Senjata Tradisional Sulawesi Utara Beserta Penjelasannya

Senjata Tradisional Sulawesi Utara - Senjata tradisional adalah sebuah karya  budaya yang dipakai oleh masyarakat guna melindungi diri, berladang dan berburu. Senjata tradisional juga bisa sebagai simbol identitas dari sekelompok masyarakat yang memakainya.

Seiring berkembangnya jaman, pada saat ini,  senjata tradisional ini telah jarang dipakai. Kemungkinan suku-suku pedalaman. Kali ini kami akan membahas tentang beberapa senjata tradisional yang ada di Sulawesi Utara. Senjata tersebut antara lain : Pedang Bara Sangihe, Peda dan Periasai. Penjelasan selengkapnya silakan menyimak uraian berikut ini.

1.Pedang Bara Sangihe Senjata Tradisional Sulawesi Utara
Setiap daerah di Indonesia mempunyai senjata tradisional yang menjadi ciri khas daerah tersebut. Jika Aceh mempunyai rencong dan Jawa Barat mempunyai kujang maka di Sulawesi Utara mempunyai salah satu senjata tradisional yang terkenal dengan sebutan Pedang Bara Sangihe.

Gambar Pedang Bara Sangihe Senjata Tradisional Sulawesi Utara
Pedang Bara Sangihe Senjata Tradisional Sulawesi Utara

Pada jaman dahulu Pedang Bara Sangihe dikenal sebagai salah satu senjata yang dipakai oleh salah seirang pahlawan Sulawesi Utara yang bernama Hengkeng U Nang. Sejak kecil Hengkeng U Nang diketahui rajin melatih keahliannya bergulat dan juga ketangkasannya dalam memainkan Pedang Bara.

Hengkeng U Nang yang berasal dari Timeno Kiawang Siau ini terkenal lihai memainkan Pedang Bara. Ketika berperang dia sering memakai Pedang Bara. Pahlawan yang lahir pada tahun 159 tersebut tebahkan pernah diangkat menjadi Kontraktor Proyek Pembangunan Armada Angkatan Laut pada tahun 1612.

Pedang Bara Sangihe mempunyai gagang dua cabang. Tidak hanya pada gagang, pada ujung pedang bara juga mempunyai dua cabang yang diantara dua cabang ini ada gerigi-gerigi. Pedang Bara Sangihe menjadi salah satu senjata tradisional kebanggaan masyarakat Sulawesi Utara dan menjadi salah satu kekayaan kebudayaan yang dimiliki Indonesia.

2.Peda (sejenis Parang) Senjata Tradisional Sulawesi Utara
Senjata tradisional Peda ini bentuknya pendek dengan ukurun 50 cm, dibuat dari besi. Hulunya dibuat dari kayu yang keras dan ujungnya bercabang dua.

Peda dan parang bisa dipakai untuk berbagai  macam keperluan, seperti untuk bertani atau menyadap enau.

3.Perisai Senjata Tradisional Sulawesi Utara
Perisai adalah sebuah senjata tradisioanl yang berfungsi sebagai alat penangkis yang terbuat dari kayu, diberi ukiran dengan motif-motif binatang atau daun daun.

Demikian pembahasan mengenai Senjata Tradisional Sulawesi Utara Beserta Penjelasannya, semoga menambah wawasan keanekaragaman budaya Nusantara khususnya senjata tradisional.

Tentang contoh karya budaya Sulawesi Utara yang unik lainnya, silakan membaca Pakaian Adat Sulawesi Utara

Agar Anda semakin mengenal secara geografis provinsi Sumatera Utara , silakan menyimak Peta Provinsi Sulawesi Utara

Terimakasih atas kunjungan Anda.
Terimakasih, Anda sudah membaca Senjata Tradisional Sulawesi Utara Beserta Penjelasannya

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

.Iklan Bawah Artikel