Sejarah Berdirinya Band Oasis

Sejarah Berdirinya Band Oasis - Oasis adalah kelompok musik rock yang dibentuk di Manchester pada tahun 1991. Pada awalnya grup musik ini bernama The Rain dan dibentuk oleh Liam Gallagher pada vokal dan tamburin, Paul Arthurs pada gitar, Paul McGuigan pada gitar bass, dan Tony McCarroll pada drum dan perkusi, kemudian ikut bergabung juga kakak sulung dari Liam, yaitu Noel Gallagher yang menempati posisi gitar dan vokal.

Menurut Belfast Telegraph sampai pada kurun waktu Juni 2009, Oasis telah menjual 90 juta rekamannya di seluruh dunia. Mereka juga memiliki 8 singel yang pernah bertengger di posisi pertama UK Chart serta mengoleksi 15 NME Awards, 5 BRIT Awards, 9 Q Awards, dan 9 MTV Europe Music Awards. Dan pada Februari 2007, Oasis menerima penghargaan dari BRIT Awards untuk kontribusi mereka yang luar biasa pada dunia musik.

Foto Band Oasis Group
Band Oasis Group

Oasis memainkan pertunjukan live pertama mereka pada bulan Agustus 1991 di klub Boardwalk, Manchester. Kemudian mereka bergabung dengan label rekaman Indie Creative dan merilis album pertama mereka Definitely Maybe pada 1994, pada tahun selanjutnya mereka merilis album teranyar mereka (What’s the Story) Morning Glory? dengan drummer baru mereka Alan White dan memulai rivalitas dengan grup musik Blur.

Noel dan Liam yang merupakan ikon terpopuler dari grup ini sering mucul menghiasi halaman-halaman majalah, tabloid dan koran mingguan di Inggris karena gaya hidup mereka yang liar dan kontroversial. Oasis kemudian merilis album ketiga mereka Be Here Now pada 1997, yang menjadi album yang paling cepat penjualannya dalam sejarah UK Chat, namun mereka kehilangan daya tarik.

Kemudian pada tahun 2000 mereka merilis album Standing on the Shoulder of Giant dan pada tahun 2002 album Heathen Chemistry dalam masa ini mereka kehilangan 2 dari anggota utamanya yaitu Paul McGuiggan dan Paul Arthurs yang memutuskan keluar dari band.

Oasis kembali mendapat kepopuleran mereka lewat album Don’t Belive the Truth dan berbagai tur promosi yang dilakukan mereka. Oasis merilis album terbaru mereka Dig Out Your Soul pada tahun 2009 dengan komposisi Gallagher bersaudara, Gem Archer pada gitar, Andy Bell pada bass, dan Chris Shamrock sebagai drummer sementara.

Pada bulan Agustus 2009 Noel keluar lantaran berkelahi dengan Liam, dalam perkelahian ini Liam merusak salah satu gitar milik Noel. Kemudian Liam mengumumkan bahwa Oasis masih akan tetap merilis album baru dan pada bulan Desember 2009 nama bandnya menjadi Oasis 2.0. Tetapi pada bulan Februari 2010 Liam menyatakan bahwa grup musik barunya tidak lagi bernama Oasis, inilah akhir dari grup musik Oasis. Sebagai gantinya Liam membentuk grup musik baru bersama sisa personil Oasis yg masih ada yang bernama Beady Eye.

Personil
  • Liam Gallagher (1991-2009) – vokalis, tamborin
  • Colin “Gem” Archer (1999-2009) – gitar rhythm, bass, keyboard, gitar melodi, backing vokal, penulis;
  • Andy Bell (1999-2009) – gitar melodi, bass, penulis, keyboard;

Pendukung
  • Chris Sharrock (2008-2009) – drum & perkusi;
  • Zak Starkey (2004-2008) – drum & perkusi;
  • Jay Darlington (2002-2009) – Keyboard;

Mantan
  • Noel Gallagher (1991-2009) – gitar melodi, backing vokal, vokalis, penulis utama, bass, keyboard, drum;
  • Alan White (1995-2004) – drum & perkusi;
  • Paul “Bonehead” Arthurs (1991-1999) – gitar rhythm, bass, keyboard;
  • Paul “Guigsy” McGuigan (1991-1999) – bass;
  • Tony McCarrol (1991-1995) – drum & perkusi;
Baca juga: Sejarah Berdirinya Band The Red Jumpsuit Apparatus
Terimakasih, Anda sudah membaca Sejarah Berdirinya Band Oasis

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

.Iklan Bawah Artikel