Sejarah Awal Terciptanya Boneka Barbie di Dunia

Sejarah Awal Terciptanya Boneka Barbie di Dunia - Barbie, itulah nama dari boneka yang saat ini terkenal dan paling digemari oleh semua anak kecil cewek yang ada didunia. Boneka yang mempunyai umur terpanjang dalam penjualan sejak pertama kali diciptakan. Menurut penggagasnya, Ruth Handler - Pada awalnya, boneka Barbie dibuat sekadar mencari celah diantara dominasi bisnis mainan anak-anak yang dikuasai oleh boneka bayi.

Waktu itu Ruth Handler memerhatikan tingkah laku anak perempuannya, dia tengah bermain mendandani boneka layaknya sosok dewasa. Dari sinilah ide untuk membuat boneka Barbie muncul.

Kemudian pengamatannya dipresentasikan oleh Ruth di hadapan Elliot yang merupakan pemilik perusahaan mainan Mattel dan taklain suaminya sendiri.

Gambar Macam-macam Boneka Barbie
Macam-macam Boneka Barbie

Dalam presentasinya, Ruth mengungkapkan bahwa boneka tidak harus fisik bayi atau anak kecil akan tetapi bisa juga dengan membuat boneka berbentuk fisik orang dewasa.

Ruth Handler pun melakukan perjalanan ke Jerman, dari sinilah dia menemukan boneka Bild Lili, sebuah boneka dengan tubuh seperti orang dewasa, berambut pirang. Di Jerman boneka tersebut sangat populer di kalangan anak-anak perempuan bahan anak-anak laki-laki pun menyukai Bild Lili.

Bild Lili pun dibawa pulang untuk dipelajari langsung oleh Mattel. Inilah awal lahirnya Boneka Barbie. Dan Mattel pun akhirnya mengakuisi Bild Lili pada 1964. Semenjak diakuisisi, Bild Lili mengesampingkan bahkan menghentikan prioritas pekerjaan rutinnya untuk 100% fokus menggarap boneka Barbie.

Dan sosok boneka Barbie kian lama kian melambung namanya. Oleh karena itulah lahir beberapa produksi film Barbie, termasuk ambil bagian dalam film Toy Story 2 dan 3. Dan Andy Warhol pun sempat menghasilkan lukisan pada boneka Barbie. Dan kesuksesan perusahaan Mattel yang membawa Barbie sejak awal pun kini sangat bangga sebab Barbie telah menjadi nama sebuah jalan di salah satu kawasan yang terdapat di kota New York, tepatnya di Times Square Garden, dengan nama, 'Jalan Barbie Boulevard'.

Ulang tahunnya yang ke-50 Boneka Barbie merayakannya bersama beberapa desiner ternama, sebut saja; Vera Wang, Calvin Klein serta Christian Louboutin. Untuk soal nama, nama Barbie sendiri merupakan akronim dari Barbara Millicent Roberts. Barbie hingga kini masih memelihara beberapa hewan semisal, anjing, kucing, kuda, zebra, dan bahkan panda dan anak singa.

Pembuatan Barbie
Ruth merencakan bonekanya berbentuk tiga dimensi dengan bentuk tubuh remaja, bukan bayi. Ketika Ruth membawa ide ini ke suaminya dan direksi Mattel, tanggapan mereka tidak sesuai dengan keinginan Ruth.

Mereka berpendapat memproduksi boneka membutuhkan biaya besar dengan prospek jangka panjang yang tidak terlalu baik.

Namun Ruth tidak surut dan tetap teguh dengan idenya. Tekad Ruth semakin kuat saat dia mengunjungi Swiss pada pertengahan tahun 1950-an.

Di sana, Ruth melihat sebuah boneka Jerman bernama Lilli, yang berbentuk gadis cantik dan terbuat dari plastik keras dengan sepatu indah dan anting-anting serta rambut yang diikat ekor kuda.

Lilli dirancang berdasarkan karakter kartun terkenal Jerman, Bild, dan tersedia dalam ukuran tinggi 11 ½ inci dan 7 inci.

Setelah melihat Lilli, konsep Barbie menjadi semakin jelas dalam pikiran Ruth. Dia lantas kembali ke Amerika dan terus membujuk dan meyakinkan suaminya dan direksi Mattel untuk mewujudkan idenya.

Berkat kesabaran dan keteguhan Ruth, Barbie akhirnya mulai dirancang oleh teknisi dan insinyur di Mattel.

Rancangan Barbie berbentuk seorang gadis muda cantik dengan kaki panjang dan memiliki tinggi 11,5 inci. Ruth menyewa perancang busana Charlotte Johnson untuk membuat berbagai busana Barbie. Pada tahun 1958, Barbie memperoleh paten dan setelah itu popularitasnya tak terbendung lagi.

Peluncuran Boneka Barbie
Nama Barbie diambil dari putri Ruth yang bernama Barbara. Boneka ini pertama kali diluncurkan pada tanggal 9 Maret 1959 di American Toy Fair di New York City.

Saat diluncurkan, Barbie mengenakan kostum baju renang bergaris seperti zebra yang dijahit tangan oleh pekerja rumahan Jepang.

Saat di pameran, Barbie menghadapi skeptisisme dari para pembuat mainan yang baru pertama kali melihat boneka dengan ukuran begitu kecil dan berbeda dengan boneka lain yang telah ada di pasaran.

Tentu saja Ruth Handler tidak menyerah. Dalam benaknya, Ruth sudah tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Dia perlu untuk memperkenalkan Barbie kepada seluruh anak di Amerika. Untuk itu, dia membuat iklan televisi menarik untuk memperkenalkan Barbie.

Strategi pemasaran yang tepat segera membuat penjualan Barbie melonjak pesat. Boneka Barbie edisi pertama dijual seharga 3 dollar dan terjual 350.000 buah pada tahun pertama. Pada tahun 1964, Mattel memperoleh hak untuk boneka Lilli dan produksi boneka Lilli lantas dihentikan.

Timeline Boneka Barbie
Barbie telah mengalami berbagai modifikasi semenjak peluncuran pertamanya. Meskipun Barbie pertama dirancang untuk menjadi model fashion, Barbie telah menjalani lebih dari 80 peran seperti dokter, astronot, hingga pemadam kebakaran.

Pada tahun 1961, boneka Ken yang merupakan pacar Barbie diperkenalkan. Selain Ken, beberapa teman Barbie juga mulai diproduksi. Diantaranya:

1963 – Midge
1964-1965 – Allan, teman Ken
1965 – Skipper dan Christie
1968 – teman Barbie beretnis Afrika-Amerika
1995 – Adik Barbie bernama Kelly
1997 – Share a Smile Becky, seorang teman penyandang cacat yang duduk di kursi roda.

Referensi:
http://maskolis.blogspot.com/2011/09/rahasia-dibalik-sejarah-boneka-barbie.html
http://amazine.co/23793/sejarah-barbie-pencipta-kisah-perjalanan-boneka-barbie/

Baca juga: Sejarah Korek Api dimulai Bangsa Tiongkok

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel