahnya yang tidak terlalu tajam. Banyak juga ditemui mandau dengan ukiran tambahan lubang pada bilahnya dengan ditutupi dengan tembaga dengan tujuan memperindah bilah mandau.

2.Bujak Senjata Tradisional Kalimantan Timur
Bujak adaah senjata tradisional khas Kaltim sejenis Tombak. Tangkainya terbuat dan kayu ulin dan matanya dari besii. Panjang Bujak kurang lebih tiga meter. Mata bujak diberi racun getah pohon ipuh untuk menambah efek mematikan. Bujak biasa digunakan untuk berburu, sedangkan bujak bercabang yang dikenal dengan nama serepang digunakan untuk menangkap ikan.

3.Gayang Senjata Tradisional Kalimantan Timur
Gayang adaah senjata tradisional suku Dayak Kadazandusun yang berbentuk menyerupai Mandau tetapi memiliki perbedaan dalam segi model bilah dan sarungnya yang melengkung semisal Parang Ilangnya Dayak Iban.

Gambar Gayang Senjata Tradisional Kalimantan Timur
Gayang Senjata Tradisional Kalimantan Timur

Dalam segi ukuran juga berbeda, Gayang berukuran lebih panjang daripada Mandau. Dalam pembuatan Gayang juga melalui ritual-ritual tertentu seperti pembuatan Mandau.


4.Sumpit Senjata Tradisional Kalimantan Timur
Sumpit adalah senjata tradisional Kalimantan pemakaiannya dengan cara ditiup. Senjata tradisional tersebut kerap dipakai untuk alat berburu dan untuk senjata perang.

Gambar Mandau Senjata Tradisional Kalimantan Timur
Mandau Senjata Tradisional Kalimantan Timur

Sumpit dibuat dari bilahan bambu sebagai batang Sumpit (pipa sumpit) dan damek  anak panah) yang dibuat dari bilah bambu, lidi aren atau dirap.

Demikian pembahasan mengenai 4 Senjata Tradisional Kalimantan Timur Yang Unik, semoga menambah pengetahuan kita tentang keanekaragaman budaya Nusantara khususnya senjata tradisional.

Untuk semakin menambah wawasan Anda akan kekayaan budaya Provinsi Kalimantan Timur, silakan membaca artikel dengan tema Pakaian Adat Kalimantan Timur.

Anda akan semakin mengenal wilayah provinsi Kalimantan Timur secara lebih rinci dengan menyimak Peta Kalimantan Timur.

Terimakasih atas kunjungan Anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

.Iklan Bawah Artikel