Biografi singkat Milton Friedman

Biografi singkat Milton Friedman – Milton Friedman lahir pada tanggal 31 Juli 1912 di Brooklyn, New York, Amerika Serikat. Ayahnya bernama Saul Friedman dan ibunya Sarah Ethel (Landau), adalah imigran keturunan Yahudi asal Carpatho-Ruthenia, salah satu provinsi di Austria-Hungaria.

Saat berumur belasan tahun, mereka bermigrasi ke Amerika Serikat. Ketika Friedman berumur satu tahun, mereka pindah ke Rahway, New Jersey.

Friedman adalah anak keempat dalam keluarganya. Ia hidup sangat sederhana. Keluarganya memiliki pendapatan kecil yang hanya cukup untuk makan dan kebutuhan primer lainnya. Sampai-sampai Friedman menggambarkan keadaan orang tuanya yang hanya bermodal tangan dan mulut.

Ketika duduk di bangku SMA, Friedman sangat menyukai mata pelajaran matematika. Ia sangat terkesan ketika mengerjakan teorema Pythagoras. Ia lulus dari Rahway High School pada tahun 1928. Ayahnya meninggal dunia pada tahun terakhirnya di SMA.

Demi mendukung kebutuhan ekonomi keluarganya, Friedman pernah bekerja sebagai pelayan rumah makan dan pramuniaga. Ia kuliah dengan mendapatkan beasiswa dari Rutgers University dan lulus pada tahun 1932.

Kecintaannya terhadap matematika saat SMA masih sangat melekat dalam diri Friedman. Hingga akhirnya saat kuliah ia mendapatkan materi ekonomi dari Arthur F. Burns, Direktur Federal Reserve System dan Duta Besar Amerika Serikat di Jerman.

Pertemuan itu telah membukakan mata hati Friedman untuk menyukai ekonomi. Orang kedua yang mendorongnya ke dunia ekonomi adalah Homer Jones, dosen yang menyelesaikan studi doktornya di University of Chicago.

Arthur F. Burns membantu Friedman dalam penelitian di bidang ekonomi dan memberi petunjuk dalam perkembangan kariernya. “Arthur Burns yang membentuk pemahaman saya tentang riset ekonomi, yang memperkenalkan saya pada standar ilmu pengetahuan tingkat tinggi, dan menjadi pembimbing yang sangat berpengaruh dalam karier saya selanjutnya,” demikian kata Friedman.

Sementara itu, Homer Jones memperkenalkan kepada Friedman bagaimana mengubah teori ekonomi yang kaku menjadi menarik dan relevan.

Friedman mendapatkan dua beasiswa sekaligus, yaitu dari Brown University dan University of Chicago. Tawaran dari University of Chicago datang berkat rekomendasi Jones terhadap Frank Knight.

Namun, tawaran itu membuat Friedman bimbang. Jika memilih University of Chicago, ia akan menjadi ekonom. Friedman pun akhirnya memilih University of Chicago karena kedekatannya dengan Jones dan Burns.

Di universitas tersebut, Friedman banyak berinteraksi dengan Jacob Viner, Frank Knight, Henry Schultz, Lloyd Mints, dan Henry Simon, serta bertemu istrinya, yaitu Rose Director, yang kemudian dinikahinya enam tahun kemudian. Kuliahnya di University of Chicago telah membuka kesadaran Friedman akan ilmu ekonomi.

Ia bertemu dengan Jacob Viner yang menerangkan tentang teori ekonomi yang dijabarkan sebagai perangkat analisis yang utuh, logis, dan terpadu, tidak terdiri dari dalil-dalil yang tidak terkait satu sama lainnya.

Setelah satu tahun kuliah, di University of Chicago, Friedman melanjutkan kuliahnya di Columbia University. Di sana ia bertemu dengan Harold Hoteling yang memperkenalkannya pada matematika ekonomi.

Friedman pernah bekerja sebagai staf peneliti di National Bureau of Economic dengan menjadi asisten Simon Kuznets dalam penelitian tentang pendapatan profesional. Dan hasilnya diwujudkan dalam bentuk buku berjudul Incomes from Independen Professional Practice yang juga dijadikan Friedman sebagai disertasi doktornya di Colombia University.

Tahun 1941-1943, Friedman bekerja di Departemen Keuangan, di bidang kebijakan pajak. Lalu tahun 1943-1945, ia bekerja di Columbia University serta mengajar matematika statistik, taktik militer, dan percobaan meteorologi.

Ia kembali ke Chicago tahun 1946 dan mengajar teori ekonomi di sana. Bagaimanapun ia menganggap University of Chicago sebagai rumah intelektualnya. Pekerjaan lainnya yang pernah ia tekuni adalah menjadi penasihat ekonomi Senator Goldwater (1964) dan Presiden Richard Nixon (1968).

Pada tahun 1966, ia mulai menulis kolom tiga mingguan di majalah Newsweek bersama Paul Samuelson dan Henry Wallich.

Pada 13 Desember 1976, Friedman mendapatkan Nobel dibidang ekonomi atas perhatiannya terhadap analisis konsumsi, teori, dan sejarah moneter, serta menstabilkan kebijakan yang kompleks. Tahun 1977, ia berhenti sebagai dosen di University of Chicago dan bekerja sebagai peneliti senior di Hoover Institution of Stanford University.

Friedman meninggal dunia pada 11 Desember 2006 akibat serangan jantung. Dunia pemikiran ekonomi dan politik pun berkabung. Mereka kehilangan salah satu putra terbaik sekaligus paling kontroversial. Bahkan Friedman disebut-sebut sebagai salah satu nabi kaum neoliberal.

Sebagai ekonom, Friedman dikenal sebagai seorang monetaris (penganut monetarisme) dan aktif membangun jaringan antara inflasi dan penawaran uang (money supply). Ia menolak digunakannya kebijakan fiskal sebagai alat manajemen permintaan.

Ia juga menolak peran pemerintah dalam manajemen ekonomi. Sebagai seorang monetaris, ia merupakan penentang utama madzhab ekonomi Keynesian pada tahun 1960-an dan awal tahun 1970-an.

Keahlian Friedman dalam bidang ekonomi tak ada yang meragukan. Ia disebut-sebut sebagai orang kedua yang paling berpengaruh sepanjang sejarah ekonomi setelah Adam Smith.

Dalam pernyataan ketika mengantar kemenangan Friedman, panitia Nobel mengatakan, “Friedman adalah salah satu ekonom, komentator politik, dan esais yang paling berpengaruh pada abad ini. Friedman mungkin adalah ekonom yang diketahui hidup dengan makmur.”

Karya-karya utama Milton Friedman antara lain, Capitalism and Freedom (1962). Free to Choose; A Personal Statement (ditulis bersama Rose Friedman, 1980), Monetary History of the United States 1867-1960 (ditulis bersama Anna Schwartz, 1963), Money Mischief; Episodes in Monetary History, Price Theory, Economic Freedom, Human Freedom, Political Freedom, Two Lucky People; Memoirs (ditulis bersama Rose Friedman), dan Why Government is the Problem.

Selanjutnya baca Teori ekonomi Friedman

Pos terkait