Persebaran negara maju dan berkembang di dunia

  • Whatsapp

Persebaran negara maju dan berkembang – Negara-negara maju sebagian besar di wilayah belahan bumi utara, yaitu Amerika Utara (seperti Amerika Serikat dan Kanada), Eropa (seperti : Inggris, Jerman, Perancis, Italia, Irlandia, Belanda, Belgia, Luxemburg, Rusia, Swiss, Denmark, dan lain-lain) dan Jepang. Sedangkan yang berada di belahan bumi selatan adalah Australia dan Selandia Baru.

Negara-negara berkembang sebagian besar wilayahnya terdapat di belahan bumi selatan yaitu Asia, Amerika Serikat, dan Afrika. Di benua Asia, negara-negara berkembang tersebar di wilayah Asia Tengah, Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Amerika Selatan.

Bacaan Lainnya

Di benua Afrika, negara-negara berkembang hampir tersebar di seluruh benua tersebut, karena taraf pembangunannya masih rendah dan pendapatan perkapitanya kurang dari US $ 770.

Nilai tersebut sangat rendah bila dibandingkan dengan negara-negara maju yang pendapatan perkapitanya lebih dari US $ 9.000.

Baca Ciri negara berkembang menurut Doeljoeni dan Todaro

Tetapi ada negara-negara yang semula dianggap sebagai negara berkembang sekarang disebut New Industrializating Countries (NIC) atau Negara Industri Baru (NIB), karena mempunyai taraf pembangunan dan pendapatan perkapita yang hampir mencapai negara maju, seperti: Singapura, Korea Selatan, Taiwan, dan Hongkong (benua Asia), Meksiko, Brazil, dan Argentina (Benua Amerika), Spanyol, Portugal, dan Yunani (benua Eropa), Australia, Korea Selatan, Kanada, Spanyol, Italia, Selandia Baru, Singapura, Prancis, Australia, Swiss, Inggris, Luxemburg, Swedia, Belgia, Denmark.

Sejarah terkait

Pos terkait