Peta Guinea

Informasi Guinea: Guinea merupakan sebuah negara yang terletak di Afrika Barat. Sebelumnya disebut Guinea Prancis, namun sekarang terkadang disebut Guinea-Conakry dimaksudkan untuk membedakan dengan nama negara tetangganya yaitu Guinea-Bissau. Conakry adalah ibukota sekaligus sebagai pusat pemerintahan terbesar negara ini. Luas wilayah Guinea kurang lebih 246.000 kilometer persegi.

Batas wilayah negara Guinea bagian barat berbatasan langsung dengan Samudra Atlantik dan Guinea-Bissau, bagian utara dengan Senegal dan Mali, bagian timur dengan Pantai Gading (Cote D'Ivoire), dan sebelah selatan berbatasan dengan Liberia dan Sierra Leone.

Peta Guinea di bawah ini meliputi peta wilayah, peta politik, dan peta letak jika dilihat dari peta dunia secara keseluruhan.

Gambar Peta Guinea
Peta negara Guinea
Negara-negara yang berbatasan dengan Guinea: Pantai Gading, Guinea-Bissau, Liberia, Mali, Senegal, Sierra Leone

Peta Regional: Peta Afrika, Peta Dunia

Gambar Peta politik Guinea
Peta politik negara Guinea

Gambar Peta letak Guinea
Peta letak negara Guinea

Kota penting Guinea: Balaki, Bambafouga, Beyla, Boffa, Boke, Boola, Conakry, Dabatou, Dalaba, Farabana, Faranah, Foye, Fria, Gania, Gaoual, Irie, Kamsar, Kankan, Kindia, Kintinian, Kissidougou, Kouroussa, Labour, Macenta, Mali Mamou, Niagassola, Nzerekore, Ouassou, Pita, Siguiri, Telimele, Timbo, Togobala, Tougue, Toumania dan Victoria.

Lokasi strategis Guinea: Samudra Atlantik, Sungai Baffing, Sungai Gambie, Sungai Konkoure, Sungai Moa, Sungai Niger, Pegunungan Nimba, Sungai St. Paul, dan Sungai Tinkisso.Sumber Daya Alam Guinea: Guinea memiliki sumber daya logam utama, beberapa di antaranya adalah bijih besi, emas, uranium, dan cadangan besar bauksit. Sumber daya penting lainnya untuk negara ini termasuk tenaga air, berlian, ikan, dan garam.

Bahaya Alam Guinea: Bahaya alam untuk Guinea termasuk kabut asap harmattan yang panas, kering, berdebu, yang mampu mengurangi jarak pandang selama musim kemarau.

Masalah Lingkungan Guinea: Masalah lingkungan untuk Guinea sangat banyak. Ini termasuk praktik penambangan yang buruk yang telah menyebabkan kerusakan lingkungan. Selain itu negara ini memiliki: deforestasi; erosi; penggurunan; kontaminasi tanah. Guinea memiliki populasi berlebih di wilayah hutan dan pasokan air minum yang tidak memadai. Negara ini juga memiliki masalah dengan penangkapan ikan yang berlebihan.

Sumber: Geology.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel