Skip to main content

10 Tempat Wisata Paling Menarik Di Bangka Belitung

Keindahan obyek wisata Bangka Belitung terletak pada pesona wisata baharinya yang menawan. Provinsi ini merupakan gabungan dari 2 buah kepulauan, yakni Bangka dan Belitung. Provinsi ini memiliki banyak pantai yang mengagumkan dengan bebatuan granit khas dan permukaan pantai yang landai.

Selain pantainya yang indah, ada beberapa pulau yang menawan untuk dikunjungi di kawasan kepualauan ini, misalnya Pulau Lengkuas dan Pulau Memperak di Belitung.

Bangka Belitung (Babel) adalah kawasan kepulauan yang memiliki sekitar  470 buah pulau dan  terdapat 50 pulau  yang telah berpenghuni. Karena itulah potensi wisata bahari yang ada di sini mampu menyuguhkan pengalaman wisata bahari yang mengesankan, seperti snorkeling, memancing, hingga berlayar.

Daerah penghasil timah terbesar di Indonesia ini juga dihuni oleh masyarakat Indonesia dari etnis China dengan komposisi mencapai 20% dari total populasi di Babel. Sehingga menjadi hal yang wajar bila Anda akan menjumpai banyak kelenteng di Babel yang masih digunakan sebagai tempat ibadah ketika Anda berkunjung ke beberapa tempat wisata di Bangka Belitung

Beberapa Tempat Wisata paling menarik di Bangka Belitung antara lain : Gunung Menumbing, Pantai Parai Tenggiri, Pulau Memperak, Pantai Tikus, Pantai Penyusuk, Pantai Pasir Padi, Pulau Lengkuas, Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Tanjung Pesona dan Pantai Tanjung Tinggi. Berikut ini penjelasannya.

1. Gunung Menumbing
Gunung Menumbing berada di daerah Mentok pada arah Barat Laut Pulau Bangka, Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 355 mdpl. Di Gunung Menumbing inilah tempat pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta oleh Belanda pada tahun 1948-1949 di Pulau Bangka.

Gambar Gunung Menumbing Di Bangka Belitung
Gunung Menumbing Di Provinsi Bangka Belitung

Ada sebuah wisma yang masih terawat hingga kini yang merupakan tempat Proklamator RI tersebut diasingkan. Wisma pengasingan ini dijaga oleh keluarga  Abdi Dalem Keraton Yogyakarta dari generasi ke generasi yang dari awal memiliki tanggung jawab menjaga Bung Karno dan Bung Hatta selama pengasingan di Bangka.

Alamat Gunung Menumbing :  di desa Air Belo, Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Bangka Belitung

2. Pantai Parai Tenggiri
Pantai Parai Tenggiri berjarak sekitar 40 km dari ibukota provinsi Bangka Belitung, Pangkalpinang. Pantai Parai Tenggiri adalah pantai paling indah di Bangka Belitung dengan ombak yang lembut dan permukaan yang landai.

Pantai ini memiliki panorama eksotis dengan hamparan batu granitnya yang khas. Seperti pantai Bangka lainnya, pantai Parai Tenggiri juga memiliki bebatuan granit berukuran besar dengan aneka bentuk yang unik dan berjumlah banyak.

Gambar Pantai Parai Tenggiri Di Bangka Belitung
Pantai Parai Tenggiri Di Provinsi Bangka Belitung

Panorama pantai yang indah bisa Anda saksikan ketika menaiki bebatuan granit tersebut, obyek wisata ini menyuguhkan kepada Anda keindahan Laut Cina Selatan yang teduh. Ada banyak kegiatan wisata menarik, di antaranya banana boat, parasailing, hingga snorkel di Parai Tenggiri.

Selain itu, jika Anda suka memancing di pantai ini, disediakan penyewaan perahu pancing yang lengkap dengan peralatannya. Salah satu tempat wisata di Bangka Belitung ini juga dilengkapi dengan fasilitas akomodasi yang lengkap, tersedia hotel hingga resort serta fasilitas permainan air yang menjadikan wisatawan semakin betah di tempat tersebut.

Alamat Pantai Parai Tenggiri: Desa Sinar Baru, Sungailiat, Bangka Belitung

3. Pulau Memperak
Inilah tempat wisata indah di Bangka Belitung yang belum diketahui banyak wisatawan, namun terkenal akan pesonanya yang memikat. Pulau Memperak berada di Kabupaten Belitung Timur, menyuguhkan kepada Anda pesona pemandangan air laut yang biru kehijauan dan bersih.

Keindahan alam bawah laut di pulau ini adalah satu hal menarik yang tidak boleh anda lewatkan. Inilah yang menyebabkan  Pulau Memperak ini menjadi salah satu tempat snorkling paling bagus di Bangka Belitung yang sangat mempesona.


Gambar Pulau Memperak Di Bangka Belitung
Pulau Memperak Di Provinsi Bangka Belitung

Snorkeling terbaik di pulau ini bisa dilakukan di bagian utara, timur, dan barat Pulau Memperak. Itulah spot snorkel paling menarik untuk menikmati keindahan terumbu karang dan aneka makhluk hidup bawah air Pulau Memperak. Harap memakai alas kaki ketika snorkel karena terdapat bulu babi yang tajam.

Pulau Memperak adalah pulau yang sepi, hanya ada penjaga pulau yang tinggal dalam rumah yang dibangun di sana. Oleh karena itu, membawa perbekalan yang memadai akan sangat penting untuk menikmati pesona wisata Bangka Belitung ini.

Alamat Pulau Memperak: Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung

4. Pantai Tikus
Pantai Tikus adalah sebuah pantai di Pulau Bangka Belitung  yang masih tergolong alami yang cukup terjaga dari gangguan tangan-tangan jahil manusia. Panorama indah pantai ini terwujud melalui bukit terjal dengan hamparan bebatuan granit dan air laut kebiruan yang sangat menakjubkan.

Gambar Pantai Tikus Di Bangka Belitung
Pantai Tikus Di Provinsi Bangka Belitung

Dari puncak bukit, Anda akan menyaksikan ada sebuah kuil peribadatan yang berdiri cukup megah dengan pemandangan yang indah. Kuil atau kelenteng ini berbentuk bulat, menjadi sebuah ciri khas yang ada di Pantai Tikus.

Alamat Pantai Tikus: Desa Rebo Kelurahan Kenanga, Sungailiat, Bangka Belitung.


5. Pantai Penyusuk
Inilah salah satu obyek wisata indah dari berbagai tempat yang menawan. Pantai ini berada di Bangka bagian utara, memiliki pemandangan pantai yang indah. Anda akan menjumpai tumpukan batu granit yang seolah membentuk sebuah ceruk di pantai ini. Ditambah lagi dengan pepohanan hijau yang tumbuh di pesisir pantai serta keberadaan 4 buah pulau yang berjajar indah.

Gambar Pantai Penyusuk Di Bangka Belitung
Pantai Penyusuk Di Provinsi Bangka Belitung

Salah satu tempat wisata Bangka Belitung yang juga populer di kalangan masyarakat Bangka ini memiliki ombak laut yang tenang. Oleh karena itu, berenang dan bermain air laut di pantai ini adalah kegiatan paling favorit yang dilakukan. Jika Anda ingin singgah di pulau-pulau yang ada di sana, Anda dapat menyewa perahu nelayan dengan kapasitas hingga 10 orang.

Pulau yang paling favorit untuk dikunjungi adalah Pulau Lampu karena memegang fungsi sebagai mercusuar. Di sinilah banyak wisatawan menghabiskan waktunya dengan berenang dan bermain air laut. Jangan khawatir, terdapat dua buah kamar mandi untuk membilas tubuh setelah berenang di air laut.

Alamat Pantai Penyusuk: Jl. Penyusuk, Belinyu, Bangka Belitung

6. Pantai Pasir Padi
Pantai Pasir Padi berjarak sekitar 7 km dari kota Pangkalpinang. Ini adalah pantai yang jaraknya paling dekat jika Anda telah sampai di bandara udara Pangkalpinang. Tempat yang satu ini adalah yang paling terkenal di Bangka. Tak ayal, Anda akan mendapati banyaknya warga Bangka yang mengunjungi kawasan wisata Pantai Pasir Padi.

Gambar Pantai Pasir Padi Di Bangka Belitung
Pantai Pasir Padi Di Provinsi Bangka Belitung

Tempat wisata di Bangka Belitung ini memiliki pasir yang menyerupai bulir-bulir padi, itulah sebabnya dinamakan sebagai pasir padi. Untuk dapat masuk ke kawasan wisata Pantai Pasir Padi, Di kawasan sekitar pantai, tersedia fasilitas publik yang begitu lengkap. Hotel berbintang, restoran, hingga warung makan tersedia dalam jumlah yang cukup banyak di sana.

Alamat Pantai Pasir Padi: Kec. Bukit Intan, Pangkalpinang, Bangka Belitung

7. Pulau Lengkuas
Walaupun namanya seperti bumbu masak tapi jangan salah faham  karena pantai satu ini salah satu yang khas dari pulau di Belitung ini adalah keberadaan mercusuar yang berusia sangat tua dan masih akitf hingga kini, yakni mercusuar peninggalan Belana yang dibangun pada tahun 1882. Pesona memikatnya tedapat pada hamparan laut biru nan jernih dengan bebatuan granit yang mempesona.

Gambar Pulau Lengkuas Di Bangka Belitung
Pulau Lengkuas Di Provinsi Bangka Belitung

Dengan luas wilayah yang kurang dari 1 hektare, tempat wisata di Belitung ini menyuguhkan Anda panorama laut yang memikat. Cukup dengan menaiki mercusuar setinggi 50 meter tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan spektakuler di Pulau Lengkuas.

Jika anda terlalu lelah untuk sampai di puncak mercusuar, jangan khawatir sebab setiap lantainya memiliki jendela yang menghadap ke berbagai arah. Inilah sebab mengapa Pulau Lengkuas memiliki daya pikat yang selalu mengundang kedatangan wisatawan untuk dapat menikmati pesonanya.

Alamat Pulau Lengkuas: Kec. Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung

8. Pantai Tanjung Kelayang
Tempat wisata  ini letaknya sekitar 27 km dari pusat kota Tanjungpandan, Pantai Tanjung Kelayang adalah salah satu destinasi wisata di Bangka Belitung yang populer di kalangan wisatawan domestik dan mancanegara.

Gambar Pantai Tanjung Kelayang Di Bangka Belitung
Pantai Tanjung Kelayang Di Provinsi Bangka Belitung

Secara berkala, ratusan perahu yacht dari berbagai negara akan singgah di pantai Belitung yang satu ini dalam event Sail Indonesia. Bebatuan granit yang menawan dengan salah satu formasi batu yang membentuk kepala burung, serta hamparan pasir putih yang bersih adalah pesona keindahan dari panorama pantai yang populer dikunjungi masyarakat Belitung sejak dulu.

Di kawasan pantai inilah berbagai event akbar maritim internasional kerap terselenggara, salah satunya yang belum lama berselang adalah Sail Wakatobi-Belitong.

Alamat Pantai Tanjung Kelayang: Kec. Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung

9. Pantai Tanjung Pesona
Pantai Tanjung Pesona merupakan salah satu obyek wisata favorit bagi masyarakat Pulau Bangka. Membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk bisa sampai di pantai ini dari kota Sungailiat atau 45 menit dari Pangkalpinang.

Gambar Pantai Tanjung Pesona Di Bangka Belitung
Pantai Tanjung Pesona Di Provinsi Bangka Belitung

Pantai yang terletak di Desa Rambak, Sungailiat ini mempunyai banyak wahana permainan yang menawan. Hal ini akan sangat menyenangkan bagi anak-anak, oleh karena itu destinasi ini adalah salah satu wisata keluarga yang favorit di Bangka.

Selain itu, berbagai permainan dan olahraga air juga turut menambah daya tarik tempat wisata di Pulau Bangka ini. Anda bisa bermain kano, banana boat, jetski, berenang, bermain pasir, hingga memancing. Cukup dengan menyewa speedboat dan peralatan memancing yang telah disediakan, anda tinggal melaju ke tengah laut untuk mengisi liburan anda dengan memancing.

Alamat Pantai Tanjung Pesona: Jl. Pantai Rebo, Sungailiat,  Bangka Belitung

10. Pantai Tanjung Tinggi
Inilah pantai di Bangka Belitung paling menawan dan terpopuler, terlebih pasca dijadikan sebagai lokasi syuting film Laskar Pelangi yang terkenal itu. Bersama-sama dengan Pantai Parai Tenggiri, Pantai Tanjung Tinggi adalah tempat wisata di Bangka Belitung paling populer di kalangan penikmat perjalanan. Terletak sekitar 30 km dari pusat kota Tanjungpandan.

Gambar Pantai Tanjung Tinggi Di Bangka Belitung
Pantai Tanjung Tinggi Di Provinsi Bangka Belitung

Pantai Tanjung Tinggi memiliki panorama pantai yang memikat dengan pasir putih dan bebatuan granit seperti layaknya pantai-pantai lainnya di Bangka Belitung.

Aneka olahraga air tersedia di pantai ini, selain itu beberapa kegiatan yang paling sering dilakukan wisatawan di antaranya adalah berenang, berjemur, snorkel, memancing, bermain jetski, hingga berjelajah dengan kano. Tentu saja, fasilitas publik dan akomodasi akan mudah ditemui di kawasan pantai indah ini, dari rumah makan hingga hotel dan resort.

Alamat Pantai Tanjung Tinggi: Kec. Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung.

Selain kaya dengan potensi wisata, provinsi Bangka Belitung juga kaya dengan aneka budaya yang unik dan sarat makna filosofis, diantaranya adalah pakaian adat dan senjata tradisional.

Tentang pakaian adat Bangka Belitung, bisa Anda baca pada Pakaian Adat Bangka Belitung.

Keunikan senjata tradisional Bangka Belitung, bisa Anda temukan pada artikel dengan tema Senjata Tradisional Bangka Belitung.

Untuk mengetahui letak geografis provinsi Bangka Belitung secara detail, silakan menyimak Peta Bangka Belitung.

Popular posts from this blog

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya - Seperti telah kita ketahui bahwa pulau Jawa merupakan pulau yang lebih padat penduduknya daripada pulau-pulau lain di Indonesia. Selain itu, Pulau Jawa Dwipa bisa dikatakan sebagai pusat sejarah peradaban sejak zaman kerajaan, sebagai contoh zaman Kerajaan Majapahit.
Pulau Jawa sampai saat admin menuliskan ini dibagi dalam 4 provinsi, yaitu Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Provinsi Jawa Timur. Masing-masing provinsi membawahi kabupaten dan kota administratif.
Pulau Jawa merupakan pulau yang subur makmur dengan batas-batasnya sebagai berikut: sebelah barat: Selat SundaSebelah timur: Selat Balisebelah utara: Laut Jawasebelah selatan: Samudera Indonesia/Samudera Hindia
Gambar Peta Pulau Jawa Mengacu pada judul di atas, kali ini sejarah negara akan melampirkan Peta Pulau Jawa yang meliputi Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur. Karena wilayahnya memanjang dari barat ke timur peta tersebut ukurannya …

Sebab umum dan sebab khusus Perang Diponegoro

Sejarah Nasional.Perang Diponegoro berlangsung selama lima tahun yaitu dari tahun 1825 hingga tahun 1830. Hal ini secara gamblang telah di bahas pada artikel Perang Diponegoro terjadi tahun 1825-1830. Untuk kali ini Sejarah Nasional dan Dunia akan membahas secara lebih spesifik tentang penyebab terjadinya perang tersebut.
Sebab terjadinya Perang Diponegoro dapat dibagi menjadi dua, yaitu sebab umum dan sebab khusus. Berikut pembahasannya.
Sebab umum Rakyat dibelit oleh berbagai bentuk pajak dan pungutan yang menjadi beban turun-temurun.Pihak keraton Jogjakarta tidak berdaya menghadapi campur tangan politik pemerintah kolonial.Kalangan keraton hidup mewah dan tidak mempedulikan penderitaan rakyat.
Sebab khusus Pangeran Diponegoro tersingkir dari elite kekuasaan, karena menolak berkompromi dengan pemerintah kolonial. Pangeran Diponegoro memilih mengasingkan diri ke Tegalrejo untuk memusatkan perhatian pada kehidupan keagamaan.Pemerintah kolonial melakukan provokasi dengan membuat jalan yan…

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie

Turunnya Soeharto dari jabatan kepresidenan pada tanggal 21 Mei 1998 menjadi awal lahirnya era Reformasi di Indonesia. Perkembangan politik ketika itu ditandai dengan pergantian presiden di Indonesia. Seperti telah di bahas pada Kronologi reformasi indonesia tahun 1998, bahwa Segera setelah Soeharto mengundurkan diri, Mahkamah Agung mengambil sumpah Baharuddin Jusuf Habibie sebagai presiden.

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie berlangsung dari tanggal 21 Mei 1998 sampai 20 Oktober 1999. Pengangkatan Habibie sebagai presiden ini memunculkan kontroversi di masyarakat. Pihak yang pro menganggap pengangkatan Habibie sudah konstitusional, sedangkan pihak yang kontra menganggap bahwa Habibie sebagai kelanjutan dari era Soeharto dan pengangkatannya dianggap tidak konstitusional.

Pengambilan sumpah beliau sebagai presiden dilakukan di Credential Room, Istana Merdeka. Dalam pidato yang pertama setelah pengangkatannya, B.J. Habibie menyampaikan hal-hal sebagai berikut : Mohon dukungan dari …