9 Nama Wali Songo Lengkap Sejarahnya

  • Whatsapp

Sejarah Negara Com – Sebagaimana kita ketahui, bahwa dalam penyiaran dan penyebaran agama Islam di Jawa pada zaman dahulu dipelopori oleh mubaligh Islam yang lebih dikenal dengan sebutan “Wali”.

Adapun para wali ini jumlahnya ada 9 yang dianggap merupakan kepala kelompok dari sejumlah besar muballig-muballigh Islam yang bertugas mengadakan operasi di daerah-daerah yang belum memeluk agama Islam.

Bacaan Lainnya

Gambar Wali Songo
Gambar Wali Songo

Adapun nama-nama Wali Sanga (Wali Songo) yang umum dikenal di kalangan masyarakat sekarang adalah terdiri sebagai berikut:

1. Maulana Malik Ibrahim

baca sejarah selengkapnya: Maulana Malik Ibrahim

2. Sunan Ampel

baca selengkapnya: Sunan Ampel

3. Sunan Bonang

baca sejarah selengkapnya: Sunan Bonang

4. Sunan Giri

baca sejarah selengkapnya: Sunan Giri

5. Sunan Drajat

baca sejarah selengkapnya: Sunan Drajat

6. Sunan Kalijaga

baca sejarah selengkapnya: Sunan Kalijaga

7. Sunan Kudus

baca sejarah selengkapnya: Sunan Kudus

8. Sunan Muria

baca sejarah selengkapnya: Sunan Muria

9. Sunan Gunung Jati

baca sejarah selengkapnya: Sunan Gunungjati

Ada pula yang mengatakan bahwa Sunan Tembayat, Sunan Prawoto, Sunan Ngudung, Sunan Geseng, Sunan Bonang, Sunan Mojoagung, Syekh Siti Jenar, Syekh Syubakir, Maulana Ishak dll, itu juga merupakan anggota dari kesembilan wali di Jawa. Akan tetapi yang populer serta dikenal oleh umum ialah apa yang kita sebutkan sembilan nama di atas.

Mengenai daftar nama-nama dari anggota Wali Songo ini para ahli sejarah sebetulnya masih berselisih paham, dan belum ada kesatuan pendapat.

Akan tetapi, oleh karena maksud kita di sini bukanlah hendak menitikberatkan kepada nama-nama ataupun silsilah-silsilah mereka, melainkan kita disini lebih mengutamakan isi perjuangan dari para Wali Sanga tersebut di atas.

Ingin tahu bagaimana wajah Wali Songo? Silahkan lihat di Gambar Wali Songo

Baca juga artikel Peranan para Wali/ulama dalam bidang sosial budaya, semoga menambah perbendaharaan sejarah para penyebar agama Islam.

Pos terkait