Prasasti Peninggalan Sejarah Kerajaan di Indonesia

Tahukah anda apakah pengertian prasasti? Prasasti adalah sebuah piagam atau dokumen yang ditulis pada bahan yang keras dan tahan lama. Prasasti yang ditemukan di berbagai situs arkeologi, menandai berakhirnya zaman prasejarah. Ilmu yang khusus mempelajari prasasti disebut Epigrafi.

Sumber sejarah kuno Indonesia yang meliputi naskah naskah dan berita asing, prasasti yang paling dianggap sumber paling penting, karena prasasti mampu memberikan kronologis suatu peristiwa lebih jelas.

Prasasti membawa banyak keuntungan bagi para peneliti sejarah, karena mengandung unsur penanggalan, yang berarti secara tidak langsung menerangkan kapan sebuah peristiwa terjadi. Prasasti biasanya juga mencantumkan nama dan alasan mengapa sebuah prasasti dibangun atau didirikan.

Dalam pengertian modern di Indonesia, prasasti acap kali dikaitkan dengan tulisan yang ada di batu nisan atau di gedung-gedung, terutama saat peletakan batu pertama atau peresmian sebuah proyek pembangunan.

Contoh Prasasti
Di bawah ini adalah contoh prasasti peninggalan sejarah kerajaan yang ada di Indonesia, selengkapnya sebagai berikut:
1. Prasasti Adityawarman
Salah satu peninggalan Hindu di Sumatera Barat adalah Prasasti Adityawarman yang terdapat di daerah Batusangkar. Di dekat Kuburajo dekat Pagaruyung, terdapat peninggalan Adityawarman yang lain, yaitu: batu nisan Adityawarman. Batu nisan tersebut mempunyai penanggalan tahun 1356, dalam bahasa Melayu Kuno bercampur dengan bahasa Sansekerta.

Foto Prasasti Adityawarman
Prasasti Adityawarman

2. Prasasti Ciaruteun
Prasasti Ciaruteun terdapat di tepi Sungai Cisadane, Bogor (Jawa Barat). Prasasti ini merupakan peninggalan Kerajaan Tarumanegara. Pada prasasti tersebut terdapat bekas telapak kaki Raja Purnawarman. Ada pula prasasti-prasasti lain yang merupakan peninggalan Kerajaan Tarumanegara, antara lain: Prasasti Jambu, Prasasti Kebon Kopi, Prasasti Muara Ciaten, dan Prasasti Tugu.


Foto Prasasti Ciaruteun
Prasasti Ciaruteun

3. Prasasti Mulawarman
Prasasti Mulawarman merupakan peninggalan Kerajaan Hindu, Kutai, Kalimantan Timur. Prasasti ini menggunakan huruf Palawa dan Bahasa Sansekerta.

Foto Prasasti Mulawarman
Prasasti Mulawarman

4. Prasasti lain, antara lain:
  • Prasasti Karang Berahi, di Jambi
  • Prasasti Kedukan Bukit di Palembang
  • Prasasti Batu, di Palembang
  • Prasasti Talang Tuo, di Palembang
  • Prasasti Kota Kapur, d Bangka
  • Prasasti Kalasan, di Jawa Tengah
  • Prasasti Kebon Kopi, Tugu, Pasir Awi, di Jawa Barat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

.Iklan Bawah Artikel