Tentang Benua Antartika

Daerah kutub Selatan sering dinamakan dengan Benua Antartika, merupakan kontingen dengan luas kurang lebih 15.500.000 km persegi atau 8,9% dari luas benua-benua yang ada di seluruh permukaan bumi, dengan ribuan pulau di sekitarnya yang dikelilingi oleh Samudera Hindia, Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik.

Daerah ini menjadi daerah paling dingin di dunia dengan suhu terendah yang pernah dicatat di stasiun Vostok pada 21 juli 1983 adalah – 89,2 derajat Celcius, dan suhu rata-ratanya -23 derajat Celcius.

Daratan Antartika belum dapat dihuni oleh manusia. Tumbuhan yang ada hanya berupa lumut. Jenis binatangnya pun terbatas seperti penguin, anjing laut dan albatros. Gunung Vinson Masif di pegunungan Ellsworth merupakan puncak tertinggi di Kutub Selatan.

Suhu wilayah ini lebih dingin dari Arktik salah satu faktor penyebabnya karena sebagian besar daratannya terdiri dari pegunungan-pegunungan tinggi.

7 Karakteristik

Karakteristik Benua Antartika adalah sebagai berikut:

  1. Hampir seluruh wilayahnya tertutup es dan salju tebal.
  2. Tidak dapat dihuni manusia karena terlalu dingin dan miskin sumber daya alam.
  3. Dikelilingi oleh samudera-samudera besar di dunia
  4. Terdapat banyak gunung seperti Gunung Vinson Massif dan Gunung Kirkpatrick.
  5. Iklimnya merupakan perpaduan antara badai salju, udara yang sangat dingin, dan hembusan angin yang kencang.
  6. Suhu pada bulan Juni merupakan puncak musim dingin.
  7. Flora dan fauna yang ada terbatas, karena kondisi iklimnya.

Untuk mengetahui petanya silahkan lihat di artikel : Peta Benua Antartika

Yang sering ditanyakan

Apa yang kamu ketahui tentang benua Antartika?

Antartika merupakan benua terluas ke-5 setelah Eurasia, Afrika, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Antarktika adalah benua yang meliputi Kutub Selatan Bumi, dan hampir seluruh wilayahnya terletak di Lingkar Antarktika dan dikelilingi oleh Samudra Pasifik, Samudra Atlantik dan Samudra Hindia.
– Luas: 14,2 juta km²
– Penduduk: tidak ada penduduk tetap (2015); ~ 5.000 penduduk tinggal sementara
– TLD Internet: .aq

Artikel Pilihan:  Tentang kehutanan di Indonesia
Adakah yang tinggal di Antartika?

Tidak ada. Semua orang yang ada di benua ini adalah para ilmuwan.

Siapakah orang yang pertama kali menginjakkan kakinya di benua Antartika?

Roald Amundsen pada tanggal 14 Desember 1911 dan menancapkan bendera kebangsaan di sana. Ia adalah seorang penjelajah asal Norwegia yang pertama kali menginjakkan kaki di Kutub Selatan.

Apakah ada kehidupan lain di Antartika?

Dengan suhu terendah -79 derajat celcius dan suhu tertinggi -28 derajat celcius, maka bakteri biasa tak ada yang hidup di sana.

Bagaimana keadaan alam di benua Antartika?

Antartika adalah tempat paling dingin dan paling tandus di bumi. Hampir seluruh wilayahnya tertutup es dengan ketebalan mencapai 3 km bahkan lebih. Karena beratnya es tersebut secara perlahan terdorong ke pantai yang kemudian patah menjadi pecahan gunung es di lautan es selatan.

Di antartika terdapat pegunungan raksasa bernama Transantartika sepanjang 5.000 km. Pegunungan ini membagi benua ini menjadi dua wilayah utama yaitu Timur (Antartika besar) dan barat (Antartika Kecil) Antartika barat merupakan bagian dari deretan Pegunungan Andes di Amerika Selatan.

Titik tertingginya adalah Vinson Massif (4.897 m) dan titik terendah adalah Palung Bently Subglacial (2.538 m di bawah permukaan laut) di barat. Palung ini tertutup oleh lapisan es dengan ketebalan lebih dari 3.000 m.

Kandungan sumber daya alam cukup melimpah, bahan tambangnya antara lain emas, perak, besi, kromium, minyak bumi, gas alam, uranium, titanium, dan batu bara, namun penambangan belum dilakukan karena kondisi alam yang tidak memungkinkan untuk melakukan penambangan.