Sekilas tentang munculnya sistem transportasi di dunia

Sejarah Negara Com – Dalam perkembangan transportasi di dunia, manusia sudah terlibat dalam transportasi sejak zaman purba.

Kegiatan transportasi dahulu masih terbatas pada kebutuhan membawa benda atau manusia dari satu tempat ke tempat lain. Kegiatan tersebut masih dilakukan dengan menggunakan tenaga manusia atau hewan.

Bacaan Lainnya

Sistem transportasi dapat mempercepat langkah dan memperluas ruang gerak manusia dalam menjalankan segala aktivitasnya. Bentuk-bentuk transportasi pun semakin berkembang, sejalan dengan meningkatnya kebutuhan manusia dan perkembangan teknologi.

Pada tahun 1675 Sebelum Masehi, bangsa Hyksos sudah mengenal penggunaan roda. Penggunaan roda ini semakin mempermudah kegiatan transportasi zaman itu.

Penemuan mesin uap oleh James Watt pada tahun 1769, lokomotif yang digerakkan tenaga uap oleh Richard Trevithick pada tahun 1804, dan kapal yang digerakkan oleh tenaga uap oleh Robert Fulton semakin mempercepat perkembangan teknologi transportasi.

Perkembangan teknologi di bidang transportasi dari dahulu hingga sekarang pada dasarnya didorong oleh adanya kebutuhan manusia akan sarana transportasi. Sebab adanya sarana transportasi dapat memberikan berbagai kemudahan kepada manusia.

Baca juga: Perkembangan transportasi darat Indonesia sejak zaman penjajahan

Pos terkait