Biodata Lengkap Galileo Galilei

Biodata Galileo Galilei - Galileo Galilei lahir di Pisa, Toscana, pada tanggal 15 Februari 1564 dan meninggal dunia di Arcetri, Toscana, tanggal 8 Januari 1642 pada usianya yang ke-77 tahun. Galileo Galilei adalah seorang astronom, filsuf, dan fisikawan berkebangsaan Italia. Perannya sangat besar dalam revolusi ilmiah. Galileo Galilei disebut sebagai bapak astronomi observasional, bapak ilmu fisika modern, bapak metode ilmiah, dan bapak ilmu pengetahuan.

Galileo Galilei banyak menyumbang dalam ilmu pengetahuan, antara lain: penyempurnaan teleskop, berbagai pengamatan astronomi, dan hukum gerak pertama dan kedua (dinamika). Ia juga dikenal sebagai seorang pendukung Copernicus mengenai peredaran bumi mengelilingi matahari dan matahari sebagai sistem tata surya.

Biodata Galileo Galilei
Lahir: 15 Februari 1564, Pisa, Toscana - Italia
Meninggal: 8 Januari 1642 (umur 77), Arcetri, Toscana - Italia
Tempat tinggal: Kadipaten Agung Toscana
Profesi: Astronom & Fisikawan
Kebangsaan: Italia
Masuk bintang: Aquarius
Alma mater: Universitas Pisa
Dikenal atas: Kinematika, Teleskop, Tata surya
Karier ilmiah
Bidang: Astronomi, Fisika dan Matematika
Institusi: Universitas Padua

Foto Galileo Galilei
Potret Galileo Galilei oleh Giusto Sustermans.

Mengapa Galileo Galilei Terkenal?
Dipanggil Bapak Ilmu Pengetahuan Modern oleh Einstein, Galileo dilahirkan dalam keluarga musik di Pisa. Setelah mempelajari matematika dan filsafat alam ia diangkat ke Ketua Matematika pada 1589 sebelum pindah ke Universitas Padua di mana ia membuat penemuan utama dalam Ilmu Dasar dan Terapan. Ini termasuk kompas militer dan versi teleskop yang lebih baik. Dengan yang kemudian dia adalah orang pertama yang mengidentifikasi bulan-bulan Yupiter dan menggambarkan topografi Bulan kita.

Dalam Fisika Galileo melakukan percobaan dengan gravitasi menyimpulkan semua benda berakselerasi pada kecepatan yang sama. Pada 1633 Galileo dinyatakan bersalah atas tuduhan bid'ah karena mendukung pandangan bahwa bumi mengorbit matahari dan dijatuhi hukuman penjara rumah. Galileo menerbitkan banyak karya sepanjang hidupnya termasuk The Starry Messenger dan Dialog Mengenai Dua Kepala Sistem Dunia. Hari ini bulan-bulan Jupiter diberi nama Bulan-bulan Galilea dan Pesawat Luar Angkasa Galileo adalah yang pertama mengorbit planet Jupiter.

Foto Prangko peringatan Tahun Astronomi Internasional Galileo
Prangko peringatan Tahun Astronomi Internasional - Galileo

Catatan Sejarah dalam Kehidupan Galileo Galilei
Di bawah ini adalah catatan sejarah Galileo Galilei diurutkan tanggal dan tahun terjadinya:
Tanggal 8 Agustus 1609 Senat Venesia memeriksa teleskop Galileo Galilei

Tanggal 25 Agustus 1609 Galileo mendemonstrasikan teleskop pertamanya kepada anggota parlemen Venesia

Tanggal 7 Januari 1610 Galileo Galilei menemukan tiga bulan pertama Jupiter: Io, Europa & Ganymede

Tanggal 8 Januari 1610 Simon Marius. seorang astronom Jerman, secara mandiri menemukan tiga bulan pertama Jupiter satu hari setelah Galileo

Tanggal 13 Januari 1610 Galileo Galilei menemukan Callisto, satelit ke-4 Jupiter

Tanggal 28 Desember 1612 Pengamatan pertama Neptunus - Galileo mengamati dan mencatat "bintang tetap" tanpa menyadari bahwa itu adalah sebuah planet

Tanggal 26 Pebruari 1616 Inkuisisi Romawi memberikan perintah kepada Galileo menuntut dia meninggalkan kepercayaannya pada heliosentrisme

Tanggal 22 Pebruari 1632 Dialog Galileo Mengenai Dua Kepala Sistem Dunia diterbitkan.

Tanggal 13 Pebruari 1633 Astronom Italia Galileo Galilei tiba di Roma untuk diadili sebelum Inkuisisi karena menyatakan keyakinan bahwa bumi berputar mengelilingi Matahari

Tanggal 22 Juni 1633 Galileo Galilei dipaksa untuk menyangkal pandangan Copernicusnya bahwa Bumi mengorbit Matahari oleh Paus (Vatikan hanya mengakui itu salah pada 31 Oktober 1992!)

Tanggal 12 Maret 1737 Tubuh Galileo dipindahkan ke Gereja Santa Croce di Florence, Italia

Tanggal 31 Oktober 1992 Gereja Katolik Roma mengembalikan Galileo Galilei setelah 359 tahun

Foto Prangko peringatan Tahun Astronomi Internasional
Prangko peringatan Tahun Astronomi Internasional - Teleskop Galileo (Galileoskop)

Kutipan oleh Galileo Galilei
"Aku tidak merasa berkewajiban untuk percaya bahwa Tuhan yang sama yang telah memberkahi kita dengan akal, akal, dan intelek berarti kita untuk melupakan penggunaannya."

Baca lebih banyak: Biodata Orang Terkenal di Dunia
Print Friendly and PDF
Judul : Biodata Lengkap Galileo Galilei
Rating : 100% based on 9759 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Sejarah Negara
Terimakasih atas kunjungan Anda para pecinta sejarah. Mungkin anda ingin menyumbangkan tulisan mengenai sejarah? Silahkan hubungi kami lewat Form Contact.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel