Peta Kazakhstan

Contents [Show]

Informasi Kazakhstan

Nama resmi Kazakhstan adalah Respublikası Qazaqstan Federalsanı, sebuah negara lintas benua yang sebagian besar wilayah termasuk dalam kawasan Asia Tengah dan sebagian kecil lainnya termasuk dalam kawasan Eropa Timur. Wilayah negara Kazakhstan membentang dari sebelah timur sampai barat mulai dari barisan Pegunungan Altai hingga Laut Kaspia.

Kazakhstan adalah negara terluas ke-9 di dunia ke-2 terbesar dalam negara pecahan Uni Soviet setelah Rusia. Karena beberapa wilayahnya yang belum tersentuh sama sekali Kazakhstan lazim juga di sebut Virgin lands.

Dari peta Kazakhstan dapat kita lihat batas wilayah Kazakhstan meliputi: sebelah utara dan barat berbatasan langsung dengan Rusia, sebelah timur berbatasan dengan Republik Rakyat Tiongkok (provinsi Xinjiang), sebelah selatan berbatasan dengan Uzbekistan, Turkmenistan, Kirgistan dan Laut Kaspia.

Peta Kazakhstan di bawah ini meliputi peta wilayah, peta politik, dan peta letak jika dilihat dari peta dunia secara keseluruhan.

Peta Wilayah

Gambar Peta Kazakhstan
Peta Kazakhstan
Negara Berbatasan Kazakhstan: China, Kyrgyzstan, Rusia, Turkmenistan, Uzbekistan

Peta Regional


Peta Politik

Gambar Peta politik Kazakhstan
Peta politik Kazakhstan

Peta Letak

Gambar Peta letak Kazakhstan
Peta letak Kazakhstan

Kota Penting

Almaty, Aqsay, Aqtau, Aqtobe, Aral, Arqalyq, Astana, Atbasar, Atyrau, Ayagoz, Balqash, Beyneu, Ekibastuz, Embi, Esil, Kokshetau, Leninsk, Lepsi, Lisan, Lisan, Oskemen, Panfilov, Pavlodar, Qambra Qaraghandy, Qostanay, Qyzylorda, Rudnyy, Saryshaghan, Semey, Shalqar, Shu, Shymkent, Taldygorghan, Taraz, Temirtau, Turkistan, Usharal, Zaysan, dan Zhangatas.

Lokasi Strategis

Alakol, Laut Aral, Aralsor, Balqash Koli, Buqlyrma Bogeni, Depresi Kaspia, Laut Kaspia, Sungai Eritis, Sungai Esil, Danau Balkhash, Marqakol, Laut Aral Utara, Ozero Shalkar-Karashatau, Qusmuryn Koli, Qyzylqaq Koli, Koli , Siletitengi Koli, Tengizy Koli, Ulken Aqsuat Koli, Zaysan Koli, Zharman Koli dan Zhayyq (Sungai Ural).

Sumber Daya Alam

Kazakhstan memiliki banyak sumber daya logam dan logam seperti emas, bijih besi, mangan, bauksit, bijih krom, nikel, kobalt, tembaga, molibdenum, timah dan seng. Ada sumber daya bahan bakar yang meliputi gas alam, batu bara, uranium, dan endapan utama minyak bumi.

Bencana Alam

Kazakhstan mengalami gempa bumi di bagian selatan negara itu. Bahaya alam lainnya termasuk terjadinya tanah longsor di sekitar Almaty.

Masalah Lingkungan

Negara yang terkurung daratan Kazakhstan memiliki banyak masalah lingkungan. Ada situs-situs kimia radioaktif atau beracun (yang terkait dengan industri pertahanan sebelumnya dan rentang uji) yang tersebar di seluruh negeri, yang menimbulkan risiko kesehatan bagi manusia dan hewan. Karena dua sungai utama yang mengalir ke Laut Aral telah dialihkan untuk irigasi, laut mengering dan meninggalkan lapisan berbahaya pestisida kimia dan garam alami. Zat-zat ini diambil oleh angin dan diterbangkan ke dalam badai debu yang berbahaya. Ada polusi di Laut Kaspia. Tanah tercemar sebagai hasil salinasi dari infrastruktur yang buruk dan praktik irigasi yang boros, serta dari penggunaan bahan kimia pertanian yang berlebihan. Beberapa kota Kazakhstan memiliki polusi industri yang parah.

Latest Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel