Senjata Tradisional Jawa Tengah Lengkap Beserta Penjelasannya

Senjata Tradisional Jawa Tengah - Beberapa jenis senjata tradisioanal sangat dikenal dalam kehidupan budaya masyarakat Jawa Kuno. Kejayaan atau masa keemasan yang telah dicapai oleh kerajaan Majapahit juga kerajaan-kerajaan lain di Jawa pada jaman dahulu telah mewariskan kebudayaan yang tinggi, termasuk peninggalan kebendaan berupa senjata tradisional.

Khusus untuk daerah Jawa Tengah, dalam hal kebudayaan lebih maju  dibandingkan dengan daerah lain yang berada di wilayah Nusantara , demikian juga dengan senjata tradisionalnya. Sebenarnya senjata traidisional Jawa Tengah ini banyak ragamnya, tetapi saat ini hanya tinggal beberapa jenis saja yang tersisa,.

Beberapa senjata tradisional Jawa Tengah yang masih bisa kita temui antara lain : Keris, Wedhung, Tombak, Plintheng, Thulup dan Condroso. Untuk mendapatkan pemahaman selengkapnya silakan menyimak pembahasan satu demi satu secara rinci berikut ini.

1.Keris Senjata Tradisional Jawa Tengah
Keris merupakan senjata tradisional Jawa Tengah yang paling terkenal dibanding senjata-senjata tradisional khas Jawa Tengah lainnya. Tentu saja Anda sudah pernah melihat bentuk asli dari keris ini. Senjata tradsional Keris ini memang sudah diakui oleh masyarakat Jawa Tengah bahkan dunia sebagai senjata tradisional yang bernilai seni yang tinggi.

Gambar Keris Jawa Tengah
Keris Senjata Tradisional Jawa Tengah
 
Pada jaman dahulu, senjata ini digunakan oleh masyarakat setempat sebagai identitas diri sendiri, keluarga, ataupun kelompok, . Pada masa itu Keris milik seorang raja berbeda dengan Keris milik perwira juga yang lainnya sesuai dengan status sosialnya.

Kita juga dapat menemukan senjata ini di daerah Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Bali, bahkan hingga Negeri Jiran. , Tetapi, Keris khas Jawa Tengah ini lebih condong terkenal karena sering sekali dianggap memiliki tuan tertentu.

Senjata tradisional khas Jawa Tengah yang bernama Keris ini bisa ditemukan dalam berbagai bentuk, ada yang tanpa luk/lekukan,  ada yang berlekuk  3, 5, 7, dan seterusnya. Pada saat ini Keris lebih difungsikan sebagai aksesoris pakaian adat Jawa Tengah juga sebagai benda souvenir yang banyak dikoleksi para wisatawan domestik maupun mancanegara.

Baca juga : Senjata Tradisional Jawa Barat

2.Wedhung Senjata Tradisional Jawa Tengah
Kebanyakan orang tidak mengetahui bahwa daerah Jawa Tengah ini mempunyai senjata tradisional yang bernama Wedhung. Senjata tradisional Wedhung ini keberadaannya kalah populer dibandingkan Keris. Namun, dimasa lampau jenis senjata tusuk ini justru lebih sering dipakai penduduk setempat.

Gambar Wedhung Senjata Tradisional Jawa Tengah
Wedhung Senjata Tradisional Jawa Tengah

Bentuk dari senjata tradisional wedhung ini hampir sama seperti pisau pada umumnya yang memiliki satu mata bilah yang sangat tajam. Senjata ini dilengkapi dengan rangka yang terbuat dari kayu jati.

3.Tombak Senjata Tradisional Jawa Tengah
Pada zaman kerajan dahulu, senjata tombak ini banyak dipakai para prajurit dalam peperangan maupun pasukan pengawal sang raja. Pada berbagai film yang bertema kerajaan Jawa, kita sering melihat adegan tersebut.

Gambar Tombak Jawa Tengah
Tombak Senjata Tradisional Jawa Tengah

Ada sebuah tombak yang melegenda dikalangan masyarakat Jawa, tombak tersebut terkenal dengan sebutan Kyai Pleret.

4.Plintheng Senjata Tradisional Jawa Tengah
Plintheng merupakan salah satu senjata tradisional Jawa Tengah yang sering dijadikan alat permainan anak-anak pada masa lampau, bahkan sampai sekarangpun masih bisa kita jumpai beberapa anak di pedesaan yang asyik dengan senjata ini untuk membidik burung atau sekedar sarana hiburan..

Gambar Plintheng Jawa Tengah
Plintheng Senjata Tradisional Jawa Tengah

Dalam bahasa Indonesia senjata tradisional ini diberi nama ketapel. Senjata ini terbuat dari kayu, selembar kulit hewan, dan 2 buah karet untuk menciptakan gaya pegas yang kuat. Peluru yang sering digunakan berupa batu kecil-kecil atau kerikil.

Cara penggunaan Plintheng ini adalah dengan  menaruh kerikil di kulit yang telah ditali oleh 2 buah karet, kemudian di tarik dan dilepaskan sesuai arah yang dibidik.

5.Thulup Senjata Tradisional Jawa Tengah
Sebagaimana masyarakat Dayak di Kalimantan Barat yang memakai sumpit sebagai senjata tradisional untuk berburu, masyarakat Jawapun mengenal senjata yang prinsip kerjanya sama tetapi dengan sebutanThulup. Ukuran Thulup cenderung lebih pendek dibanding Sumpit khas Dayak.

Gambar Thulup Jawa Tengah
Thulup Senjata Tradisional Jawa Tengah

Senjata tradisional Jawa Tengah yan penggunaannya dengan cara ditiup ini dilengkapi dengan anak tulup sebagai pelurunya. Untuk menambah efek membahayakan, anak thulup sering diberi cairan racun alami sebelum digunakan dengan cara direndam terlebih dahulu dalam cairan tersebut .

6.Condroso Senjata Tradisional Jawa Tengah
Pada masa lampau kaum wanita Jawa dikenal sebagai wanita yang mandiri, dan mampu menjaga dirinya dengan baik. Mereka sering membawa senjata tradisional Condroso ini sebagai sarana untuk melindungi diri dari hal-hal kejahatan yang tidak di inginkan.

Gambar Condroso Jawa Tengah
Condroso Senjata Tradisional Jawa Tengah

Senjata yang dibawa bukanlah berbentuk layaknya senjata pada umumnya. Senjata ini bernama Condroso, yang bentuknya hampir sama dengan tusuk konde.

Demikian pembahasan mengenai Senjata Tradisional Jawa Tengah. Semoga menambah pengetahuan kita akan keanekaragaman budaya Nusantara khususnya senjata tradisional.

Untuk mengetahui ragam budaya Jawa Tengah lainnya, silakan membaca  artikel dengan tema Pakaian Adat Jawa Tengah.

Dan untuk mengetahui posisi provinsi Jawa Tengah secara detail juga potensi wilayah  tersebut, silakan menyimak Peta Jawa Tengah.

Silakan juga membaca berbagai pembahasan yang lainnya pada Blog ini. Terimakasih atas kunjungan Anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel