Batas wilayah dan karakteristik Samudera Pasifik

Batas Wilayah Samudera Pasifik

Batas-batas wilayah Samudera Pasifik adalah sebagai berikut:

  1. Bagian utara berbatasan dengan Laut Bering dan Laut Okhotsk.
  2. Bagian timur berbatasan dengan Benua Amerika dari utara ke selatan.
  3. Bagian selatan berbatasan dengan Laut Koral dan Laut Tasmania.
  4. Bagian barat berbatasan dengan Laut Cina Timur, Laut Filipina dan Laut Sulawesi.

Bagi sektor ekonomi dan politik internasional posisi Samudera Pasifik menjadi sangat penting karena kawasan-kawasan yang berbatasan dengan Samudera Pasifik merupakan negara-negara yang pertumbuhan ekonominya tergolong tinggi dan cepat perkembangannya.

Mereka membentuk forum kerjasama ekonomi dengan negara-negara pasifik yang disebut APEC. Anggotanya antara lain Indonesia, Australia, Selandia Baru, dan Amerika Serikat.

Peta Negara Bagian Pasifik Amerika Serikat

5 Karakteristik Samudera Pasifik

Karakteristik Samudera Pasifik antara lain sebagai berikut :

  1. Merupakan samudera terluas di dunia.
  2. Dilalui Garis Tanggal Internasional (International Date Line) pada garis 180 derajat bujur barat dan bujur timur yang berimpit di Kepulauan Samoa. Hari Rabu di wilayah garis bujur barat berarti hari Kamis di wilayah garis bujur timur.
  3. Terdapat dasar Samudera Pasifik sering menjadi pusat gempa bagi pantai barat benua Amerika, Jepang, Filipina dan Indonesia.
  4. Bagian tepi Samudera Pasifik mengalir air panas Kuroshio dan arus dingin Oyashio. Keduanya bertemu di Laut Bering dan menyebabkan kondisi air laut yang sangat baik untuk perkembangan ikan laut. Daerah tersebut merupakan pusat perikanan laut.
  5. Arus Samudera Pasifik mengalir ke Samudera Hindia melalui Selat Bali, Selat Makasar, Selat Lombok, sebagian lagi melalui laut Halmahera, Laut Maluku dan Laut Arafuru.

Baca juga: Batas wilayah dan karakteristik Samudera Arktik

Pos terkait