Skip to main content

Potensi Wisata Di Indonesia Lengkap 34 Provinsi

Di mata internasional, negara Indonesia terkenal dengan keunikan, keragaman serta keindahan alamnya. Kekayaan sumber daya alam yang dimiliki oleh Indonesia merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing. Mulai dari Sabang sampai Merauke Indonesia memiliki keindahan alam yang tidak dimiliki oleh negara lain.

Banyak sekali potensi wisata di Indonesia yang sudah terkenal sampai ke mancanegara seperti pantai Kuta, pantai Sanur, desa Ubud, dan Tanah Lot di Bali. Keunikan dan keindahan alam Indonesia, tidak hanya bisa dijumpai di Bali saja, tetapi ada banyak wilayah lainnya yang mungkin orang Indonesia sendiri belum mengetahui.

Dengan semangat cinta tanah air dan bangsa, kami akan mengajak Anda berkeliling Nusantara, mengungkap potensi wisata di 34 Provinsi Indonesia.

1. Potensi Wisata Di Aceh
Provinsi Aceh tidak hanya terkenal sebagai daerah yang taat beragama, kota yang bergelar Serambi Mekah ini juga memiliki kekayaan alam yang menawan dan eksotis. Wilayah Aceh berbatasan langsung dengan provinisi Sumatera Utara

Gambar Potensi Wisata Di Aceh
Potensi Wisata Di Provinsi Aceh

Wilayah Aceh terdiri dari satu pulau yang menyambung dengan pulau Sumatera dan beberapa pulau kecil seperti pulau We, pulau Breueh, pulau Nasi, pulau Bunta, dan pulau Teunom.

Tempat wisata di Provinsi Aceh yang antara lain : Gua Sarang, Ujung Seuke, Kuala Paret, Pantai Lampuuk, Gunung Seulawah Agam, Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan, Pulau Weh dan sebagainya.

Selengkapnya silakan membaca Tempat Wisata Di Aceh

2. Potensi Wisata Di Sumatera Utara
Provinsi Simatera Utara dikenal sebagai salah satu provinsi terbesar di Indonesia, daerah ini memiliki potensi wisata yang menawan. Anda bisa menemukan beragam pesona wisata, mulai dari wisata alam, budaya, sejarah, hingga kuliner khas. Semua hal tersebut tentu bisa Anda rasakan saat berlibur di Sumatera Utara.

Gambar Potensi Wisata Di Sumatera Utara
Potensi Wisata Di Provinsi Sumatera Utara

Obyek wisata di Pulau Sumatera yang banyak dikunjungi wisatawan antara lain : Salju Panas Tinggi Raja, Air Terjun Sipiso-piso, Taman Nasional Gunung Leuser, Pulau Samosir, Danau Toba, Rahmat International Wildlife Museum and Gallery, Pantai Sorake dan Pantai Lagundri, Green Hill City dan sebagainya.

3. Potensi Wisata Di Sumatera Barat
Sumatera barat adalah sebuah provinsi di Pulau Sumatera yang berada di pesisir selatan. Sumatera Barat yang sering di singkat Sumbar. Wilayah ini berada di barat bukit barisan sehingga mempunyai bentuk geografis yang bergelombang berupa perbukitan dan pegunungan.

Gambar Potensi Wisata Di Sumatera Barat
Potensi Wisata Di Provinsi Sumatera Barat

Kondisi alam seperti ini tentu menimbulkan beberapa obyek wisata yang sangat menawan, misalnya : Pantai Carolina, Lubuak Rantiang,  Pantai Padang, Jembatan Siti Nurbaya,  Pantai Pasir Jambak, Pantai Nirwana, Pantai Air Manis, Museum Adityawarman, Sitinjau Lauik,  Miniatur Makkah dan sebagainya.

4. Potensi Wisata Di Riau
Riau merupakan sebuah Provinsi yang berada di tengah pulau Sumatera dengan ibukota Pekanbaru. Provinsi ini memiliki 2 kota dan 10 kabupaten. Sedangkan untuk masyarakat yang mendiami provinsi ini mayoritas suku Minang, Melayu, Banjar, Tionghoa dan beberapa suku lainnya.

Gambar Potensi Wisata Di Riau
Potensi Wisata Di Provinsi Riau

Riau juga memilik tempat wisata yang tidak kalah menarik dengan provinsi lainnya di Indonesia. Diantaranya wisata alam, religi, budaya dan sejarah yang tersebar di kabupaten kota di Riau. Ada beberapa objek wisata Riau yang sudah mendunia, diantaranya objek wisata Bono dan kegiatan tahunan Bakar Tongkang.

Obyek wisata lainnya di Riau antara lain : Pulau Jemur, Pantai Rupat Utara Tanjung Medang, Istana Siak, Ulu Kasok, dan sebagainya.

5. Potensi Wisata Di Kepulauan Riau
Kepulauan Riau merupakan salah satu tujuan para wisatawan domestik maupun mancanegara. Karena Kepulauan Riau ini menjadi gerbang wisata dunia setelah Bali. Jadi tidak mengherankan bila cukup banyak wisatawan asing yang berkunjung setiap tahunnya. Apalagi dengan banyaknya jenis obyek wisata yang dimiliki oleh Provinsi Kepulauan Riau.

Gambar Tempat Wisata Di Kepulauan Riau
Tempat Wisata Di Provinsi Kepulauan Riau

Kira-kira 1,5 juta hingga 2 juta wisatawan asing tiap tahunnya berkunjung di Kepulauan Riau. Seperti halnya wisata bahari atau kepulauan yang memiliki gugusan pantai yang menawan menjadi pemikat para wisatawan untuk berkunjung. Belum lagi dengan banyaknya cagar budaya atau wisata budaya dan sejarah yang juga menjadi alternatif destinasi wisata yang dimiliki Kepulauan Riau.

Berbagai tempat wisata di Kepulauan Riau yang cukup terkenal dan membuat para wisatawan selalu kagum ketika mendatanginya antara lain : Air Terjun Gunung Bintan. Air Terjun Gunung Lengkuas, Aroma River Spa, Bintan Mangrove, Bukit Kerang, Bukit Pasir, Danau Biru, Gedung LAM Bintan dan masih banyak lagi yang lainnya.

6. Potensi Wisata Di Jambi
Jambi menawarkan aneka ragam obyek wisata pilihan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Selama ini Jambi terkenal dengan Kota Melayu, selain itu ternyata Jambi juga mempunyai banyak tempat wisata yang bernuansa alam yang eksotis.

Foto Masjid Al Falah Jambi
Masjid Al Falah di Provinsi Jambi

Berbagai obyek wisata di Jambi yang wajib Anda kunjungi diantaranya : Menara Gentala Arasy, Tugu Pers, Tugu Juang Sipin, Tugu Macan, Jambi Paradise, Jembatan Beatrix Sarolangun, Jembatan Pedestrian Gentala Arasy, Wisata Perahu Ketek Batanghari, Danau kaco, dan lain-lain.

7. Potensi Wisata Di Sumatera Selatan
Provinsi Sumatera Selatan adalah suatu daerah yang didalamnya terdapat banyak ragam obyek wisata yang menawan. Kota Palembang adalah ibu kota dari provinsi ini. Secara greografis provinsi Sumatera Selatan berbatasan dengan provinsi lain yaitu Jambi di sebelah utara, Lampung di sebelah selatan, Bangka Belitung di sebelah timur dan Bengkulu di sebelah barat.

Gambar Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin 1 Palembang
Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin 1 Palembang, Sumatera Selatan

Kota Palembang pada jaman dahulu adalah menjadi pusat Kerajaan Sriwijaya. Selain itu, provinsi ini kaya akan sumber daya alamnya seperti gas alam, batu bara, minyak bumi dan sebagainya. Letak Provinsi Sumatera Selatan memliki beberapa tempat wisata unggulan serta termasuk kedalam wisata favorit di Indonesia.

Beberapa tempat wisata favorit di Sumatera Selatan diantaranya adalah : Pulau Kemaro, Jembatan Ampera, Air Terjun Bidadari, Air Terjun Curup Maung, Air Terjun Lematang Indah, Arung Jeram Sungai Manna, Kawah Tengkurep, Taman Kambang Iwak, Danau Ranau, Kebun Binatang Sriwijaya, dan masih banyak lagi yang lainnya.

8. Potensi Wisata Di Bangka Belitung
Provinsi Bangka Belitung adalah sebuah provinsi yang terdiri dari 2 pulau utama, yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Bangka Belitung merupakan sebuah wilayah kepulauan dengan 470 buah pulau, dimana hanya 50 pulau yang berpenghuni..

Foto Pantai Tikus di Bangka
Pantai Tikus di Provinsi Bangka - Belitung

Kepulauan Bangka Belitung terkenal sebagai daerah penghasil timah terbesar di Indonesia. Di samping itu, masyarakat Bangka Belitung mayoritas berasal dari masyarakat Indonesia etnis China. Oleh sebab itu saat kita mengelilingi tempat wisata di Pulau Bangka Belitung, kita akan banyak menemui kelenteng sebagai tempat ibadah mereka.

Pesona kepulauan Bangka Belitung yang kaya akan obyek wisata bahari mampu menarik hati wisatawan. Karakterisitik pantai dihiasi dengan bebatuan granit unik serta permukaan pantai yang landai. Hal inilah yang membuat objek wisata Bangka Belitung sangat dikenal oleh masyarakat luas.

Potensi wisata di Bangka Belitung yang harus Anda ketahui antara lain : Gunung Menumbing, Pantai Parai Tenggiri, Pulau Memperak, Pantai Tikus, Pantai Penyusuk, Pantai Pasir Padi, Pulau Lengkuas, Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Tanjung Pesona, Pantai Tanjung Tinggi, dan masih banyak obek wisata yang mempesona lainnya.

9. Potensi Wisata Di Bengkulu
Provinsi Bengkulu adalah salah satu provinsi di Indonesia dengan ibu kota Bengkulu. Provinsi Bengkulu memiliki luas wilayah sebesar 151,7 km² . Suku-suku bangsa yang mendiami Provinsi Bengkulu dikelompokkan menjadi suku asli dan pendatang, meskipun sekarang kedua kelompok ini sudah berakulturasi.

Foto Rumah Pengasingan Bung Karno Bengkulu
Rumah Pengasingan Bung Karno tempat wisata bersejarah di Provinsi Bengkulu

Bengkulu memiliki potensi wisata yang beragam dan sangat indah, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata kuliner serta wisata budaya.

Beberapa tempat wisata di provinsi Bengkulu yang bisa menjadi refrensi anda antara lain : Pantai Panjang, Bunga Rafflesia, Bukit Kaba, Benteng Marlborought, Kebun Teh Kabawetan, Rumah Bung Karno, Pantai Sungai Suci, Pulau Tikus, Danau Mas Harun Bastari, Danau Dendam Tak Sudah dan masih banyak yang lainnya.

10. Potensi Wisata Di Lampung
Lampung merupakan sebuah destinasi wisata dengan kekayaan alam yang tersembunyi. Lokasinya yang ada di bagian selatan Pulau Sumatra ini, mempunyai obyek wisata yang beragam, wisata alam dengan  panorama memukau menjadi obyek wisata yang dominan di wilayah ini. Udara pegunungan yang segar atau cuaca cerah di tepi pantai sebuah pulau yang indah merupakan tempat yang indah untuk dikunjungi.

Foto Pantai Dewi Mandapa Lampung
Pantai Dewi Mandapa Tempat Wisata di Provinsi Lampung

Potensi wisata di Lampung antara lain : Pulau Pahawang, Taman Nasional Way Kambas, Air Terjun Curup Tujuh, Pantai Pasir Putih, Air Terjun Putri Malu, Gunung Krakatau, Teluk Kiluan, Pulau Condong, dan obyek wisata menawan yang lainnya.

11. Potensi Wisata Di DKI Jakarta
Jakarta adalah ibukota negara Indonesia yang menawarkan destinasi wisata yang sangat lengkap, mulai dari wisata sejarah, kuliner, alam, ekstrem, hingga wisata belanja, semua tersedia di Jakarta. Hal yang paling menonjol dari pariwisata Kota Jakarta adalah sejarah dan belanja.

Foto Wisata Pulau Tidung
Wisata Pulau Tidung di DKI Jakarta

Sebagai pusat pemerintahan sejak sebelum Indonesia merdeka, Jakarta memiliki banyak sekali kekayaan sejarah yang kini dapat dinikmati sebagai objek wisata.

Di sisi lain, Jakarta sebagai kota megapolitan membuatnya mempunyai banyak sekali tempat belanja. Wisatawan yang ingin belanja dalam suasana merakyat, bisa main ke pasar yang jumlahnya ratusan. Bagi yang lebih suka berbelanja dalam balutan suasana modern, bisa singgah ke salah satu dari 200 lebih mal yang tersebar di berbagai titik ibukota.

Beberapa tempat wisata di Jakarta yang harus Anda masukkan dalam daftar perjalanan antara lain : Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Dunia Fantasi (Dufan), Seaworld Ancol, Atlantis Water Adventure, Ocean Dream Ancol, Waterbom Jakarta, SnowBay Waterpark, Pantai Ancol, Ocean Ecopark, Kepulauan Seribu, dan masih banyak destinasi wisata di Jakarta yang lainnya.

12. Potensi Wisata Di Jawa Barat
Jawa Barat memiliki udara yang sejuk karena dikelilingi oleh pegunungan, membuat kawasan ini mempunyai tempat wisata indah yang elok dan menawan. Di wilayah tersebut tidak hanya terdapat wisata alam, namun juga terdapat daya tarik wisata lainnya berupa wisata budaya, kuliner, pantai serta tempat hiburan berkonsep unik.

Foto Pantai Pangandaran Jawa Barat
Pantai Pangandaran di Provinsi Jawa Barat

Hal Inilah yang membuat wisatawan tidak pernah bosan untuk menjelajahi berbagai tempat wisata menarik di wilayah Jawa Barat. Banyaknya tempat wisata di Jawa Barat justru membuat para wisatawan bingung menentukan prioritas tempat wisata mana yang akan dikunjungi.

Beberapa destinasi wisata di Jawa Barat yang pantas Anda jadikan referensi adalah : Kawah Putih, Stone Garden, Green Canyon, Curug Cikaso, Alam Panenjoan, Bukit Panembongan, Kampung Karuhun, D’Jungle Private Camp, Pantai Ujung Genteng, Kampung Naga, dan masih banyak yang lainnya.

13. Potensi Wisata Di Banten
Provinsi Banten terletak 8 derajat di selatan garis katulistiwa, Banten memiliki iklim tropis dengan 2 musim yaitu hujan dan kemarau, dengan suhu udara rata-rata 28 derajat celcius. Bagian selatan wilayah Banten merupakan daerah berbukit yang landai, sedangkan bagian utara merupakan daerah dataran rendah/pantai. Hasil utama banten diantaranya pertanian, berkebunan dan industri.

Foto Pantai Sawarna Banten
Pantai Sawarna di Provinsi Banten

Destinasi wisata utama di Banten adalah Anyer. Desa kecil yang sunyi berubah menjadi daeraj tujuan wisata karena pantainya yang indah berpasir putih dan adanya sejumlah tempat rekreasi, terutama wisata air seperti, surfing, diving, dan lain-lain.

Obyek wisata di Banten lainnya antara lain : Mesjid Agung Banten, Taman Nasional Ujung Kulon, Panorama Gunung Krakatau, Pantai Anyer, Pantai Sawarna, Masyarakat Baduy dan Cisungsang. dan sebagainya.

14. Potensi Wisata Di Jawa Tengah
Jawa Tengah adalah salah satu provinsi di Indonesia yang dianugerahi begitu banyak keistimewaan. Selain kaya akan kebudayaan dan adat istiadat, provinsi yang berbatasan langsung dengan Jawa Barat, Jawa Timur, serta Daerah Istimewa Yogyakarta ini juga memiliki bentang alam yang menawan.

Foto Dataran tinggi Dieng Jawa Tengah
Dataran tinggi Dieng di Provinsi Jawa Tengah

Jawa Tengah memiliki beraneka ragam jenis destinasi wisata, mulai dari wisata kuliner, wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya hingga wisata keluarga. Bagi Anda yang berdomisili baik di Jawa Tengah maupun di luar provinsi ini tentunya akan sedikit bingung ketika ingin memutuskan untuk berlibur.

Tempat wisata di Jawa Tengah yang eksotis antara lain : Candi Borobudur, Candi Prambanan, Puri Maerokoco, Kota Lama, Lawang Sewu, Masjid Agung Jawa Tengah, Grojogan Sewu Tawangmangu, Kampung Batik Laweyan, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Umbul Ponggok, Pantai Karang Bolong dan tempat wisata menarik yang lainnya.

15. Potensi Wisata Di Daerah Istimewa Yogyakarta
Yogyakarta atau jogja dikenal sebagai pusat budaya dan seni di Indonesia, Selain digemari karena budaya Jawa-nya yang kental, Jogja juga terkenal dengan destinasi wisata paling populer di Indonesia.

Foto Wisata Goa Pindul Yogyakarta
Wisata Goa Pindul Daerah Istimewa Yogyakarta

Ada banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi di Yogyakarta, baik objek wisata bersejarah maupun objek wisata moderen yang sedang hits, khususnya di kalangan anak muda. Jika Anda ingin berkunjung ke Yogyakarta, ada baiknya menyusun rencana perjalanan dengan matang terlebih dahulu.

Destinasi wisata di Jogjakarta yang lagi hits antara lain : Yogyakarta Bay Pirates Adventures Waterpark, Museum Affandi, Museum Ullen Sentalu, Blue Lagoon (Pemandian Tirta Budi), Kampung Teletubbies, Monumen Yogyakarta Kembali, Candi Sambisari, Tebing Breksi, Desa Wisata Ketingan, Candi Ijo. dan berbagai obyek wisata menawan yang lainnya.

16. Potensi Wisata Di Jawa Timur
Jawa Timur bisa dikatakan sebagai sebuah provinsi dengan destinasi wisata yang lengkap. Berbagai obyek wisata bisa kita temukan, mulai dari wisata bentang alam, wisata budaya, wisata sejarah, hingga wisata kulinernya yang khas.

Foto Gunung Bromo Jawa Timur
Gunung Bromo di Provinsi Jawa Timur

Obyek wisata di Jawa Timur yang bisa Anda kunjungi antara lain : Gunung Bromo, Ranu Kumbolo, Agrowisata, Inggil Museum Resto. Air Terjun Madakaripura, Telaga Sarangan, Kawah Ijen, Taman Nasional Baluran, Pantai Pasir Putih, Pantai Klayar, Goa Gong, dan tempat wisata menawan lainnya di Jawa Timur.

17. Potensi Wisata di Bali
Nama Bali sudah sangat populer bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia. Harus diakui, bahwa Bali adalah primadona pariwisata Indonesia, bahkan tingkat kemajuan industri pariwisata Bali turut memberikan kontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Berkembangnya industri pariwisata di Bali tidak lepas dari petonsi wisata yang dimiliki kawasan ini.

Foto Tempat Wisata di Provinsi Bali
Tempat Wisata di Provinsi Bali

Selain memiliki keindahan alam yang mempesona, baik di daerah pantai maupun dataran tinggi, Bali juga mempunyai peninggalan sejarah yang teramat penting. Berbagai situs sejarah, terutama bangunan keagamaan menjadi salah satu potensi yang cukup besar untuk sektor pariwisata.

Bali juga memiliki budaya khas yang cukup unik dan terus dipelihara turun-temurun. Kuatnya budaya Bali inilah yang menjadi sebab utama perkembangan industri pariwisata. Keunikan dan kekhasan budaya Bali ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, dan budaya inilah daya tarik yang tidak tergantikan.

Tempat wisata di Bali sangat banyak dan beragam, antara lain : Tanah Lot, Pantai Kuta, Pasar Badung, Pasar Sukawati, Museum Pasifika, Museum Bali, Pura Besakih, Pura Tirta Empul, Gunung Agung, Gunung Batur. Pulau Penyu, Air Terjun Gitgit, Gua Gajah, Bali Bird Park, Elephant Safari Park, Taman Kupu-Kupu Bali. Kebun Raya Bedugul. dan masih banyak surga wisata lainnya di Bali.

18. Potensi Wisata Di Nusa Tenggara Barat
Nusa Tenggara Barat atau NTB merupakan sebuah Propinsi di timur Indonesia yang berada di tengah-tengah antara Propinsi Bali dan tetangganya yaitu Propinsi Nusa Tenggara Timur atau NTT.

Foto Pura Batu Bolong
Pura Batu Bolong di Lombok NTB

Jika kita mendengar nama NTB, yang ada di benak kita pertama kali pastilah Pulau Lombok yang menawan itu. Tidak bisa di pungkiri bahwa Pulau Lombok adalah salah satu pulau paling terkenal akan keindahan alam serta budayanya yamg berkontribusi besar bagi kemajuan propinsi Nusa Tenggara Barat.

Selain pulau Lombok yang populer tersbut, masih banyak lagi pulau lain yang bagus dan terkenal di Propinsi Nusa Tenggara Barat, misalnya : Pulau Moyo, Pulau Sumbawa, Gili-Gili dan yang lainnya.

Destinasi wisata di NTB yang populer antara lain : Gunung Rinjani, Air Terjun Mata Jitu, Pantai Ai Manis, Rumah Adat Sade, Pantai Senggigi, Pantai Kuta, PinkBeach, Pura Batu Bolong, Gili, Tanjung Aan, Desert Point, dan obyek wisata yang menawan di NTB lainnya.

19. Potensi Wisata Di Nusa Tenggara Timur
Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang berada di sebelah timur Indonesia. Meskipun Provinsi ini berada di daerah timur tetapi banyak sekali destinasi wisatanya yang sudah menjadi bagian dalam obyek wisata di Indonesia.

Foto Danau Kalimutu NTT
Danau Kalimutu di Provinsi NTT

Provinsi Nusa Tenggara Timur sangat kaya akan berbagai macam objek wisata yang tak kalah menarik dengan objek wisata lainnya di Nusantara. Jika kita berkunjung ke salah satu tempat wisata di Nusa Tenggara Timur maka kita akan takjub akan keindahannya.

Objek wisata yang populer di provinsi ini adalah objek wisata alam, hal ini dikarenakan memang pulau ini memiliki keindahan alam yang sungguh mempesona dan sangat menakjubkan.

Beberapa tempat wisata di NTT antara lain : Danau Kelimutu, Taman Nasional Pulau Komodo, Pantai Lasiana, Pulau Padar, Goa Batu Cermin, Manta Point Labuan Bajo, Gili Laba, Pulau Alor, Air Terjun Oehala, Air Terjun Cunca Wulang, dan masih banyak yang lainnya.

20. Potensi Wisata Di Kalimantan Barat
Kalimantan Barat merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang berada di Pulau Kalimantan dengan ibu kota Provinsi Kota Pontianak.  Kalimantan Barat mempunyai luas 146.807 km² (7,53% luas Indonesia), menjadikannya provinsi terluas ke-4setelah Papua, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

Foto Sungai Kapuas Kalimantan Barat
Sungai Kapuas malam hari di Provinsi Kalimantan Barat

Daerah Kalimantan Barat termasuk diantara daerah yang dijuluki provinsi “Seribu Sungai”.  Sebutan ini selaras dengan kondisi geografisnya yang memiliki ratusan sungai besar dan kecil yang di antaranya dapat dilayari.  Selain memiliki banyak sungai, di Kalimantan Barat juga banyak terdapat ‘surga’ tersembunyi yang layak menjadi tempat wisata favorit.

Potensi wisata di Kalimantan Barat antara lain : Bukit Penjamur Bengkayang, Air Terjun Mananggar, Danau Sentarum, Bukit Kelam, Pantai Temajuk, Pulau Selimpai, Sungai Kapuas, dan tempat wisata lainnya yang mempesona,

21. Potensi Wisata Di Kalmantan Tengah
Kalimantan Tengah adalah provinsi di Pulau Kalimantan dengan ibukota Palangkaraya. Provinsi ini mempunyai berbagai flora dan fauna menarik yang terbaik di Indonesia.

Kalimantan Tengah  adalah salah satu dari 34 provinsi di Indonesia yang memiliki pemandangan yang indah. Yang merupakan karakteristik dari provinsi ini yaitu hamparan hutan hujan tropis dengan iklim yang panas dan lembab , sehingga wisatawan akan memasuki wilayah yang cukup hijau dan sejuk .

Provinsi Kalimantan Tengah memiliki luas sekitar 157,983 km persegi. Sebagai provinsi terbesar di Kalimantan, Kalimantan Tengah memiliki beberapa tempat wisata yang indah jika dieksplorasi dengan baik, akan membuat tujuan wisata baru dikunjungi oleh lokal dan wisatawan asing.

Obyek wisata di Kalimantan Tengah yang terkenal antara lain : Taman Nasional Tanjung Puting, Taman Kumkum, Sebangau National Park, Danau Tahai, Nyaru Menteng Arboretum, Pantai Ujung Pandaran. dan sebagainya.

22. Potensi Wisata Di Kalimantan Selatan
Kalimantan Selatan merupakan salah satu daerah yang menawarkan beragam keindahan alam yang sangat eksotis dan juga masih sangat asri. Kalimantan Selatan juga merupakan provinsi yang banyak di jadikan sebagai destinasi wisata karena keindahan alamnya.

Foto Danau Seran Kalimantan Selatan
Danau Seran Provinsi Kalimantan Selatan

Obyek wisata alam yang indah di Kalimantan Selatan antara lai : Bamboo Rafting Sungai Amandit, Pantai Angsana, Air Terjun Bajuin, Air Panas Hantakan,Bukit Rimpi, dan tempat wisata unik yang lainnya.

23. Potensi Wisata Di Kalimantan Timur
Provinsi Kalimantan Timur yang beribu kota di Samarinda menyimpan potensi wisata yang tidak kalah menakjubkan dibanding provinsi-provinsi lain di Indonesia. Provinsi tersebut berbatasan langsung dengan Malaysia, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Sulawesi dengan total luas wilayah sepanjang 245.238 km².

Foto Goa Losan Kalimantan Timur
Goa Losan di Provinsi Kalimantan Timur

Di sebelah timur Provinsi Kalimantan Timur, membentang langsung Selat Makassar yang memisahkan Pulau Kalimantan dan Pulau Sulawesi.  Wisata Kalimantan Timur banyak memiliki kekayaan flora dan fauna, terdapat sekitar 1000-189.000 jenis tumbuhan dan hewan yang bisa ditemui di wilayah ini.

Destinasi wisata di KallimantanTimur dantaranya adalah : Danau Jempang, Batu Dinding, Kawasan Wisata Bukit Bingkirai, Goa Losan, Jantur Inar, Pantai Melawai, Pulau Beras Basah, dan lain-lain.

24. Potensi Wisata Di Kalimantan Utara
Pada tahun 2012 tepatnya di bulan Oktober Kalimantan Utara telah resmi menjadi daerah otonom yang sebelumnya menjadi bagian provinsi Kalimantan Timur. Kaltara menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia, yaitu dengan negara bagian Serawak dan Sabah.

Foto Wisata Semolon Kalimantan Utara
Wisata Semolon Provinsi Kalimantan Utara

Dengan demikian potensinya sungguh luar biasa terutama di sektor pariwisata, dengan menjadi pintu gerbang masuknya wisatawan asing dari Malaysia bisa menambahkan PAD bagi Kalimantan Utara. Sudah pasti perbaikan pada tempat wisata di Kalimantan Utara juga harus lebih diperhatikan.

Beberapa tempat wisata di Kaltara yang bisa Anda jadikan sebagai bahan referensi antara lain : Air Terjun Binusan, Air Terjun Krayan, Air Terjun Sianak, Air Terjun Ubol Alung, Alun-Alun Kota Nunukan, Bukit Damai, Giram Luyu, Islamic Center Nunukan, Kebun Raya Binusan, dan tempat wisata mempesona lainnya di Kaltara.

25. Potensi Wisata Di Sulawesi Utara
Sulawesi Utara merupakan salah satu provinsi yang berada di Indonesia. Jika kita melihat peta Indonesia tepatnya di bagian Pulau Sulawesi, kita akan mendapatkan provinsi Sulawesi Utara yang terletak di ujung Pulau. Daerah Sulawesi Utara mempunyai 15 kabupaten/kota yang terdiri dari 11 kabupaten dan 4 kota.

Foto Taman Laut Bunaken Sulawesi Utara
Taman Laut Bunaken Provinsi Sulawesi Utara

Sulawesi Utara berbatasan langsung dengan provinsi Gorontalo, yang merupakan hasil dari pemekaran dari provinsi Sulawesi. Sebagaimana halnya daerah lainnya, Sulawesi Utara yang  luas wilayahnya sekitar 15.376 km persegi, memiliki tempat wisata yang beragam.

Tempat wisata tersebut antara lain : Danau Tondano, Pulau Bunaken, Bukit Kasih Kanonang, Bukit Doa Tomohon, Danau Linow, Pulau Lihaga, Pantai Lakban, Gunung Api Mahangetang, Taman Nasional Tangkoko, dan destinasi wisata menawan lainnya di Sulawesi Utara.

26. Potensi Wisata Di Sulawesi Barat
Sulawesi Barat mempunyai banyak sekali destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata pantai, wisata budaya hingga wisata kuliner semuanya memiliki daya tarik dan keunikan masing-masing.

Foto Wisata Di Sulawesi Barat
Wisata Di Provinsi Sulawesi Barat

Destinasi wisata yang populer di Sulawesi Barat diantaranya adalah : Pantai Manakarra, Pulau Karampuang, Air Terjun Tamasapi, Pesta Pattudu, Air Terjun Indo Rannuang, Pantai Lombang-lombang, Pantai Palippis, Pantai Dato, Pantai Mampie, Pantai Gonda, dan destinasi wisata lainnya di Sulawesi Barat.

27. Potensi Wisata Di Sulawesi Tengah
Mungkin selama ini yang terkenal dari Pulau Sulawesi hanyalah Makassar, yang terletak di Sulawesi Selatan. Padahal Sulawesi Tengah juga memiliki potensi wisata yang tidak kalah menakjubkan. Provinsi Sulawesi Tengah ini ternyata telah populer di kalangan wisatawan asing akan keindahan alamanya.

Foto Benteng Keraton Buton Sulawesi Tengah
Benteng Keraton Buton di Provinsi Sulawesi Tengah

Sulawesi tengah merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang dilewati oleh garis khatulistiwa. Karena itulah jika Anda berkunjung ke daerah ini, maka Anda akan banyak mendapatkan berbagai macam objek wisata bertemakan alam yang eksotis.

Beberapa tempat wisata di Sulawesi Tengah antara lain : Pusentasi, Pantai Talise, Jembatan Palu, Gunung Gawalise, Air Terjun Saluopa, Pantai Tanjung Karang, Taman Nasional Lore Lindu, Tugu Perdamaian, Danau Poso, Kepulauan Togean, dan masiih banyak lagi yang lainnya.

28. Potensi Wisata Di Sulawesi Tenggara
Provinsi Sulawesi Tenggara mempunyai banyak potensi wisata mempesona yang patut untuk Anda kunjungi.  Banyak potensi pariwisata yang ada di Sulawesi Tenggara, menyimpan sejuta keindahan yang sarat akan budaya dan sejarah. Sudah banyak wisatawan asing yang berlibur untuk menikmati keindahan alam yang ada di Sulawesi Tenggara ini.

Foto Danau Biru Sulawesi Tenggara
Danau Biru di Provinsi Sulawesi Tenggara

Destinasi wisata yang terkenal di Sulawesi Tenggara antara lain Pulau Muna, Pulau Labengki, Pantai Nambo, Pantai Liwutongkidi, Air Terjun Samparona, Air Terjun Tumburano, Air Terjun Moremo, Danau Biru, Sungai Taborasi, Pemandian Air Panas Wawolesea, dan masih banyak obyek wisata menawan yang lainnya di Sulawesi Tenggara.

29. Potensi Wisata Di Sulawesi Selatan
Sulawesi selatan termasuk kategori destinasi wisata nasional yang tidak diragukan lagi pamornya, bukan hanya wisata alam yang sangat menawan, ditanah Celebes ini sangat komplit wisatanya, dari mulai wisata alam, objek permainan, tempat bersejarah, bahkan sampai kuliner yang luar biasa kelezatanya.

Foto Taman Nasional Bantimurung Sulawesi Selatan
Taman Nasional Bantimurung di Provinsi Sulawesi Selatan

Beberapa obyek wisata di Sulawesi Selatan diantaranya : Pantai Losari, Pantai Tanjung Bira, Pantai Baloiya, Pantai Timur, Pantai Pa’badilang, Pantai Lemo, Museum Balla Lompoa, Benteng Somba Opu. Malino, dan masih banyak lagi yang lainnya.

30. Potensi Wisata Di Gorontalo
Gorontalo merupakan sebuah provinsi yang tergolong baru di indonesia karena merupakan provinsi urutan ke 32. Gorontalo resmi menjadi provinsi sendiri pada tahun 2000 tanggal 22 desember berpisah dengan provinsi sulawesi utara dengan manado sebagai ibu kota provinsi tersebut.

Foto Pulau Cinta Gorontalo
Pulau Cinta di Provinsi Gorontalo

Gorontalo juga sering di juluki sebagai kota Serambi Madinah karena memiliki masjid yang unik. Selain mempunyai julukan yang terbilang beda dengan kota lainya di indonesia, gorontalo ternyata juga mempunyai objek wisata yang sangat beragam, mulai dari wisata religi hingga wisata alam pun sangat banyak.

Obyek wisata di Gorontalo yang populer antara lain : Bukit Layang, Wisata Pulau Diyonumo, Masjid Walima Emas, Wisata Pulau Cinta, Desa Wisata Religi Bongo, Air Terjun Hiyaliyo Da’a , Pantai Kurenai, dan tempat wisata menarik yang lainnya.

31. Potensi Wisata Di Maluku
Maluku adalah propinsi tertua di Indonesia dengan Ibukota Ambon. Suku bangsa Maluku didominasi oleh suku bangsa Melanesia Pasifik yang masih berkerabat dengan Fiji, Tonga dan beberapa bangsa kepulauan yang tersebar di kepulauan Samudra Pasifik.

Foto Pantai Pintu Kota Maluku
Pantai Pintu Kota di Provinsi Maluku

Keindahan alam provinsi Maluku sangat menakjubkan dengan tersedianya daya tarik alam bawah laut sesuai dengan karakteristik wilayah Maluku sebagai daerah kepulauan. Gunung api, daerah perbukitan, teluk, danau dan keramah-tamahan masyarakat Maluku semakin menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Maluku.

Destinasi wisata di Maluku antara lain : Taman Laut Manuala, Pantai Pasir Panjang, Pantai Natsepa, Pintu Kota, Benteng Duurstede, Pantai Hunimoa, Gua Ohoidertavun di Letvuan, Sawai, dan masih banyak lagi yang lainnya.

32. Potensi Wisata Di Maluku Utara
Maluku Utara adalah bagian dari provinsi hasil pemekaran provinsi Maluku, yang kemudian resmi menjadi sebuah provinsi pada tanggal 4 Oktober 1999 dan terdiri dari hampir 400 pulau baik yang berpenghuni atau tidak. Di awal berdirinya, provinsi Maluku Utara ini beribukota di Ternate selama 11 tahun, kemudian dipindahkan ke Kota Sofifi yang berada di Pulau Halmahera.

Gambar Pantai Sulamadaha Di Provinsi Maluku Utara
Pantai Sulamadaha Di Provinsi Maluku Utara

Provinsi Maluku terkenal memiliki pesona alam yang sangat indah. Ini membuat Maluku Utara layak untuk kita jadikan tujuan destinasi wisata.

Berikut ini destinasi wisata Maluku Utara yang bisa memberikan pengalaman yang mengesankan : Pantai Sulamadaha, Gunung Gamalama, Benteng Tolukko, Pantai Jikomalamo, Museum Kedaton Sultan Bacan, Taman Nukila, Pulau Halmahera, Teluk Jailolo, Danau Laguna, Danau Toilore, dan obyek wisata lainnya di Maluku Utara.

33. Potensi Wisata Di Papua Barat
Sebagai propinsi yang terletak di sebelah barat pulau Papua, Papua Barat juga memiliki banyak tempat wisata alam dan budaya yang menarik. Pantai, danau, pegunungan dan cagar alam adalah pemandangan menakjubkan yang bisa kita temukan di Papua Barat. Papua Barat juga memiliki banyak pantai yang sangat indah mempesona, sayang bila tidak dikunjungi.

Gambar Pegunungan Arfak Papua Barat
Pegunungan Arfak Di Provinsi Papua Barat

Beberapa obyek wisata di Papua Barat antara lain : Manokwari , Pegunungan Arfak, Cagar Alam Wondiwoy, Raja Ampat, Fakfak, Gua Kokas, Taman Nasional Lorentz, Air Terjun Kiti Kiti, Pantai Patawana, dan yang lainnya.

34. Potensi Wisata Di Papua
Salah satu pesona wisata daerah Indonesia adalah provinsi Papua, yang sejak tahun 2003 sudah terbagi menjadi 2 yaitu Papua dan Papua Barat. Di daerah ini, kita bisa menemukan beberapa tempat wisata  yang unik dan menarik, tepatnya yang bisa kita temui di Papua dan Papua Barat.

Gambar Pulau Biak Papua
Pulau Biak Di Provinsi Papua

Provinsi Papua mempunyai banyak taman nasional dan juga keberagaman budaya yang menarik untuk dikunjungi. Keindahan alam di Papua juga menyadarkan kita bahwa tempat yang indah di Indonesia bukan hanya di tempat-tempat ramai pengunjung saja.

Kita bisa menikmati kehidupan penduduk setempat yang masih tradisional, berwisata sambil menikmati alam dan merasakan sajian kuliner khas daerah Papua. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Papua : Pulau Biak, Pantai Bosnik, Air terjun Wafsarak, Danau Sentani, Danau Paniai, Baliem, dan yang lainnya.

Demikian pembahasan mengenai Potensi Wisata Di Indonesia Lengkap 34 Provinsi, semoga memotivasi Anda untuk semakin bangga akan negeri ini.

Selain kaya dengan berbagai keindahan alam yang mempesona, negara Indonesia juga kaya akan berbagai ragam budaya yang unik pada masing-masing provinsi, misalnya Pakaian Adat dan Senjata Tradisional.

Untuk mengetahui keanekaragaman pakaian adat seluruh provinsi di Indonesia, silakan membaca Pakaian Adat Di Indonesia,

Terimakasih atas kunjungan Anda.

Popular posts from this blog

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya - Seperti telah kita ketahui bahwa pulau Jawa merupakan pulau yang lebih padat penduduknya daripada pulau-pulau lain di Indonesia. Selain itu, Pulau Jawa Dwipa bisa dikatakan sebagai pusat sejarah peradaban sejak zaman kerajaan, sebagai contoh zaman Kerajaan Majapahit.
Pulau Jawa sampai saat admin menuliskan ini dibagi dalam 4 provinsi, yaitu Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Provinsi Jawa Timur. Masing-masing provinsi membawahi kabupaten dan kota administratif.
Pulau Jawa merupakan pulau yang subur makmur dengan batas-batasnya sebagai berikut: sebelah barat: Selat SundaSebelah timur: Selat Balisebelah utara: Laut Jawasebelah selatan: Samudera Indonesia/Samudera Hindia
Gambar Peta Pulau Jawa Mengacu pada judul di atas, kali ini sejarah negara akan melampirkan Peta Pulau Jawa yang meliputi Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur. Karena wilayahnya memanjang dari barat ke timur peta tersebut ukurannya …

Sebab umum dan sebab khusus Perang Diponegoro

Sejarah Nasional.Perang Diponegoro berlangsung selama lima tahun yaitu dari tahun 1825 hingga tahun 1830. Hal ini secara gamblang telah di bahas pada artikel Perang Diponegoro terjadi tahun 1825-1830. Untuk kali ini Sejarah Nasional dan Dunia akan membahas secara lebih spesifik tentang penyebab terjadinya perang tersebut.
Sebab terjadinya Perang Diponegoro dapat dibagi menjadi dua, yaitu sebab umum dan sebab khusus. Berikut pembahasannya.
Sebab umum Rakyat dibelit oleh berbagai bentuk pajak dan pungutan yang menjadi beban turun-temurun.Pihak keraton Jogjakarta tidak berdaya menghadapi campur tangan politik pemerintah kolonial.Kalangan keraton hidup mewah dan tidak mempedulikan penderitaan rakyat.
Sebab khusus Pangeran Diponegoro tersingkir dari elite kekuasaan, karena menolak berkompromi dengan pemerintah kolonial. Pangeran Diponegoro memilih mengasingkan diri ke Tegalrejo untuk memusatkan perhatian pada kehidupan keagamaan.Pemerintah kolonial melakukan provokasi dengan membuat jalan yan…

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie

Turunnya Soeharto dari jabatan kepresidenan pada tanggal 21 Mei 1998 menjadi awal lahirnya era Reformasi di Indonesia. Perkembangan politik ketika itu ditandai dengan pergantian presiden di Indonesia. Seperti telah di bahas pada Kronologi reformasi indonesia tahun 1998, bahwa Segera setelah Soeharto mengundurkan diri, Mahkamah Agung mengambil sumpah Baharuddin Jusuf Habibie sebagai presiden.

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie berlangsung dari tanggal 21 Mei 1998 sampai 20 Oktober 1999. Pengangkatan Habibie sebagai presiden ini memunculkan kontroversi di masyarakat. Pihak yang pro menganggap pengangkatan Habibie sudah konstitusional, sedangkan pihak yang kontra menganggap bahwa Habibie sebagai kelanjutan dari era Soeharto dan pengangkatannya dianggap tidak konstitusional.

Pengambilan sumpah beliau sebagai presiden dilakukan di Credential Room, Istana Merdeka. Dalam pidato yang pertama setelah pengangkatannya, B.J. Habibie menyampaikan hal-hal sebagai berikut : Mohon dukungan dari …