Dekolonisasi di Asia dan Afrika

Sejarah Negara Com – Pasca Perang Dunia II membawa pengaruh yang sangat besar bagi perkembangan pergerakan kemerdekaan negara-negara Asia dan Afrika. Semangat nasionalisme dan perjuangan kemerdekaan di negara-negara Asia dan Afrika mencapai puncaknya dengan memproklamasikan dirinya sebagai negara merdeka, sehingga terjadilah dekolonisasi di Asia dan Afrika.

Kemerdekaan Singapura

Singapura menjadi Crown Colony dari Kerajaan Inggris pada tahun 1946. Kedudukan Singapura sama dengan negara-negara di Malaka. Selanjutnya Singapura mendapat pemerintahan sendiri sebagai negara merdeka pada tahun 1959.

Bacaan Lainnya

Pada bulan November 1963 Sabah, Serawak, dan Singapura bergabung dengan Malaysia. Namun, kemudian Singapura menarik diri dari Malaysia sejak tanggal 8 Agustus 1965 dan menjadi Republik Singapura sampai sekarang.

Kemerdekaan Indonesia

Indonesia berada di bawah pendudukan Jepang pada waktu terjadi Perang Pasifik. Setelah Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu pada bulan Agustus 1945 di Indonesia terjadi vacum of power.

Ir. Soekarno dan Moh Hatta
Ir. Soekarno dan Moh Hatta

Akhirnya Indonesia berhasil memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945 dengan presiden pertamanya Ir. Soekarno dan wakilnya Moh. Hatta.

Baca: Kemerdekaan Indonesia dan pengakuannya

Kemerdekaan Kamboja

Kenya merupakan daerah pengaruh Jerman dan Inggris, namun kemudian menjadi jajahan Inggris.

Pada tahun 1963 lahirlah gerakan nasional pertamanya, yaitu dengan dibentuknya organisasi Kenyea African Union (KAU) dengan ketuanya Jomo Kenyata.

Jomo Kenyata
Jomo Kenyata

Dalam pemilihan umum tahun 1963 KAU memperoleh kemenangan dan Kenya berpemerintahan sendiri dengan Jomo Kenyata sebagai Perdana Menteri.

Kemudian pada tahun 1964 Kenya menjadi republik dengan presidennya Jomo Kenyata.

Kemerdekaan Tunisia

Tunisia merupakan negara jajahan Prancis. Pada waktu Prancis di bawah pimpinan Perdana Menteri Pierre Mendez France, Tunisia diberi otonomi. Namun, kaum nasionalis tidak puas dan menuntut kemerdekaan.

Akhirnya Prancis memberikan kemerdekaan kepada Tunisia pada tahun 1956 dengan presiden pertamanya Habin Destour.

Pos terkait