Akhir hayat Umar bin Khattab

Sejarah Negara Com – Pada saat melaksanakan shalat subuh Umar bin Khattab bersama kaum Muslimin yang pada sat itu sedang melaksanakan ibadah haji, tiba-tiba ditikam dengan pisau oleh seorang beragama Majusi hingga berlumuran darah. Orang yang menikam tersebut bernama Abu Lu’luah Fairuz yang tinggal di Romawi.

Ia seorang budak milik Al Mughirah bin Syu’ban. Dia menikam khalifah karena dendam dan sakit hati karena Persia jatuh ke tangan umat Islam.

Bacaan Lainnya

Umar bin Khattab lalu menyuruh Abdurrahman bin Auf untuk menggantikannya menjadi imam salat. Kemudian Abu Lu’luah lari ke belakang sambil menikam sahabat lainnya. Abdullah bin Auf berhasil menangkap Abu Lu’luah. Setelah tertangkap Abu Lu’luah bunuh diri.

Baca juga: 4 sifat Umar bin Khattab yang patut diteladani

Wasiat Umar bin Khattab

Merasa ajalnya semakin dekat, Umar bin Khattab mewasiatkan kepada para sahabat agar memilih salah seorang dari enam orang yang ditunjuk untuk menggantikannya nanti. Keenam orang tersebut adalah :

  1. Usman bin Affan
  2. Ali bin Abi Thalib
  3. Sa’ad Abi Waqas
  4. Zubair bin Awwam
  5. Abdurrahman bin Auf
  6. Thalhah bin Ubaidilah

Tiga hari setelah peristiwa itu, Umar bin Khattab meninggal dunia dalam usia 63 tahun, pada hari Ahad, tanggal 1 Muharam 23 H atau 644 M. Umar bin Khattab memerintah selama 10 tahun 6 bulan, yaitu tahun 13-23 H atau 634-644 M.

Baca juga: 7 kebijakan Umar bin Khattab dalam bidang ekonomi

Pos terkait