10 Tempat Wisata Unggulan Di Sumatera Selatan

Provinsi Sumatera Selatan adalah suatu wilayah yang kaya dengan obyek wisata yang menawan. Kota Palembang adalah ibu kota dari provinsi ini, secara greografis provinsi ini berbatasan dengan provinsi lain yakni Jambi di sebelah utara, Lampung di sebelah selatan, Bangka Belitung di sebelah timur dan Bengkulu di sebelah barat.

Kota Palembang telah populer sejak dulu, kota tersebut menjadi pusat Kerajaan Sriwijaya. Selain itu, wilayah ini kaya akan sumber daya alamnya seperti gas alam, batu bara, minyak bumi dan masih banyak lainnya. Letak Provinsi Sumatera Selatan berada di bagian selatan Pulau Sumatera dan mempunyai beberapa tempat wisata favorit serta termasuk kedalam wisata unggulan di Indonesia.

Jika Anda sedang berkunjung ke Provinsi Sumatera Selatan, inilah 10 tempat wisata unggulan yang sudah kami rangkum di bawah ini yang bisa menjadi referesi untuk menikmati liburan Anda.

10 Tempat wisata unggulan di Sumatera Selatan antara lain : Pulau Kemaro, Jembatan Ampera, Air Terjun Bidadari, Air Terjun Curup Maung, Air Terjun Lematang Indah, Arung Jeram Sungai Manna, Kawah Tengkurep, Taman Kambang Iwak, Danau Ranau, dan Kebun Binatang Sriwijaya. Berikut ini penjelasannya.

1. Pulau Kemaro
Pulau Kemaro adalah sebuah delta kecil di Sungai Musi yang berjarak sekitar 6-7 km dari Jembatan Ampera. Keistimewaan pulau ini adalah selalu kering walau dalam keadaan air pasang dan tetap tidak memiliki air. Sehingga pulau yang ramai dikunjungi wisatawan ini nampak seperti terapung di atas Sungai Musi. Ikon Pulau Kemaro ialah terdapar Pagoda berlantai 9 yang tinggi menjulang di tengahnya.

Gambar Pulau Kemaro Di Sumatera Selatan
Pulau Kemaro Di Provinsi Sumatera Selatan

Pagoda tersebut dibangun pada tahun 2006, selain itu terdapat bangunan klenteng bernama Hok Tjiang Rio / Kuan Im  yang dibangun sejak tahun 1962. Di depan klenteng tersebut terdapat makam Pangeran Tan Bun An dan Putri Fatimah yang berdampingan. Kisah romantis kedua insan inilah yang menjadi legenda terbentuknya Pulau Kemaro.

2. Jembatan Ampera
Pada mulanya, Jembatan Ampera ini bernama Jembatan Bung Karno, pemberian nama Bung Karno merupakan bentuk penghargaan. Kemudian pada tahun 1966 terjadi penggantian nama menjadi Jembatan Ampera di saat pergolakan politik di Indonesia. Jembatan Ampera ini terletak di tengah pusat kota yang menghubungkan daerah seberang Ulu dan seberang IIir.

Gambar Jembatan Ampera Di Sumatera Selatan
Jembatan Ampera Di Provinsi Sumatera Selatan

Di kawasan ini terkenal akan kuliner khas Palembang yang sangat popular dan Jembatan inilah yang menjadi semacam Ikon atau lambang kota. Pada awalnya begian tengah badan Jembatan Ampera bisa dikontrol naik turun,  mengingat pada masa itu Sungai Musi merupakan jalur utama perdagangan melalui jalur laut. Seiring berkembangannya kota Palembang, naik turun jembatan kini sudah tidak fungsikan lagi.

Keindahan akan terlihat di saat malam hari, jembatan ini dihiasi lampu-lampu berwarna-warni yang memancar ke segala arah. Di atas jembatan ini pengujung bisa melihat rumah apung atau rumah sakit yang menjadi rumah khasnya Kota Palembang. Lebih mengasyikkan lagi jika Anda berkunjung saat diadakannya festival air di Sungai Musi yaitu lomba perahu, lomba menyeberang sungai dan kontes menghias perahu.


3. Air Terjun Bidadari
Air Terjun Bidadari atau Air Terjun Ayek Asam menurut warga setempat, yang bermuara ke Sungai Lematang ini berketinggian kira-kira 30 meter dan lebar 10-15 meter. Air terjun tersebut merupakan salah satu yang terunik, memiliki 7 puncak dengan 3 kolam pemandian. Harap diperhatikan bagi pengunjung, warga sekitar menerapkan aturan untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Gambar Air Terjun Bidadari Di Sumatera Selatan
Air Terjun Bidadari Di Provinsi Sumatera Selatan

Lokasinya berada di desa Karang Dalam, kecamatan Pulau Pinang, kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Anda bisa menempuhnya dengan kendaraan bermotor selama 15 menit dari Kota Lahat yang jaraknya sekitar 16 km. Setelah sampai di desa Karang Dalam, perjalanan dilanjutkan dengan cara berjalan kaki melewati kebun kopi, kemudian menembus hutan.

4. Air Terjun Curup Maung
Berlibur ke Air Terjun Curup Maung adalah salah satu obyek wisata di kota Palembang yang sudah populer. Pada hari Sabtu dan minggu merupakan hari favorit untuk menikmati keindahan hempasan Curup Maung serta berenang, berfoto atau bersantai bersama keluarga. Akses jalan menuju ke Air Terjun Curup Maung bisa ditempuh memakai kendaraan roda dua maupun roda empat.

Gambar Air Terjun Curup Maung Di Sumatera Selatan
Air Terjun Curup Maung Di Provinsi Sumatera Selatan

Dari Ibu Kota Kabupaten Lahat menuju ke Kecamatan Gumay Ulu selama 1 jam perjalanan. Kemudian setelah sampai di desa Padang Muaro Duo, kecamatan Gumay Ulu, kabupaten Lahat parkirkan kendaraan Anda di tempat yang sudah disediakan. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki kira-kira 1 jam melewati jalan setapak, hutan dan kebun kopi.


5. Air Terjun Lematang Indah
Air Terjun Lematang Indah berketinggian sekitar 70 meter dan merupakan salah satu obyek wisata alam yang menjadi andalan Kota Pagar Alam. Letaknya tepat di pinggir jalan menuju Kota Pagar Alam pada tikungan paling tajam dan menanjak membuat tempat wisata ini mudah di akses. Percikan air terjun membuat sejuk  suasana di tambah paronama alam di sekelilingnya yang masih terjaga.

Gambar Air Terjun Lematang Indah Di Sumatera Selatan
Air Terjun Lematang Indah Di Provinsi Sumatera Selatan

Jalan menuju dasar air terjun sudah disediakan tangga. Dari Kota Pagar Alam tempat wisata ini berjarak 10 km, dengan jalanan beraspal yang cukup halus tetapi banyak tikungan dan berliku-liku. Air Terjun Lematang Indah berlokasi di Kecamatan Dempo Utara, Kota Pagar Alam,  Palembang.

6. Arung Jeram Sungai Manna
Sungai Manna memiliki keindahan alam yang mempesonai, sehingga banyak para pengunjung menghabiskan waktu untuk berolahraga dan memacu adrenalinnya. Tempat wisata ini berada di Kecamatan Tanjungsakti, Bukit Barisan, karena lokasi ini merupakan titik terdekat untuk turun ke sungai. Di tempat ini keadaan sungai cukup lebar dan arusnya cukup menantang bagi mereka penghobi arung jeram.

Gambar Arung Jeram Sungai Manna Di Sumatera Selatan
Arung Jeram Sungai Manna Di Provinsi Sumatera Selatan

Sungai ini memiliki tingkat kesulitan berfariasi, keadaan sungai cukup lebar di bagian awal sampai  15 km berikutnya akan menyempit dan arusnya deras bergemuruh. Jalur arung jeram sangat menantang adrenalin berupa patahan ( hole ) dengan dinding batuan padas di pinggirannya. Pada ujungnya membentuk cekungan dengan arus memutar. Sungai Manna ini berkategori kesulitan maksimal grade-IV.

Lokasi start awal Arung Jeram Sungai Manna tersebut bertempat di wilayah Kecamatan Tanjungsakti, Kabupaten Lahat, sekitar 40 km dari Kota Pagaralam.

7. Kawah Tengkurep
Jangan salah faham dengan nama tempat wisata ini, dilihat dari namanya bukan semacam tempat wisata seperti danau atau yang lainnya. Tetapi Kawah Tengkurep adalah sebuah kompleks pemakaman yang menjadi salah satu obyek wisata. Wisatawan yang datang tidak hanya orang dewasa saja, anak-anak sekolah bahkan mahasiswa pun sering datang ke pemakaman ini.

Gambar Kawah Tengkurep Di Sumatera Selatan
Kawah Tengkurep Di Provinsi Sumatera Selatan

Selain berziarah, pengunjung sengaja mencari tahu tentang sejarah kesultanan Kota Palembang. Pemberian nama nan unik ini bermula dari bentuk atap bangunan makam yang berbentuk cungkup ( kubah) atau seperti wajan terbalik berwarna hijau. Selain itu nama lainnya adalah kawasan kompleks Makam Lemahbang.

Lokasinya berada di daerah Lemahbang, Kota Palembang. Tepatnya berada di Kelurahan 3 llir, Kecamatan llir Timur ll, Kota Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia.

8. Taman Kambang Iwak
Konon Taman Kambang Iwak adalah salah satu jejak peninggalan Kompeni Belanda yang bertempat di Kota Palembang. Tempat ini cukup favorit bagi warga Kota Palembang sebagai jogging track dengan mengelilingi kolam sepanjang 815 meter. Tidak hanya itu, di bagian KIF park juga tersedia fasilitas permainan outbound dan flying fox untuk anak-anak maupun orang dewasa yang menginginkannya.

Gambar Taman Kambang Iwak Di Sumatera Selatan
Taman Kambang Iwak Di Provinsi Sumatera Selatan

Saat weekend, banyak anak muda menjadikan Taman Kambang Iwak sebagai tempat nongkrong berbagai club. Di sekitar kawasan ini juga tersedia hotspot gratis. Lokasinya yang strategis dan asri serta banyak café di dekatnya membuat tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi pengunjung.

9. Danau Ranau
Luas Danau Ranau ini adalah 125,9 km persegi yang merupakan danau terbesar ke-2 di Pulau Sumatera. Danau ini terbentuk dari gempa besar dan letusan vulkanik gunung api yang membuat cekungan besar. Letaknya di perbatasan kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung dan kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, provinsi Sumatera Selatan.

Gambar Danau Ranau Di Sumatera Selatan
Danau Ranau Di Provinsi Sumatera Selatan

Danau ini terkenal dengan nelayan yang mencari ikan. Di tengah danau tersebut terdapat pulau yang bernama Pulau Marisa. Di pulau ini terdapat sumber air panas, air terjun beserta penginapan yang sering dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.  Tercatat ada 3 tempat tujuan utama bagi para wisatawan yang berada dikawasan Danau Ranau yakni Wisma PT Pusri ( Sumsel ), Pantai Sinangkalan ( Sumsel ), Wisata Lombok ( Lampung ).

10. Kebun Binatang Sriwijaya
Kebun Binatang Sriwijaya merupakan tempat wisata yang seru untuk dinikmati bersama keluarga, karena lokasinya tidak terlalu jauh dari kota. Dengan luas 10 ha dan masih terjaga kondisi alamnya, di kawasan ini menyimpan berbagai jenis ikan di dalam aquarium dan sekitar 50 satwa dari berbagai jenis. Menariknya lagi ada 3 ekor gajah yang bisa Anda naiki dengan tarif yang sangat murah.

Gambar Kebun Binatang Sriwijaya Di Sumatera Selatan
Kebun Binatang Sriwijaya Di Provinsi Sumatera Selatan

Tempat wisata ini dari Kota Palembang berjarak 55 km kearah barat, lokasinya di tepi jalan lintas Sumatera-Palembang-Prabumulih, Sumatera Selatan.

Demikian ulasan mengenai 10 tempat wisata unggulan di Sumatera Selatan, semoga menjadi bahan referensi berwisata Anda saat berkunjung ke Sumatera Selatan.

Selain kaya dengan potensi obyek wisata yang mempesona, provinsi Sumatera Selatan juga kaya dengan berbagai jenis budaya yang bernilai tinggi peninggalan nenek moyang mereka, Diantaranya adalah pakaian adat dan senjata tradisional.

Tentang pakaian adat Sumatera Selatan yang indah dan sarat makna, silalkan membaca Pakaian Adat Sumatera Selatan.

Sedangkan senjata tradisional Sumatera Selatan yang unik, silakan membaca Senjata Tradisional Sumatera Selatan.

Untuk mengetahui letak geografis provinsi Sumatera Selatan secara rinci, bisa Anda simak pada Peta Sumatera Selatan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

.Iklan Bawah Artikel