Skip to main content

10 Obyek Wisata Favorit Di DKI Jakarta

Jakarta adalah kota wisata yang kaya dan menawarkan destinasi yang luar biasa lengkap. Mulai dari wisata sejarah, kuliner, alam, ekstrem, hingga belanja, semua tersedia di Jakarta. Hal yang paling menonjol dari pariwisata Kota Jakarta adalah sejarah dan belanja.

Sebagai pusat pemerintahan sejak era sebelum merdeka, Jakarta menyimpan banyak sekali kekayaan sejarah yang kini dapat kita nikmati sebagai objek wisata. 

Di sisi lain, status Jakarta sebagai kota megapolitan membuatnya memiliki banyak sekali tempat belanja. Pelancong yang ingin belanja dalam suasana merakyat, bisa main ke pasar yang jumlahnya ratusan. Pelancong yang lebih suka berbelanja dalam balutan suasana modern, bisa singgah ke salah satu dari 200 lebih mal yang tersebar di berbagai titik ibukota.

Saking banyaknya destinasi wisata di Jakarta, para pelancong kerap kali bingung menentukan pilihan. Untuk itu, kami merangkum daftar 10 Obyek Wisata favorit di Jakarta yang harus Anda masukkan dalam daftar perjalanan.

Jika Anda ingin berlibur tetapi enggan terjebak kemacetan, cobalah untuk berwisata di dalam kota saja. Karena ternyata, Jakarta juga memiliki banyak tempat wisata yang tidak kalah menarik dibandingkan objek wisata di Puncak atau Bandung. Apa saja tempat wisata di Jakarta tersebut? 

Bagi warga Jakarta, berlibur ke kawasan Puncak Bogor atau Kota Bandung merupakan tradisi setiap musim liburan tiba. Tidak heran jika setiap akhir pekan atau liburan panjang, jalan menuju ke kawasan wisata tersebut cenderung macet dan padat. Alhasil liburan yang seharusnya menyenangkan malah jadi melelahkan karena harus antre di jalan.

10 Tempat obyek wisata favorit di DKI Jakarta antara lain : Taman Mini Indonesia Indah, Dunia Fantasi (Dufan), Seaworld Ancol, Atlantis Water Adventure, Ocean Dream Ancol, Waterbom Jakarta, SnowBay Waterpark, Pantai Ancol, Ocean Ecopark dan Kepulauan Seribu. Berikut ulasannya.

1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
Siapa yang tidak tahu Taman Mini? Taman rekreasi yang didirikan oleh mantan Ibu Negara, Ibu Tien Soeharto, ini merupakan sebuah arena wisata edukasi, sejarah, hiburan, sekaligus tempat wisata modern yang menarik. Daya tarik utama tempat wisata ini adalah miniatur berbagai budaya dari 33 provinsi di Indonesia.

Gambar Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Di DKI Jakarta
Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Di DKI Jakarta

Selain miniatur, Taman Mini juga memiliki berbagai wahana menarik seperti Teater IMAX Keong Mas, Istana Anak Indonesia, kereta gantung, Anjungan Daerah, SnowBay, Teater 4D, perahu angsa, serta beberapa museum wahana seru lain yang sayang jika dilewatkan.

Taman Mini Indonesia Indah buka setiap hari dari pukul 07.00 sampai 21.00 WIB dengan jam operasional yang berbeda untuk setiap wahana di dalam TMII. TMII bisa dicapai dengan kendaraan pribadi, sewaan, atau kendaraan umum seperti bus Trans Jakarta, taksi, dan KRL.

2. Dunia Fantasi (Dufan)
Dunia Fantasi merupakan salah satu pelopor theme park di Indonesia yang berdiri di kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol sejak tahun 1985. Dengan berbagai wahana menarik dan menantang, Dunia Fantasi atau Dufan menyediakan pusat hiburan paling seru dan lengkap untuk didatangi bersama orang-orang tercinta.

Gambar Dunia Fantasi (Dufan) Di DKI Jakarta
Dunia Fantasi (Dufan) Di DKI Jakarta

Tempat wisata di Jakarta dengan maskot berupa kera bekantan ini merupakan salah satu tempat berlibur favorit warga Jakarta dan luar kota saat akhir pekan. Dufan buka setiap hari mulai pukul 10.00 sampai 22.00 WIB.

Untuk sampai ke tempat wisata ini, dari Stasiun KRL Anda bisa menaiki angkot M15 atau M15A jurusan Tanjung Priok dan berhenti tepan di gerbang kawasan wisata Ancol. Anda juga dapat menggunakan bus Trans Jakarta koridor 1 dan 5, atau bus umum jurusan Ancol.

3. Seaworld Ancol
Masih di kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol dan terletak tidak jauh dari Dufan, Anda bisa merasakan sensasi seru berjalan di bawah air dan berinteraksi dengan berbagai ikan-ikan yang mempesona di Seaworld Jakarta. Ada ribuan biota laut yang menjadi koleksi tempat wisata unik tersebut.

Selain dapat melihat berbagai macam hewan air dari dekat tanpa harus menyelam, pengunjung juga bisa menyaksikan berbagai pertujukan seru dari para penyelam profesional.

Gambar Seaworld Ancol Di DKI Jakarta
Seaworld Ancol Di DKI Jakarta

Setiap hari Seaworld mulai dibuka untuk pengunjung sejak pukul 09.00 hingga 18.00 WIB. Karena letaknya di kawasan wisata yang terkenal, pengunjung bisa menggunakan berbagai kendaraan untuk sampai ke tempat ini. Hampir semua kendaraan umum seperti angkot, bus kota, bus Trans Jakarta, ataupun taksi dapat menjangkau tempat wisata ini.

Apa destinasi wisata favorit di Jakarta? Jawabannya tentu beragam, namun kawasan wisata Ancol pasti selalu ada dalam daftar terbaiknya. Ancol memang tak pernah kehilangan pesonanya. Saat industri pariwisata di ibu kota terus berkembang di berbagai wilayah, Ancol juga tak ketinggalan dan selalu berbenah.

Saat ini, kawasan wisata Ancol semakin meluas dan dilengkapi berbagai wahana rekreasi yang luar biasa. Waktu sehari tentu tak bisa memenuhi keinginan Anda untuk menikmati seluruh wahananya. Karena itulah, cara terbaiknya tentu dengan mencari penginapan terdekat sehingga keesokan harinya bisa melanjutkan petualangan.

4. Atlantis Water Adventure
Pesona kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol memang tiada habisnya. Jika Dufan dan Seaworld sudah terlalu mainstream bagi Anda, Atlantis Water Adventure di Ancol mungkin bisa menjadi salah satu pilihan tempat wisata untuk dikunjungi pada musim liburan kali ini.

Gambar Atlantis Water Adventure Di DKI Jakarta
Atlantis Water Adventure Di DKI Jakarta

Meskipun mengusung konsep yang sama yaitu theme park, berbeda dengan Dufan, Atlantis Water Adventure menawarkan berbagai wahana permainan air seru dan menantang yang sayang sekali untuk dilewatkan. Setidaknya ada 8 kolam renang utama lengkap dengan berbagai permainan menantang di tempat ini.

Atlantis Water Adventure juga cukup mudah diakses oleh berbagai kendaraan termasuk kendaraan umum seperti KRL, angkot, bus, dan taksi. Jika menggunakan kendaraan umum, pastikan jurusan kendaraan yang dinaiki adalah Ancol atau Tanjung Priok.

5. Ocean Dream Ancol
Ocean Dream atau dikenal juga dengan Gelanggang Samudra merupakan salah satu tempat wisata di kawasan Taman Impian Jaya Ancol yang terkenal ramai dan selalu dipadati oleh pengunjung. Daya tarik utama tempat wisata di Jakarta ini adalah atraksi lumba-lumba yang lucu dan profesional.

Gambar Ocean Dream Ancol Di DKI Jakarta
Ocean Dream Ancol Di DKI Jakarta

Selain menyaksikan atraksi hewan lucu tersebut, pengunjung juga melihat dari dekat tempat penangkaran, perawatan, dan pelatihan lumba-lumba. Jika ingin menyaksikan hal yang lebih seru lagi, Anda dapat mengunjungi Underwater Theater, Cinema 4D, atau Scorpion Pirates yang menawarkan berbagai pertunjukan menarik.

Ocean Dream atau Gelanggang Samudera Ancol bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi, umum, atau sewaan. Dari pusat kota, Anda bisa melewati jalan yang menuju arah Tanjung Priok atau kawasan Ancol.

6. Waterbom Jakarta
Waterbom merupakan wahana wisata permainan air yang terletak di kawasan Pantai Indah Kapuk Jakarta Selatan. Salah satu wahana permainan di Waterbom yang terkenal adalah Aquatube. Aquatube adalah permainan berupa seluncur air dengan panjang sekitar 118 m dan tinggi 14,5 m.

Selain Aquatube, pengunjung juga dapat mencoba permainan menantang lainnya, seperti Speedslide, The Hairpin, The Whizzard, dan Twizter. Soal keamanan, Anda tidak perlu khawatir. Pada setiap permainan, pengelola Waterboom menyediakan alat keselamatan, kesehatan, dan beberapa kru terlatih yang profesional.

Gambar Waterbom Di DKI Jakarta
Waterbom Di DKI Jakarta

Waterbom buka sejak pukul 10.00 pada hari biasa dan 08.00 pada akhir pekan hingga pukul 21.00 WIB.

Untuk ke Waterbom Jakarta, Anda bisa menggunakan bus Trans Jakarta koridor 9A dan turun di Pluit Village Mall, lalu dilanjutkan dengan angkot merah nomor B01 jurusan Grogol-Angke dan turun di kawasan Pantai Indah Kapuk. Selain Trans Jakarta, Anda juga bisa menaiki bus umum atau kendaraan pribadi untuk mengunjungi tempat wisata di Jakarta ini.

7. SnowBay Waterpark
SnowBay Waterpark merupakan tempat wisata permainan air yang terletak di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Kurang lebih ada 5 wahana permainan air utama di tempat ini seperti Hurricane, Flush Bowl, Cool Running, SnowBay Beach, dan Typhoon River.

Gambar SnowBay Waterpark Di DKI Jakarta
SnowBay Waterpark Di DKI Jakarta

Daya tarik utama tempat wisata ini adalah pantai buatan dengan 7 jenis gelombang seru dan menantang. Meskipun berada di kawasan TMII, tetapi tiket masuk ke kawasan SnowBay terpisah dengan tiket masuk ke TMII.

Untuk ke tempat ini Anda bisa menaiki kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Anda bisa menaiki bus Trans Jakarta koridor 9 dan turun di Halte TMII, atau KRL yang dilanjutkan dengan angkot jurusan TMII.

8. Pantai Ancol
Pantai Ancol merupakan salah satu pantai paling ramai dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik dari dalam maupun luar Kota Jakarta. Pantai ini terletak di kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol yang terkenal dengan berbagai tempat wisata menarik seperti Dufan, Seaworld, dan Gelanggang Samudra.

Tercatat ada 5 pantai yang terletak di sepanjang garis Pantai Ancol yaitu, Pantai Karnaval Ancol, Pantai Festival Ancol, Pantai Ria, Pantai Elok, dan Pantai Indah. Meskipun terletak di kawasan padat penduduk, kebersihan pantai sepanjang 500 m ini sangat terjaga.

Gambar Pantai Ancol Di DKI Jakarta
Pantai Ancol Di DKI Jakarta

Pengelola menyediakan banyak tempat teduh untuk para pengunjung yang ingin menikmati semilir angin Pantai Ancol. Selain itu, pengelola juga menyediakan jogging track, toilet, food court, dan dermaga bagi para pemburu foto dan pemandangan matahari terbenam.

Untuk masuk ke kawasan pantai, pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis. Serunya, kawasan wisata ini buka selama 24 jam nonstop. Untuk sampai ke Pantai Ancol, pengunjung dapat menaiki bus Trans Jakarta, bus umum, atau angkot jurusan Tanjung Priok atau Ancol.

9. Ocean Ecopark
Ingin berwisata sekaligus turut serta dalam upaya penyelamatan lingkungan? Ocean Ecopark adalah tempat wisata jakarta yang tepat untuk dikunjungi. Taman bermain edukatif ini memiliki beberapa wahana seru yang mengusung 4 konsep yaitu, Eco Energy, Eco Care, Eco Nature, dan Eco Art.

Gambar Ocean Ecopark Di DKI Jakarta
Ocean Ecopark Di DKI Jakarta

Di sini pengunjung dapat melakukan kegiatan outbond, paint ball, belajar cara merawat hewan ternak, melihat proses pembuatan madu di penangkaran lebah, hingga belajar bercocok tanam di wahana Learning Farm.

Ocean Ecopark berlokasi di kawasan Taman Impian Jaya Ancol sehingga mudah dijangkau dengan berbagai kendaraan pribadi maupun umum seperti bus Trans Jakarta, angkot, atau taksi.

10. Kepulauan Seribu
Kepulauan Seribu merupakan gugusan pulau-pulau baik yang berpenghuni maupun tidak dan berlokasi di Selat Sunda, utara Jakarta. Setidaknya ada 5 pulau besar di kawasan kepulauan Seribu yang sering dikunjungi wisatawan dan menjadi spot favorit berlibur turis lokal maupun mancanegara.

Pulau tersebut adalah Pulau Kelor, Cipir, Onrust, Rambut dan Untung Jawa. Setiap pulau memiliki daya tarik dan keunikan masing-masing. Di Pulau Kelor, Cipir, dan Onrust pengunjung dapat melihat reruntuhan bangunan peninggalan masa kolonial dan museum Pulau Onrust.

Gambar Kepulauan Seribu Di DKI Jakarta
Kepulauan Seribu Di DKI Jakarta

Di Pulau Rambut pengunjung dapat melihat berbagai jenis burung yang hidup di habitatnya secara langsung. Pulau Rambut memang dijadikan suaka margasatwa untuk berbagai jenis burung khas Indonesia. Sedangkan di Pulau Untung Jawa, Anda dapat menikmati berbagai wahana permainan air modern seperti speedboat, banana boat, atau snorkeling.

Untuk ke Kepulauan Seribu Anda bisa menaiki kapal Pelni dari kawasan Pantai Marina Ancol dan dilanjutkan dengan kapal kecil yang bisa disewa dari tempat penyewaan setempat. Sebagai informasi, kapal feri tujuan Kepulauan Seribu biasanya hanya melayani pelayaran hingga pukul 17.00.

Demikian ulasan mengenai 10 Obyek Wisata Favorit Di DKI Jakarta yang bisa Anda jadikan referensi Anda saat berkunjung ke DKI Jakarta.

Untuk mengetahui letak geografis DKI Jakarta secara detail, silakan menyimak Peta Jakarta.

Selain kaya dengan aneka ragam obyek wisata, DKI Jakarta juga sangat kaya dengan ragam budaya yang indah dan unik, diantaranya adalah pakaian adat dan senjata tradisional.

Tentang pakaian adat DKI Jakarta yang sarat makna, silakan membaca artikel dengan tema Pakaian Adat Betawi.

Keunikan senjata tradisional DKI Jakarta yang unik dan penuh makna filosofis, bisa Anda baca pada Senjata Tradisional Betawi.

Popular posts from this blog

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya - Seperti telah kita ketahui bahwa pulau Jawa merupakan pulau yang lebih padat penduduknya daripada pulau-pulau lain di Indonesia. Selain itu, Pulau Jawa Dwipa bisa dikatakan sebagai pusat sejarah peradaban sejak zaman kerajaan, sebagai contoh zaman Kerajaan Majapahit.
Pulau Jawa sampai saat admin menuliskan ini dibagi dalam 4 provinsi, yaitu Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Provinsi Jawa Timur. Masing-masing provinsi membawahi kabupaten dan kota administratif.
Pulau Jawa merupakan pulau yang subur makmur dengan batas-batasnya sebagai berikut: sebelah barat: Selat SundaSebelah timur: Selat Balisebelah utara: Laut Jawasebelah selatan: Samudera Indonesia/Samudera Hindia
Gambar Peta Pulau Jawa Mengacu pada judul di atas, kali ini sejarah negara akan melampirkan Peta Pulau Jawa yang meliputi Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur. Karena wilayahnya memanjang dari barat ke timur peta tersebut ukurannya …

Sebab umum dan sebab khusus Perang Diponegoro

Sejarah Nasional.Perang Diponegoro berlangsung selama lima tahun yaitu dari tahun 1825 hingga tahun 1830. Hal ini secara gamblang telah di bahas pada artikel Perang Diponegoro terjadi tahun 1825-1830. Untuk kali ini Sejarah Nasional dan Dunia akan membahas secara lebih spesifik tentang penyebab terjadinya perang tersebut.
Sebab terjadinya Perang Diponegoro dapat dibagi menjadi dua, yaitu sebab umum dan sebab khusus. Berikut pembahasannya.
Sebab umum Rakyat dibelit oleh berbagai bentuk pajak dan pungutan yang menjadi beban turun-temurun.Pihak keraton Jogjakarta tidak berdaya menghadapi campur tangan politik pemerintah kolonial.Kalangan keraton hidup mewah dan tidak mempedulikan penderitaan rakyat.
Sebab khusus Pangeran Diponegoro tersingkir dari elite kekuasaan, karena menolak berkompromi dengan pemerintah kolonial. Pangeran Diponegoro memilih mengasingkan diri ke Tegalrejo untuk memusatkan perhatian pada kehidupan keagamaan.Pemerintah kolonial melakukan provokasi dengan membuat jalan yan…

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie

Turunnya Soeharto dari jabatan kepresidenan pada tanggal 21 Mei 1998 menjadi awal lahirnya era Reformasi di Indonesia. Perkembangan politik ketika itu ditandai dengan pergantian presiden di Indonesia. Seperti telah di bahas pada Kronologi reformasi indonesia tahun 1998, bahwa Segera setelah Soeharto mengundurkan diri, Mahkamah Agung mengambil sumpah Baharuddin Jusuf Habibie sebagai presiden.

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie berlangsung dari tanggal 21 Mei 1998 sampai 20 Oktober 1999. Pengangkatan Habibie sebagai presiden ini memunculkan kontroversi di masyarakat. Pihak yang pro menganggap pengangkatan Habibie sudah konstitusional, sedangkan pihak yang kontra menganggap bahwa Habibie sebagai kelanjutan dari era Soeharto dan pengangkatannya dianggap tidak konstitusional.

Pengambilan sumpah beliau sebagai presiden dilakukan di Credential Room, Istana Merdeka. Dalam pidato yang pertama setelah pengangkatannya, B.J. Habibie menyampaikan hal-hal sebagai berikut : Mohon dukungan dari …